Beauty

3 Mitos Keliru tentang Sunscreen, Bagaimana Faktanya?

By Wilda Khairani  |   about 2 months ago
3 Mitos Keliru tentang Sunscreen, Bagaimana Faktanya?
popsugar.com

Jujur saja, banyak dari kita yang masih malas pakai sunscreen, kan? Alasannya beragam, dimulai dari sunscreen bikin jerawatan hingga merasa kulit sudah cukup terlindungi sehingga nggak butuh sunscreen. Meskipun kulit orang Indonesia nggak sesensitif orang asing yang mudah terbakar, kita tetap harus pakai sunscreen, Babes! Tapi, banyak mitos yang beredar tentang sunscreen, loh. Ini 3 mitos tentang sunscreen yang nggak perlu kamu percaya lagi.

Baca juga: Beauty Must-Have: Lipstik Velvet SADA by Cathy Sharon dengan Sentuhan Indonesia

Mitos: SPF yang terdapat dalam foundation dan pelembap sudah cukup

Why dermatologists say you should wear sunscreen every day (even ...
chicagotribune.com

Biasanya, makeup hanya mengandung SPF 15-25 dan nggak diaplikasikan dengan jumlah yang cukup yang seharusnya. Supaya kulitmu terlindungi dari sinar matahari dengan maksimal, kamu harus menggunakan sunscreen dengan UVA dan UVB serta SPF 30 atau lebih. Sunscreen juga biasanya diaplikasikan di bawah makeup. Menurut ahli estetika ke Huffpost, kamu harus menggunakan foundation 8 kali lebih banyak dari biasanya untuk melindungi seperti sunscreen. Nggak mungkin kamu mau pakai sunscreen setebal itu, kan?

Mitos: Kamu nggak butuh pakai sunscreen saat cuaca mendung

The Best Sunscreen for Face, Body, and Lips All Summer Long | Vogue
vogue.com

Mitos lainnya yang masih banyak dipercaya adalah sunscreen nggak harus dipakai kalau matahari nggak terlalu terik di luar, seperti saat mendung atau hujan. Faktanya, sinar UV tetap ada sepanjang hari. Penelitian menunjukkan sinar UV bisa menembus awan dan jendela. Saat hari mendung pun, 80% efek buruk sinar matahari masih bisa mengenai kulit. Jadi, pakai sunscreen setiap hari, indoor maupun outdoor, tetap penting, kecuali sebelum matahari terbit dan setelah matahari tenggelam, sih.

Mitos: Pakai sunscreen hanya di pagi hari sudah cukup

At what point in my skincare routine should I apply sunscreen ...
laroche-posay.co.uk

Yang sering bikin mager pakai sunscreen adalah harus dipakai ulang beberapa kali dalam sehari. Kamu mungkin berpikir, pakai sunscreen sekali saja di pagi hari sebelum berangkat kerja atau kantor sudah cukup, kok. Bayangkan sunscreen sebagai lapisan di atas kulit. Lapisan ini pasti lama-lama akan menipis atau bahkan menghilang kalau kulitmu memproduksi keringat, minyak, dan sebagainya. Sama seperti foundation, kan? Jangan lupa aplikasikan ulang sunscreen 2-3 jam sekali, ya!

Baca juga: Cobain Facial Foam yang Bikin Kulit Wajah Glowing dan Lembab, yuk!

Nah, Babes, itu dia mitos sunscreen yang masih keliru!

sunscreen
mitossunscreen
Written By
Wilda Khairani

I am a content writer at The Shonet. Hope you like my page :)

Kindly visit my blog: https://walkwithwilda.blogspot.com/

 

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!