Lifestyle

3 Kiat Mengatur Keuangan yang Sering Diabaikan Milenial, Kamu Termasuk?

By THE SHONET Empowerment  |   about 2 months ago
3 Kiat Mengatur Keuangan yang Sering Diabaikan Milenial, Kamu Termasuk?
businessinsider.com

Babes, menurutmu benar nggak milenial itu nggak suka merencanakan keuangan? "Uang selalu bisa dicari, hidup cuma sekali", mungkin itu yang dipikirkan kebanyakan milenial? Tapi, kamu tahu nggak, kita nggak akan pernah tahu apa yang bakal terjadi di masa depan. Mengatur keuangan jadi penting banget, apalagi buat kamu yang baru mandiri secara finansial dan belum banyak belajar. Coba simak 3 kiat mengatur keuangan yang sering diabaikan milenial di bawah ini!

Baca juga: Beauty Must-Have: Lipstik Velvet SADA by Cathy Sharon dengan Sentuhan Indonesia

Nggak memasang target keuangan jangka pendek dan jangka panjang

How Millennial Spending Habits Compare to Other Generations
thebalance.com

Kebanyakan milenial belum mau berpikir hingga ke masa depan, nggak terkecuali urusan keuangan. Hal ini biasanya terjadi karena milenial merasa punya terlalu banyak kebutuhan jangka pendek yang harus dipenuhi sekarang, padahal itu akibat gaya hidup. Kalau kamu termasuk yang seperti itu, saatnya membuat target keuangan agar kamu lebih terdorong untuk menabung dan mengatur keuangan. Mulai dari jangka pendek yang mendasar seperti bayar uang kos tepat waktu, lalu ke jangka panjang seperti uang untuk menikah, membeli rumah sendiri, dan sebagainya.

Nggak menyiapkan dana darurat dan pensiun

photo of three women lifting there hands \
unsplash

Ini menyambung dengan poin pertama. Kebanyakan milenial belum berpikir hingga ke depan. Saatnya menyiapkan keuangan jangka panjang, terutama dana darurat dan dana pensiun. Untuk dana darurat, setidaknya tabung gaji 3 bulan. Kamu jadi punya cadangan uang bertahan hidup kalau sesuatu terjadi, misalnya kehilangan pekerjaan tiba-tiba apalagi di masa pandemi seperti ini. Dana pensiun memang masih terlihat sangat jauh, tapi sebaiknya persiapkan dari sekarang selagi kamu punya pendapatan. Cukup sisihkan 10% gaji dengan menabung atau berinvestasi untuk masa tua.

Lapar mata

The Luxury European Shopping Tour - Citizen Femme
citizen-femme.com

Milenial juga dikenal impulsif. Mulai punya pendapatan sendiri dan mandiri secara finansial membuat milenial akhirnya punya kuasa bisa mendapatkan apa pun yang dimau. Nggak salah, kok, kalau kamu memang mau menggunakan uangmu untuk membeli tas branded yang sudah diidamkan atau traveling setelah corona berakhir. Tapi, sekali lagi balik ke poin awal, kamu harus punya perencanaan uang yang matang. 

Baca juga: Kesalahan Dalam Mencuci Muka dan Memilih Facial Wash #SenkaHadirUntukMemperbaiki

Nah, Babes, itu dia kiat mengatur keuangan yang sering diabaikan milenial.

kerja
tipskerja
Written By
THE SHONET Empowerment

Your voice matters! Inspirasi seputar isu terkini dari politik hingga sosial dari sudut pandang perempuan.

 

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!