Beauty

4 Cara Mudah untuk Merawat Kulit Berminyak yang Bisa Kamu Coba Di Rumah

By Arnintya Yuliardi  |   about 2 months ago
4 Cara Mudah untuk Merawat Kulit Berminyak yang Bisa Kamu Coba Di Rumah
somagnews.com

Beberapa ciri-ciri tipe kulit wajahmu adalah tipe kulit berminyak adalah memiliki penampakan pori-pori yang besar, kulit tampak mengkilap atau lengket dan juga seringkali mengalami pore clogging yang membuat jerawat timbul. Lalu, apakah kulit berminyak bisa lebih terkontrol apabila dilakukan perawatan secara rutin?

Tentu saja bisa dong! Buat kamu yang saat ini masih struggle dengan keadaan kulit yang berminyak, ini dia 4 cara mudah untuk merawat kulit berminyak yang bisa kamu coba di rumah!

1. Mencuci Muka Secara Rutin dengan Produk yang Sesuai

The best way to wash your face, according to dermatologists
nbcnews.com

Biar minyak pada kulit lebih terkontrol, kamu bisa memulai merawat kulit dengan berkomitmen mencuci muka secara rutin. Mencuci muka bisa dilakukan 2 kali dalam satu hari yang pertama dilakukan sebelum memulai aktivitas dan kedua dilakukan setelah selesai beraktivitas. 

Selain itu, pastikan kamu menggunakan sabun pembersih wajah yang tepat ya! Ada beberapa kandungan skincare yang sangat baik untuk mengontrol kulit berminyak yaitu glycolic acid, salicylic acid dan beta hydroxy acid.

Baca Juga : Rekomendasi Facial Foam yang Bikin Kulitku Glowing dan Sehat!

2. Menggunakan Toner

Slow Beauty Is the New Clean Beauty—21 Brands to Know
byrdie.com

Toner mengandung alkohol dapat membuat kulit menjadi kering dan sensitif, untuk kulit berminyak pastikan kamu juga menghindari pemakaian toner dengan kandungan alkohol ya! Toner adalah salah satu produk skincare yang cukup berperan penting untuk menghidrasi kulit setelah mencuci muka. 

Gunakan hydrating toner yang dapat mengontrol kelebihan minyak pada kulit. Carilah kandungan toner yang mengandung kandungan melembapkan namun bisa mengontrol produksi minyak seperti witch hazel, green tea dan licorice extract.

3. Rutin Menggunakan Face Paper

Skin Care Routine for Oily Skin: Key Steps for Healthy Skin
healthline.com

Saat wajah terasa sangat berminyak, hindari mencuci muka terlalu sering ya! Mencuci muka terlalu sering dapat membuat minyak alami kulit hilang dan kulit menjadi lebih kering. Untuk mengatasi minyak berlebih pada kulitmu, kamu bisa menyerap minyak menggunakan face paper. Pastikan kamu membawa face paper di makeup pouch kamu setiap hari ya!

4. Menggunakan Pelembap yang Ringan

Skipping Moisturizer | Summer Beauty Mistakes | POPSUGAR Beauty ...
popsugar.com

Walaupun kulit kamu berminyak, pelembap wajah juga penting digunakan lho! Biar kulit nggak terasa greasy, kamu bisa menggunakan pelembap wajah yang memiliki tekstur gel atau yang cepat menyerap pada kulit. Pastikan pelembap wajah yang kamu gunakan adalah pelembap wajah water based yang tidak menyebabkan kulit terasa berminyak serta tidak menyebabkan pore clogging ya!

Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak

Baca Juga : Usir Bosan! Let's Play with Sabun Muka Senka Perfect Whip During Quarantine

Jangan frustasi karena memiliki tipe kulit berminyak ya, kulit berminyak bisa lebih calm kalau kamu bisa merawat kulit secara rutin kok!

 

kulitberminyak
tipsmerawatkulit
Written By
Arnintya Yuliardi

Skincare enthusiast, and also beauty writer for The Shonet.

 

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!