Beauty

4 Dampak Buruk Pada Kulit Kalau Nggak Pakai Sunscreen

By Ranjani  |   about 2 years ago
4 Dampak Buruk Pada Kulit Kalau Nggak Pakai Sunscreen

Apa kamu masih sering lupa memakai suncreen? Sunscreen memang menjadi salah satu rangkaian skincare yang sering diremehkan dan dilupakan, padahal sunscreen tuh penting banget, lho!

Kamu harus tahu kalau ada berbagai dampak buruk yang terjadi pada kulit kalau nggak pakai sunscreen. Yuk disimak!

1. Kanker kulit

4 Dampak Buruk Pada Kulit Kalau Nggak Pakai Sunscreen

Ada dua jenis sinar ultraviolet yang berasal dari matahari, yakni UVA dan UVB. UVB bikin kulit jadi terbakar, sedangkan UVA bisa masuk ke kulit lebih dalam dibanding UVB. UVA menjadi salah satu penyebab kulit menjadi keriput dan kanker kulit. Seram kan?

2. Kulit terbakar

4 Dampak Buruk Pada Kulit Kalau Nggak Pakai Sunscreen

Dengan cuaca Indonesia yang terkadang bisa sangat panas, kamu nggak boleh lupa memakai sunscreen setiap hari. Kalau kamu melewatkan sunscreen, kulit bisa terbakar dan jadi merah.

Setelah terbakar, kulit akan mengelupas dan bikin kamu nggak nyaman beraktivitas karena kulit jadi terasa gatal saat proses pengelupasan. Akibat terbakar, warna kulit pun jadi nggak rata.

Pastikan kamu mengaplikasikan sunscreen dengan minimal SPF 30 kalau sering beraktivitas di luar ruangan.

3. Noda-noda kehitaman

4 Dampak Buruk Pada Kulit Kalau Nggak Pakai Sunscreen

Jika kulit terus-terusan terpapar langsung pada sinar matahari tanpa perlindungan, perlahan akan timbul noda kehitaman pada kulitmu.

“Tidak memakai sunscreen akan menimbulkan noda di kulit dan terjadi hiperpigmentasi pada kulit. Akibatnya, penuaan dini akan lebih cepat terjadi,” ujar Dr. Lotika Singh dari Schweiger Dermatology Group di New York.

4. Keriput dan garis halus

4 Dampak Buruk Pada Kulit Kalau Nggak Pakai Sunscreen

Sinar ultraviolet dari matahari bisa masuk ke dalam kulit dan merusak jaringan elastis yang bisa mengencangkan kulit.

“Jika tidak pakai sunscreen, kamu bisa merusak kolagen dan jaringan di kulit. Akibatnya, elastisitas akan berkurang dan jadi mudah timbul keriput,” jelas Dr. Singh.

Kulit yang kekurangan elastisitas dan kolagen akan jadi lebih kering, sehingga wajah akan tampak kusam serta muncul keriput dan garis-garis halus.

Nggak ada kata terlambat untuk memakai sunscreen, meski sebelumnya kamu nggak rajin pakai sunscreen, mulailah gunakan dari sekarang ya! Jangan lupa untuk aplikasikan ulang sunscreen setiap 3 jam sekali supaya fungsinya tetap maksimal di kulit.

sunscreen
Written By
Ranjani

Still struggling to find the perfect foundation for her combination skin. In the meantime, she likes to eat nasi padang and es teh manis.

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!