Lifestyle

4 Hal Mengapa Berkencan Dapat Mengubah Pertemananmu, Menurut Seorang Ahli

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
4 Hal Mengapa Berkencan Dapat Mengubah Pertemananmu, Menurut Seorang Ahli

Apakah kamu single atau saat ini kamu dalam sebuah hubungan? Satu hal yang paling penting yang perlu kamu hargai adalah temanmu. Teman baik pasti selalu ada untukmu apa pun yang terjadi, mereka tidak peduli jika kamu single atau baru saja dipecat dari pekerjaanmu. Teman baik pasti selalu mencintaimu apa pun status hubunganmu. Tapi, jika kamu terbiasa mejalang dan mulai berkencan dengan seseorang mungkin kamu akan mengubah pertemananmu.

Jelas, kamu tidak pernah ingin kan harus memilih antara teman dan pasangan, tapi jika kamu mulai berkencan dengan seseorang, pasti kamu akan melihat perubahan di pertemananmu. "Itulah bagian yang normal dari hidup ketika punya pasangan. Bisa saja persahabatanmu bertahan bisa juga tidak," kata Stef Safran, pakar perjodohan dan kencan. Inilah 4 hal mengapa berkencan dapat mengubah pertemananmu.

1. Kamu mungkin tidak lagi memiliki pemikiran yang sama dengan teman single-mu

Ginger & Rosa

Jika kamu senang dengan orang yang kamu kencani, dan semua teman single-mu mungkin sulit bersimpati bersama tentang masalah hubungan ini karena mereka single. "Bagi sebagian wanita, sulit untuk menjadi single," kata Safran. "Jika ada tekanan dari keluarga atau teman mereka untuk bertemu seseorang atau menikah, seorang teman single-mu pasti akan merasa ragu untuk berteman denganmu."

Mereka seperti itu mungkin karena orang tuanya menanyakan padanya kenapa kamu bisa dapatkan pacar sedangkan dia belum dan itu menjadi beban untuknya. Maka, dia memilih untuk menjauhimu daripada harus ditanyakan mana pacarnya atau apalah itu.

2. Di sisi lain mungkin kamu malah akan tambah dekat dengan teman single-mu

Ginger & Rosa

Bahkan jiga temanmu single dan kamu tidak, itu bukan berarti kamu dan dia harus terpisahkan. Kamu sudah dekat dengannya dan terikat dengan beberapa masa lalu dengannya dan kamu tahu seperti apa rasanya. Atau mungkin kamu semakin dekat dengan pacarmu, kamu bisa membantu temanmu untuk bertemu dengan orang baru.

"Beberapa pertemanan mungkin menjadi lebih kuat saat salah satu dari mereka berkencan. Kamu mungkin berpikir bahwa jika teman single-mu juga bertemu dengan seseorang, kamu dan dia akan lebih dekat," Safran menjelaskan.

3. Mungkin kamu bisa mendapatkan teman baru

Ginger & Rosa

Meskipun temanmu yang masih single membutuhkan waktu untuk membiasakanmu berkencan dengan seseorang yang baru, kamu dapat bertemu teman baru melalui pasangan barumu. "Kadang-kadan kamu mungkin menjadi lebih dekat dengan teman-teman pacarmu dan mulai menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang memiliki pasangan juga."

Sekali lagi, ini bukan berarti pertemananmu dengan temanmu yang single itu akan berakhir, tapi kamu hanya ingin berteman dengan orang-orang baru selagi dia menyesuaikan diri.

4. Terkadang, persahabatan tidak pernah berakhir

Ginger & Rosa

Sayangnya, tidak semua pertemanan dibangun untuk bertahan, dan jika teman-temanmu tidak dapat menerima status hubungan barumu (Bahkan jika kamu sudah melakukan semua yang kamu bisa untuk mempertahankan persahabatanmu dengannya) mungkin kamu perlu berpisah dengan temanmu untuk sementara waktu. "Beberapa pertemanan mungkin hilang begitu saja karena perubahan besar dalam kehidupan dan ketidakmampuan untuk melakukan hal-hal yang biasa kamu lakukan," kata Safran. Itu bukan hal yang buruk, itu hanya efek alami dari berkencan dengan seseorang yang baru.

Persahabatan itu berkembang, apakah itu karena hubungan baru, kepindahan, atau perubahan besar dalam kehidupan, itu tidak selalu salah siapa pun. "Karena kami mencari hal-hal yang berbeda dari kehidupan kami (tidak semua orang menginginkan pernikahan atau anak-anak), itu tidak mengejutkan ketika kamu mulai terhubung dengan orang-orang yang berada dalam situasi yang sama," kata Safran.

"Putuskan apakah seseorang itu penting bagimu, luangkan waktu agar pertemanan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bertahan hidup ketika satu orang berada dalam tahap kehidupan yang berbeda."

BACA JUGA: 4 Tanda Bahwa Pasanganmu Tidak Bahagia dalam Hubungan Ini

Source foto: film Ginger & Rosa/Adventure Pictures, BBC Films, British Film Institute (BFI)

Nah, itulah 4 hal mengapa berkencan dapat mengubah pertemananmu, nggak semuanya hal buruk kok hanya butuh penyesuaian saja.

lifestyle
relationship
hubungan
cinta
pertemanan
hubungancinta
berkencandapatmengubahpertemanan
berkencan
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!