LIFESTYLE   |   11 OCTOBER 2018

4 Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Kepercayaan Dirimu

4 Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Kepercayaan Dirimu
Changeling

Buat kamu yang memiliki masalah dalam rasa percaya diri, ada beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan kepercayaan dirimu, lho. 

Eleanor Roosevelt pernah berkata bahwa tidak ada yang dapat membuatmu merasa rendah tanpa persetujuanmu. Ketidakpercayaan diri itu datangnya dari dirimu sendiri. Bila kamu merasa tidak mampu melakukan sesuatu pastinya hal tersebut akan terpatri di otakmu bahwa kamu tidak bisa melakukannya. Padahal, kalau kamu percaya diri kamu mampu melakukan hal tersebut, tentu hal tersebut akan mudah untuk dilakukan. Kepercayaan diri itu sangat diperlukan agar kamu dapat mendapatkan apa yang kamu inginkan. Agar kepercayaan dirimu meningkat, kamu dapat melakukan empat kebiasaan di bawah ini.

1. Mulailah di mana pun kamu berada

changeling movie percaya diri

Sekarang kamu ada di mana? Jabatan apa yang telah kamu peroleh? Pikirkan lagi, bagaimana sebelumnya kamu mencapai hal tersebut. Janganlah kamu berkecil hati bila belum mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Jangan mudah menyerah bila itu menimpamu, tapi coba kamu pikirkan bagaimana kamu memperoleh pekerjaanmu yang sekarang. Mulailah percaya diri di mana pun kamu berada. Kesempatan banyak. Mulailah dengan mendaftarkan sesuatu, setiap minggu kamu menuliskan hal yang harus kamu rayakan, itu adalah alasan untuk kamu tetap percaya diri pada kemampuanmu.

2. Mulai dengan tujuan yang mudah

percaya diri

Mempunyai tujuan yang sulit untuk diraih tidak akan pernah membuat kepercayaan dirimu meningkat. Mulailah dengan tujuan yang mudah untuk kamu gapai. Semakin sulit tujuan yang kamu ingin tuju, semakin besar pula kesempatan untuk gagal. Tentunya, hal tersebut tidak akan membuat kepercayaan dirimu meningkat. Kamu akan merasa bahwa kamu tidak mampu melakukan sesuatu. Padahal, bila kamu memulai dengan tujuan yang mudah dan kamu bisa melalui itu, tentunya rasa kepercayaan dirimu itu akan meningkat karena kamu yakin kamu bisa melakukannya, walau hanya hal mudah. Jika kamu berencana menulis novel, mulailah dengan menulis selama 30 menit per hari. Kamu juga harus membuat deadline kapan tulisan tersebut selesai. Dengan begitu, kamu akan menikmati prosesnya.

3. Bahasa tubuhmu juga berpengaruh

changeling

Orang-orang yang percaya diri memiliki bahasa tubuh yang percaya diri. Apakah kamu tahu bahwa ada gerakan-gerakan kecil yang dapat menunjukkan bahwa kamu tidak merasa percaya diri? Memainkan rambutmu, menarik-narik benang di lengan bajumu, bahkan meremas-remas tanganmu, adalah gerakan tubuh yang menunjukkan bahwa kamu tidak percaya diri. Cara kamu duduk juga dapat menunjukkan seberapa percaya dirinya kamu. Duduk dengan sikap tegak akan menunjukkan bahwa kamu begitu percaya diri. Kamu perlu meningkatkan bahasa tubuhmu dengan cara mendengarkan lagu yang membuatmu merasa paling hebat. Berjalan sambil mendengarkan lagu-lagu tersebut membuatmu merasa percaya diri. Tubuhmu juga akan mengeluarkan bahasa tubuh yang percaya diri.

4. Olahraga dapat meningkatkan kepercayaan dirimu

percaya diri

Semakin sering kamu berolahraga, semakin kuat dan sehat pula badanmu. Kepercayaan dirimu akan muncul ketika kamu berolahraga. Badanmu juga akan menjadi sehat setiap harinya. Semakin bugarnya dirimu semakin juga kamu akan merasa tidak mudah ditumbangkan. Plus, hormon endorfin yang kamu lepaskan ketika olahraga akan membuatmu merasa berhasil dalam hidupmu, inilah yang dapat meningkatkan kepercayaan dirimu.

Source foto: Changeling/Imagine Entertainment, Malpaso Productions, Relativity Media

Baca juga: Wajib Nonton Nih, 4 Serial TV yang Mengangkat Tema Girl Power

Itulah empat kebiasaan yang meningkatkan kepercayaan dirimu, mau mencobanya?

Zahra Aminati
Zahra Aminati

LIFESTYLE   |   11 OCTOBER 2018