Beauty

4 Perawatan Wajah Untuk Membersihkan Pori-pori Supaya Nggak Jerawatan

By Jana Miani  |   almost 2 years ago
4 Perawatan Wajah Untuk Membersihkan Pori-pori Supaya Nggak Jerawatan

Kita mungkin sering nggak peduli dengan hal-hal kecil seperti kebersihan pori-pori. Padahal, membersihkan wajah bukan cuma bagian kulit luarnya saja lho, tapi sampai pori-pori yang paling dalam juga penting karena di situlah bersarangnya minyak, kotoran dan sebum yang jadi penyebab munculnya jerawat.

Agar pori-pori kita senantiasa bersih, ini 4 perawatan wajah untuk membersihkan pori-pori yang harus kita perhatikan.

Pilih exfoliator yang tepat untuk kulit kita

stayfavful.com

Ada 2 tipe eksfoliator yang bisa kita gunakan untuk merawat pori-pori wajah, physical exfoliator dan chemical exfoliator. Physical exfoliator biasanya berbentuk scrub, namun sayangnya jenis eksfoliator ini dapat membuat kulit jadi iritasi. Scrub juga dapat menghilangkan minyak alami pada kulit yang menyebabkan produksi minyak semakin meningkat, dan itu yang bikin wajah jadi kelihatan kusam. Solusinya, pilih scrub wajah dengan partikel yang lembut sehingga nggak melukai wajah atau gunakan chemical exfoliator yaitu skincare yang mengandung AHA dan BHA.

Pakai chemical face peel

beautylish.com

Seperti yang sudah dijelaskan, kita juga bisa menggunakan chemical exfoliator yang merupakan acid. Acid ini mengandung AHA, BHA dan enzim yang dapat menghilangkan sel kulit mati dan langsung masuk ke dalam pori-pori untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Produk lainnya yang mengandung AHA dan BHA juga sangat bagus untuk mencerahkan serta melembutkan kulit wajah.

Coba gunakan resurfacing serum

ohmycream.com

Jika kulit kita sensitif dan membutuhkan skincare yang sangat lembut dan ringan, coba gunakan resurfacing serum. Serum ini mengandung bahan-bahan yang dapat mengeksfoliasi wajah dengan konsentrat acid yang lebih rendah sehingga nggak bikin wajah iritasi. Pilih serum yang mengandung AHA, BHA dan ekstrak tumbuh-tumbuhan alami.

Detox wajah menggunakan clay mask

vanityplanet.com

Kita juga bisa membersihkan pori-pori dengan menggunakan masker berbahan dasar clay. Clay dikenal memiliki manfaat sebagai detox yang dapat menyerap sebum dan kotoran. Masker ini sangat cocok untuk kita yang memiliki tipe wajah cenderung mudah berjerawat dan disarankan unutk menggunakannya 2-3 kali seminggu. Saat sedang berjerawat kita juga bisa menggunakan clay ini untuk mengurangi kemerahakan dan bengkak pada jerawat.

Selalu rawat pori-pori dengan skincare di atas agar wajah nggak mudah jerawatan!

skincare
poripori
jerawat
tipscantik
Written By
Jana Miani

Hey! Thanks for come around, I'm currently working as a fashion and beauty content writer. I love beauty stuff especially local and natural skincare. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!