Beauty

4 Tips Penggunaan Retinol Bagi Pemula

By Arnintya Yuliardi  |   about 1 month ago
4 Tips Penggunaan Retinol Bagi Pemula
vogue.com

Babes, tentu kamu sudah tau dong manfaat retinol bagi kulit? Untuk menyegarkan kembali ingatan, retinol adalah salah satu kandungan skincare yang terbuat dari vitamin A yang dapat merawat kulit sehingga terhindar dari tanda-tanda penuaan dini dan juga menyamarkan tanda-tanda penuaan pada kulit wajah. Retinol sampai saat ini masih disebut sebagai salah satu kandungan terbaik untuk produk antiaging. 

Namun, penggunaan retinol ternyata cukup tricky lho! Efek samping penggunaan retinol di awal pemakaian cukup banyak seperti kulit menjadi kemerahan serta terasa kering. Namun sebenarnya efek samping ini bisa diatasi kok apabila kamu tau cara penggunaan retinol yang benar.

Rekomendasi Skincare dengan Kandungan Retinol

Baca Juga : Usir Bosan! Let's Play with Sabun Muka Senka Perfect Whip During Quarantine

Mau tau bagaimana cara menggunakan retinol yang tidak menimbulkan efek samping yang kurang menyenangkan bagi pemula? Ini dia 4 tips penggunaan retinol bagi pemula!

1. Wajib Lulus 4 Step Skincare Terlebih Dahulu

Acne-Prone Skin: Dry vs. Oily, Skin Care Routine, Diet, and More Tips
healthline.com

Sebelum kamu membeli produk retinol pertama mu, pastikan dulu kamu sudah rutin menggunakan skincare dengan metode 4 step skincare. 4 Step Skincare sendiri terdiri dari proses cleansing, toning, moisturize dan protect skin. Dengan memastikan kamu sudah rutin melakukan 4 step skincare selama kurang lebih 3 bulan, kamu berarti sudah siap untuk menggunakan skincare dengan kandungan retinol nih!

2. Menggunakan Retinol dengan Kandungan yang Rendah Terlebih Dahulu

Skin Care and Cosmetics Ingredients Dictionary | Dermstore Blog
dermstore.com

Yang paling tau bagaimana keadaan kulitmu adalah dirimu sendiri, jadi ada baiknya sebelum menggunakan retinol kamu tau persis apa permasalahan kulit yang ingin kamu hilangkan dengan menggunakan retinol. Selain itu, kamu lebih baik memulai menggunakan skincare dengan kandungan retinol rendah terlebih dahulu. Kini sudah cukup banyak produk kandungan retinol mulai dari 0,25 % - 2 % yang dijual bebas. Dengan menggunakan kandungan retinol di persentase yang rendah terlebih dahulu, ini juga menjadi salah satu hal yang dapat menghindari kulit dari iritasi. 

3. Digunakan 2 – 3 Kali dalam Satu Minggu

Retinoids for Wrinkles: Uses, How to Pick the Right One, and Risks
healthline.com

Biar nggak iritasi, kamu perlu untuk menggunakan retinol 2-3 kali dalam seminggu terlebih dahulu. Karena retinol dapat membuat kulit lebih sensitif, kamu perlu menggunakannya secara perlahan agar kamu bisa tau apakah retinol ini adalah kandungan skincare untuk perawatan antiaging yang cocok untuk kamu atau tidak.

4. Tidak boleh Skip Penggunaan Sunscreen

Why Estee Lauder Perfectionist Pro Aqua UV Gel SPF50/PA++++ Is ...
glamorousmagazine.co.uk

Untuk menghindari kulit menjadi lebih sensitif, kamu perlu untuk menggunakan sunscreen setiap hari. Memang sih, sebenarnya kita diwajibkan menggunakan sunscreen setiap hari namun apabila menggunakan produk skincare mengandung retinol, sunscreen memang tidak boleh kamu skip sama sekali. Dengan kata lain, kulit akan lebih terlindungi sehingga produk skincare mengandung retinol yang kamu gunakan akan lebih menyerap pada kulit dan memberikan efek yang sesuai harapanmu. 

Baca Juga : REVIEW: Senka Perfect Whip vs NEW Senka Perfect Whip Acne Care.

Nah sekarang sudah tau dong bagaimana cara yang tepat untuk penggunaan retinol sehingga tidak menimbulkan iritasi? Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu ya, babes!

retinol
tipspemakaianskincare
tipspakairetinol
Written By
Arnintya Yuliardi

Skincare enthusiast, and also beauty writer for The Shonet.

 

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!