Beauty

5 Cara Ini Dapat Membantumu Mengatasi Masalah Kulit Wajah Sensitif

By Sarah S. Christiani  |   over 1 year ago
5 Cara Ini Dapat Membantumu Mengatasi Masalah Kulit Wajah Sensitif

Punya kulit wajah sensitif memang cukup merepotkan ya, Babes? Kamu enggak bisa sembarangan dalam merawatnya! Tapi tenang, 5 cara ini dapat membantumu mengatasi kulit wajah sensitif. 

Kalau kamu pernah merasa wajahmu tiba-tiba memerah, perih dan gatal setelah memakai produk kecantikan tertentu, bisa jadi kulitmu adalah tipe kulit yang sensitif. 

Kulit sensitif memiliki beberapa pemicu, misalnya alergi berlebihan yang bisa menyebabkan iritasi, kulit wajah mudah berjerawat dan bahkan meradang. Lantas, gimana sih cara mengatasinya? Tenang, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan, kok. Ini dia! 

1. Memilih Produk Perawatan Kulit yang Tepat 

Cetaphil

Kalian si pemilik kulit wajah sensitif sangat perlu berhati-hati dalam memilih produk skincare yang tepat dan aman untuk wajha sensitif kalian. Untuk pembersih wajah, pilih produk yang mengandung hypoallergenic dan tanpa pewangi misalnya Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Berdasarkan survey dari 364 anggota Home Tester Club (HTC) Indonesia, 98% perempuan Indonesia setuju bahwa Cetaphil Gentle Skin Cleanser baik untuk kulit, bahkan kulit yang sensitif. Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini memiliki formula yang lembut serta mudah diaplikasikan pada wajah dengan atau tanpa air.

2. Membersihkan Wajah Tiap Hari 

The List

Setelah memilih pembersih yang tepat untuk kulitmu, kamu harus rajin membersihkannya setiap hari. Sebab, kulit sensitif mudah mengalami iritasi, jadi nggak boleh sampai malas membersihkan atau mencuci muka, ya! Kamu harus menjaga kulitmu dari kotoran dan sisa makeup. Nggak boleh malas, terutama sebelum tidur, ya. 

3. Selalu Menggunakan Sunblock / Sunscreen 

Allure

Kulit sensitif memiliki lapisan pelindung kulit yang lebih tipis dibandingkan dengan jenis kulit lainnya, sehingga kulit sensitif sangat rentan terhadap paparan sinar matahari. Duh, kalau sudah begitu, yang namanya sunblock atau sunscreen tentunya nggak boleh kamu lupakan, Babes! Selalu lindungi wajah dari paparan sinar matahari secara langsung agar nggak memicu iritasi seperti kemerahan dan perih, ya! 

4. Tidak Memakai Makeup Terus Menerus 

wajah sensitif
Unsplash

Terutama untuk yang sudah bekerja, tentunya sehari-hari mengenakan makeup, kan? Tapi untuk si pemilik kulit wajah sensitif harus berhati-hati. Coba deh, untuk nggak terlalu membebani kulit wajahmu dengan mengenakan makeup terus-menerus. Luangkan waktu beberapa hari tanpa makeup agar kulit wajah bisa beristirahat sebentar, misalnya saat weekend. 

5. Konsumsi Makanan Sehat 

Unsplash

Konsumsi makanan sehat juga penting banget! Terutama makanan yang mengandung Omega-3. Karena kulit wajah sensitif terasa lebih tipis, mudah iritasi dan alergi, kamu juga harus menjaga ketahanannya dengan mengonsumsi makanan sehat. Rutin mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 dan asam lemak omega-6, seperti minyak ikan dan minyak biji rami akan membuat kulit sensitifmu menjadi lebih kuat. 

Baca Juga: 5 Faktor Ini Dapat Membuat Kulitmu Jadi Sensitif, Hati-Hati Babes!

Itu dia 5 cara yang dapat membantumu mengatasi kulit wajah sensitif, good luck, ya. 

 

tipscantik
kulitsensitif
tipsskincare
wajahsehat
mengatasikulitsensitif
Written By
Sarah S. Christiani

Hobi menulis, Sarah S. Christiani yang akrab dipanggil Sorasarah mengawali karier menulisnya sebagai reporter di majalah Asian Look, kemudian menjadi fashion writer dan stylist di Bintang Indonesia, serta editor di Teen.co.id dan kini bergabung dengan The Shonet. 

Selain fashion dan K-Pop, Sarah juga hobi traveling, café-hopping dan menghabiskan waktu senggangnya dengan membaca novel dan menonton ulang film kesukaannya, seperti Interview with the Vampire. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!