Lifestyle

5 Cara Powerful Agar Bisnis Kecilmu Bisa Berkembang Pesat

5 Cara Powerful Agar Bisnis Kecilmu Bisa Berkembang Pesat

Memang tidak banyak bisnis-bisnis kecil yang bisa bertahan di tengah gempuran persaingan bisnis yang ketat, Babes!  Alasannya tentu bermacam-macam, dari mulai kekurangan modal, produk atau layanan yang tidak bisa memenuhi kebutuhan pasar, tidak memiliki keunikan, atau bahkan masalah internal.

Para pebisnis kecil seperti kamu harus memiliki cara-cara kreatif dan inovatif agar terus bisa berkembang pesat. Apa saja sih, itu? Ini dia! 

1. Fleksibel dan mudah beradaptasi

The Intern
 

Berbisnis artinya siap untuk menjadi fleksibel dan mudah beradaptasi. Memiliki idealisme tentu tidak salah, tapi bukan berarti kamu harus terlalu kaku dalam menjalankannya. Bukalah peluang untuk berinovasi dengan berkolaborasi atau bentuk pengembangan lainnya.

2. Gali dan manfaatkan informasi

The Intern
 

Mencari informasi mengenai pasar, pesaing, maupun pengembangan produk tidak hanya dilakukan sebelum memulai bisnis. Saat bisnis sudah mulai berjalan, informasi terbaru harus terus digali dan dimanfaatkan sebaiknya-baiknya untuk evaluasi dan juga mengembangkan bisnismu.

3. Membangun komunikasi personal

The Intern
 

Tidak hanya dengan pelanggan, tapi juga klien yang bekerja sama dengan bisnismu. Jangan segan untuk menelepon, mengirim email, atau mengirim pesan secara pribadi untuk menambah kedekatan kalian. Kunci bisnis kecil adalah kedekatan dengan jaringannya lho Babes!

4. Fokus pada pengembangan produk dan layanan

The Intern
 

Ingat bagaimana Yahoo pada akhirnya harus gulung tikar? Atau kisah Nokia yang tak lagi bisa bersaing dengan baik? Mereka adalah contoh bisnis yang gagal mengembangkan produk dan layanannya. Meski bisnismu sudah mulai berjalan baik, pastikan kamu tetap berinovasi sekreatif mungkin.

5. Kreatif dan memperhatikan karyawan

The Intern
 

Memiliki modal kecil bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan untung besar, sebagai pelaku bisnis kecil kamu harus punya keyakinan yang lebih kuat. Bahwa modal tak berkaitan dengan keuntungan, karena keuntungan bisa didapat dengan kreativitas bukan hanya jumlah modal uang semata.

Jika kamu sudah punya karyawan, jangan lupa untuk memperhatikan kesejahteraan mereka. Keberhasilan sebuah bisnis adalah keberhasilan tim, bukan individu saja.

Baca Juga: 5 Tips dari Ahli Agar Bisnis Barumu Bisa Bertahan

Images: The Intern / Waverly Films

Nah, untuk kalian yang berbisnis kecil-kecilan, coba kembangkan bisnis kalian dengan cara powerful di atas, ya. 

 

Fera Nur Aini
Fera Nur Aini

THE SHONET MARCH ISSUE

The Shonet Rilis Edisi Perdana The Shonet Monthly Issue! Simak Preview-nya!