Fashion

5 Fakta dari Kasus Dugaan Rasisme yang Menimpa Dolce & Gabbana

By THE SHONET Luxury  |   almost 2 years ago
5 Fakta dari Kasus Dugaan Rasisme yang Menimpa Dolce & Gabbana

Seolah tidak pernah belajar dari kesalahan, Dolce & Gabbana kembali tersandung kasus dugaan rasisme yang berujung pembatalan fashion show di Shanghai. Di mana dijadwalkan akan berlangsung pada 21 November 2018 lalu. Ini bukan kali pertama Dolce & Gabbana terlibat kontroversi. Sebelumnya, label basis Milan ini melansir sepatu dengan nama 'Slave Sandals'. Lalu salah satu desainernya, Stefano Gabbana bahkan dituding menghina Selena Gomez. Berikut 5 fakta di balik kasus dugaan rasisme Dolce & Gabbana yang berujung pembatalan fashion show-nya di Shanghai.

1. Bermula dari video promosi

Screenshot video promosi Dolce & Gabbana/Instagram @Diet_Prada

Kasus dugaan rasisme yang menimpa Dolce & Gabbana ini bermula dari unggahan di akun Instagram label tersebut mengenai promosi fashion show di Shanghai, dengan menampilkan model Tiongkok diajari menikmati makanan khas Italia dengan memakai sumpit. Hal ini memancing kemarahan karena Dolce & Gabbana dianggap tidak memiliki kepekaan akan budaya setempat. Video tersebut pun langsung dihapus dari akun Weibo resmi Dolce & Gabbana

2. Diperburuk dengan komentar Stefano Gabbana

Stefano Gabbana (kiri) dan Domenico Dolce/IMAXtree

Akun Instagram @Diet_Prada mengunggah screenshot percakapan yang dikirim pengikutnya di mana berisikan komentar Stefano Gabbana di fitur direct message Instagram. Di mana diduga Stefano memberikan pernyataan bahwa aksi penghapusan video itu adalah keputusan tim Dolce & Gabbana dan dirinya tidak pernah menyetujui keputusan penghapusan tersebut.



3. Tak lama langsung dibantah oleh Stefano Gabbana

Screenshot pernyataan dari Dolce & Gabbana/Instagram Dolce & Gabbana

Tak lama berselang, muncul pernyataan di akun Instagram Dolce & Gabbana dan Stefano Gabbana bahwa akun Instagram keduanya telah diretas. Namun banyak yang tidak mempercayai pernyataan tersebut dan muncul hashtag #DGTheGreatCancelled di media sosial Weibo.

4. Reaksi keras dari para selebriti Tiongkok

Zhang Ziyi/Pinterest

Akun Instagram @Diet_Prada melaporkan bahwa para selebriti kenamaan Tiongkok pun membatalkan kehadirannya di acara fashion show Dolce & Gabbana. Begitu pula dengan Editor in chief Vogue China, Angelica Cheung yang langsung terbang kembali ke Beijing. Aktris Zhang Ziyi melalui akun resmi Weibo miliknya mengeluarkan pernyataan bahwa ia tidak akan pernah memakai dan membeli item apapun rancangan Dolce & Gabbana.

Baca juga : Mengapa Desainer Fashion Lebih Memilih Menjalankan Bisnis Secara Independen?

5. Pembatalan fashion show

Finale fashion show Dolce & Gabbana Spring/Summer 2019/IMAXtree

Dolce & Gabbana pun merilis pernyataan bahwa acara fashion show di Shanghai pun dibatalkan. Stefano Gabbana dan Dolce & Gabbana juga mengunggah permintaan maaf kepada pemerintah dan masyarakat Tiongkok mengenai kontroversi yang terjadi. Situs Vogue menuliskan bahwa, perhelatan fashion show bertajuk #DGTheGreatShow akan menjadi acara paling termegah yang pernah dibuat oleh Dolce & Gabbana. Rencananya akan menampilkan 360 looks, 140 penampilan khusus, dan dihadiri 1.400 tamu undangan. Banyak situs berita fashion yang menganalisis akan dampak penjualan yang akan dialami oleh Dolce & Gabbana, mengingat Tiongkok adalah salah satu negara dengan daya beli barang mewah terbesar. Namun poin penting yang patut dicermati adalah apa yang sebenarnya dilihat oleh industri fashion mengenai nilai-nilai budaya? Sumber inspirasi atau komersial? Para pelaku industri dan penikmat fashion juga perlu memiliki kesadaran bahwa jangan sampai gegap gempita glamor dan nilai ekonomi menghilangkan sisi kemanusiaan dari industri ini.

fashion
runway
dolcegabbana
Written By
THE SHONET Luxury

Welcome to The Shonet Luxury! Kenali lebih dalam seputar luxury lifestyle dari mulai runway, trend, hingga travel update.

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!