Lifestyle

5 Hal Besar yang Harus Kamu Ingat tentang Perbedaan Antara Pria dan Wanita

5 Hal Besar yang Harus Kamu Ingat tentang Perbedaan Antara Pria dan Wanita

Para ilmuwan telah menghabiskan banyak waktu untuk mencari tahu perbedaan antara jenis kelamin! Setelah berabad-abad ini, pria masih menemukan wanita misterius dan wanita masih kagum dengan betapa tertutupnya pria secara emosional. Bukankan kita sudah belajar apa saja selama bertahun-tahun? Apakah benar-benar tidak ada tanda atau emosional yang dapat kita gunakan untuk menjelaskan mengapa pria dan wanita bertindak berbeda dalam suatu hubungan?

Di bawah ini ada penjelasan dari sekelompok ahli hubungan dalam situs Yourtango.com T-Ann Pierce, Clara Wisner, Kathryn Foster, dan Helen Fisher tentang 5 perbedaan besar tentang pria dan wanita dalam fisik dan emosionalnya. Mari simak!

1. Pria dan wanita berevolusi secara berbeda

Going the Distance

Ini hanya fakta biologis. Selama ribuan tahun, otak pria dirancang agar sesuai dengan pekerjaan mereka, berburu dan melindungi keluarga mereka dari musuh. Untuk menyelesaikan tugas-tugas itu, mereka harus belajar melepaskan diri, menangguhkan empati mereka. Sementara itu, otak wanita mengembangkan peran yang jauh lebih relasional. Wanita melahirkan, merek bekerja di lingkungan komunal. Cara otak pria dan wanita berevolusi selama berabad-abad jelas memainkan peran dalam bagaimana mereka berhubungan hari ini. Itulah sebabnya wanita sering menginginkan dialog yang lebih empatik dari pria mereka, dan pria merasa dikritik karena mereka tidak memiliki kapasitas emosional yang sama. Itu hanya cara mereka terhubung.

2. Perbedaan evolusioner itu tidak membuat segalanya mudah

Going the Distance

Masalah lain yang perlu dipertimbangkan adalah sesuatu yang oleh pakar Clara Wisner disebut "ketidakcocokan evolusi". Itu merujuk pada fakta bahwa tubuh dan otak pria dan wanita telah berevolusi untuk lingkungan yang sangat berbeda dari yang mereka hidup di zaman sekarang. Kebanyakan pria tidak lagi mencari nafkah dan tidak setiap wanita sekarang perlu untuk menghasilkan atau memegang peran relasional. Hal ini dapat menyebabkan kecemasan dan kebingungan bagi pria dan wanita, tetapi berbicara terbuka tentang ketidakcocokan tersebut dapat membantu membawa lebih banyak kedamaian dan harmoni dalam suatu hubungan.

3. Pria dan wanita tidak selalu sepakat tentang seks dan percintaan

Going the Distance

Karena pria berkembang tanpa kapasitas yang sama untuk dialog empatik dengan perempuan, kedua jenis kelamin ini seringkali memiliki pendapat yang sangat berbeda ketika harus menetapkan signifikansi pada seks dan hubungan. Sebagai contoh, pria empat kali lebih mungkin daripada wanita untuk percaya bahwa seks dan keintiman emosional adalah hal yang sama. Namun, ada juga beberapa penelitian modern yang benar-benar mengatakan bahwa pria jatuh cinta lebih cepat daripada wanita. Jadi pria dan wanita perlu menyadari bahwa, ketika mereka berbicara tentang percintaan, mereka mungkin memiliki definisi yang sama sekali berbeda dari pasangan mereka, itulah sebabnya komunikasi itu sangat penting.

4. Gender bukanlah segalanya

Going the Distance

Sementara, ya, ada perbedaan besar antara pria dan wanita secara mental dan biologis, penting untuk menyadari bahwa beberapa hal lebih besar daripada gender. Kita lebih dari sekadar pria dan wanita. Kita juga individu. Jika kamu mencoba mempelajari perbedaan evolusioner antara jenis kelamin, kamu juga harus memperhitungkan bioindividualitas. Karena ada perbedaan antara semua manusia, bukan hanya pria dan wanita.

5. Hubungan antara pria dan wanita berkembang selama bertahun-tahun

Going the Distance

Ini adalah hal yang sangat penting untuk dipahami oleh pasangan jangka panjang. Jika pasangan menikah di usia 20-an dan dengan cepat menemukan perbedaan mereka, mereka perlu menyadari bahwa hubungan mereka akan terus berubah dan berkembang dengan setiap tonggak kehidupan utama yang mereka hadapi. Karier, memiliki anak, berurusan dengan pensiun, itu semua masalah dapat sepenuhnya mengubah hubungan antara pasangan di berbagai tingkatan. Mereka perlu menyadari bahwa bagian dari evolusi romansa mereka akan melibatkan merek untuk mengungkapkan diri satu sama lain, berulang-ulang, ketika merek tumbuh dan berubah sepanjang waktu.

BACA JUGA: Kok Masih Sama Dia, Sih? Ini 4 Alasan Kenapa Kamu Masih Bertahan Sama Orang yang Salah

Source foto: film Going the Distance/New Line Cinema, Offspring Entertainment

Nah, itulah 5 hal perbedaan besar yang terdapat antara pria dan wanita, jadi kamu nggak bisa bilang "semua cowok sama aja" atau pun sebaliknya ya!

Zahra Aminati
Zahra Aminati

THE SHONET JULY 2019 - SELF LOVE

The Shonet Rilis Edisi July The Shonet Monthly Issue! Simak Preview-nya!