Fashion

5 Koleksi Bergaya Uniseks di Fashion Week Spring/Summer 2019

By THE SHONET Luxury  |   about 2 years ago
5 Koleksi Bergaya Uniseks di Fashion Week Spring/Summer 2019

Setelah muncul di New York Fashion Week Spring/Summer 2019, gaya uniseks menjadi salah satu tren utama untuk musim depan. Desainer tidak pernah mengatakan secara spesifik bahwa mereka hendak menghadirkan koleksi pakaian uniseks. Mereka lebih cenderung mengemasnya sebagai tema semata, dan koleksi yang dihadirkan di fashion week spring/summer 2019 tetap dilabeli sebagai koleksi untuk wanita. Meski begitu kehadiran model pria yang mengenakan koleksi baju wanita tentu menguatkan bahwa desainer percaya kedepannya pakaian hanyalah sebuah benda yang tak perlu diklasifikasikan berdasarkan gender.

Berikut 5 koleksi bergaya uniseks di ajang fashion week spring/summer 2019.



1. Louis Vuitton

IMAXtree
Louis Vuitton Spring/Summer 2019/IMAXtree

Gaya futuristik yang wearable menjadi garis desain utama koleksi Louis Vuitton spring/summer 2019. Salah satu elemen yang mencuri perhatian adalah rangkaian look bergaya boyish yang dikenakan sejumlah model bergaya androgyny. Sejumlah penikmat fashion pun mengira Louis Vuitton menghadirkan koleksi menswear. Berdasarkan situs Dazed,  salah satu model dari model androgyny tersebut adalah transgender bernama Jessica Espinosa atau yang akrab disapa Jay. Berbicara dari segi desain, cutting dan siluet tailoring yang dihadirkan mungkin berkesan maskulin namun modern dan minimalis.



2. Celine

IMAXtree
Celine Spring/Summer 2019/IMAXtree

Pendekatan berbeda diterapkan Hedi Slimane untuk Celine yang menampilkan koleksi menswear. Dikenakan oleh model super kurus yang selalu menjadi favorit Hedi Slimane. Pihak Celine mengatakan bahwa semua koleksi menswear yang dihadirkan akan dijual sebagai koleksi uniseks sehingga konsumen wanita dapat membelinya. Hal tersebut menjadi alasan mengapa koleksi yang ditawarkan lebih versatile seperti setelan jas, trench coat dan bomber jacket.



3. Maison Margiela

IMAXtree
Maison Margiela Spring/Summer 2019//IMAXtree

John Galliano telah lama bereksperimen dengan pakaian dan gender. Rancangannya selalu menekan batasan arti dari maskulinitas. Hal tersebut kembali terlihat pada koleksinya untuk Maison Margiela spring/summer 2019. Selain mengenakan setelan jas dan trench coat, model pria mengenakan atasan transparan aksen renda dengan celana pendek iridescent dan sepatu flats yang feminin. “Tak ada lagi aturan baku sekarang ini-kamu lah yang menentukan sendiri aturannya,” terang Galliano mengenai rancangannya seperti dikutip dari situs Vogue.



4. Haider Ackermann

IMAXtree
Haider Ackermann Spring/Summer 2019/IMAXtree

Gaya maskulin dan permainan warna-warna vibran telah menjadi ciri dari desainer Haider Ackermann, Untuk koleksi spring/summer 2019 Haider Ackermann masih berfokus pada tailoring dan siluet oversized. Salah satu look yang mencuri perhatian adalah kemeja yang dikenakan bersama kimono bermotif grafis. Bila koleksi wanita hadir dalam warna gelap, maka koleksi pria justru hadir dalam warna yang lebih terang seperti hijau. Haider menyatakan korelasi dari kedua koleksi tersebut lebih kepada saling melengkapi ketimbang dilabeli sebagai uniseks. Tak mengherankan bila mungkin saja para konsumen wanita juga akan turut membeli kimono atau blazer dalam warna terang dari koleksi pria.


Baca juga: Artikel fashion lainnya dari Rayoga Akbar Firdaus

5. Monse

IMAXtree
Monse Spring/Summer 2019/IMAXtree

Dikenal sebagai label yang mampu mengemas gaya feminin secara edgy, Monse membuka fashion show koleksi spring/summer 2019 dengan seorang model pria mengenakan polo shirt detail cut-out. Setidaknya ada 19 model pria yang berpartisipasi di fashion show ini. Kehadiran item bergaya menswear ini terinspirasi oleh sahabat pria dari kedua pendiri label ini Fernando Garcia dan Laura Kim yang gemar mengenakan kreasi Monse. Meski begitu items tersebut akan dijual sebagai dari koleksi wanita. Eksplorasi perdana gaya uniseks dari Monse mungkin belum terlalu merefleksikan spirit gender bender namun memiliki nilai komersial yang kuat.

fashionweek
springsummer2019
uniseks
Written By
THE SHONET Luxury

Welcome to The Shonet Luxury! Kenali lebih dalam seputar luxury lifestyle dari mulai runway, trend, hingga travel update.

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!