Beauty

5 Makanan Ini Bisa Membantu Atasi Iritasi Kulit! Apa Saja, Sih?

By Ranjani  |   almost 2 years ago
5 Makanan Ini Bisa Membantu Atasi Iritasi Kulit! Apa Saja, Sih?

Apakah kamu pernah mengalami iritasi kulit, babes? Iritasi kulit biasanya lebih sering dirasakan oleh kulit sensitif.

Kulit yang iritasi bisa berupa jerawat, eczema, dan psoriasis. Dalam kondisi ini, warna kulit jadi berbeda dari biasanya, yakni berwarna pink, merah, keunguan, atau kecokelatan.

Biasanya juga akan terasa gatal, perih, atau terbakar ketika kulit mengalami iritasi. Penyebab iritasi kulit macam-macam, seperti salah makan, hormon, stres, polusi, sinar UV, atau tidak cocok dengan produk skincare.

Selain ke dokter untuk menemukan cara menangani iritasi kulit, kamu juga bisa membantu proses pemulihan dengan makan makanan yang tepat. Berikut adalah makanan-makanan yang bisa membantumu mengatasi iritasi kulit:

Kacang walnut

5 Makanan yang Bisa Membantu Atasi Iritasi Kulit
Source: medicalnewstoday.com

Kacang walnut merupakan camilan sehat yang bisa kamu konsumsi setiap hari. Kacang ini mengandung asam lemak omega-3 yang membuat kulit lebih sehat dan glowing, juga mengurangi iritasi.

“Walnut kaya akan vitamin E dan berbagai antioksidan yang bisa melawan iritasi dan mencegah jerawat. Kacang ini juga bisa menjaga kelembapan kulit,” ujar konsultan kuliner dan ahli gizi, Peggy Kotsopoulos.

Salmon

5 Makanan yang Bisa Membantu Atasi Iritasi Kulit
Source: inspiredtaste.net

Salmon mirip dengan walnut, sebab kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan asam lemak omega-3 ini memang sangat ampuh melawan iritasi, karena bisa mempercepat penyembuhan kulit.

Ubi

5 Makanan yang Bisa Membantu Atasi Iritasi Kulit
Source: bonappetit.com

Ubi tinggi akan vitamin A yang bagus untuk membantu mengatasi iritasi kulit dan melawan bakteri penyebab jerawat.

“Vitamin A membantu mengurangi produksi minyak berlebih, sehingga bisa mencegah jerawat. Ubi juga memiliki vitamin C yang bisa melawan dan menyembuhkan iritasi,” jelas Peggy.

Selain itu, glikemik dalam ubi juga rendah, sehingga bisa mengontrol level insulin dalam tubuhmu. Kalau insulin rendah, hormon pun jadi lebih seimbang dan mencegah munculnya iritasi.

Kimchi

5 Makanan yang Bisa Membantu Atasi Iritasi Kulit
Source: surakoreancuisine.com

Kamu yang suka nonton drama atau acara Korea pasti akrab dengan kimchi. Sayuran pedas yang sudah difermentasi ini punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk kulitmu.

Kimchi mengandung banyak probiotik di dalamnya. Bila mengonsumsi banyak probiotik baik, kulit akan jadi lebih sehat dan bersih.

Lidah buaya

5 Makanan yang Bisa Membantu Atasi Iritasi Kulit
Source: dhakatribune.com

Nggak cuma sebagai bahan skincare, lidah buaya juga bermanfaat jika dimakan. Lidah buaya mengandung methylsulfonylmethane (MSM) yang tinggi.

MSM adalah sulfur alami yang bisa mengurangi inflamasi dan mempercepat produksi jaringan kulit yang baru.

Perbanyak konsumsi makanan-makanan di atas supaya kulit jadi lebih sehat dan bebas dari iritasi kulit, ya!

skincare
iritasikulit
tipskulit
Written By
Ranjani

Still struggling to find the perfect foundation for her combination skin. In the meantime, she likes to eat nasi padang and es teh manis.

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!