Lifestyle

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Pemilik Kulit Berminyak Beserta Alternatifnya

By THE SHONET Tasty  |   2 months ago
5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Pemilik Kulit Berminyak Beserta Alternatifnya
POPSUGAR Australia

Makanan dan kecantikan emang seringkali berhubungan. Namun sayangnya, ada beberapa makanan enak yang ternyata nggak bagus untuk pemilik kulit berminyak nih, Babes. Makanan-makanan ini dapat membuat produksi minyak berlebih, sehingga bisa membuat pori-pori tampak semakin besar dan menyebabkan jerawat dan komedo. Kulit berminyak terkadang sulit untuk dikontrol, tapi dengan mengonsumsi makanan yang tepat bisa memperbaiki kondisi kulitmu.

Yuk, cari tau 5 makanan yang sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit berminyak beserta alternatifnya, Babes! 

Lemak trans

One Guy's Blog

Lemak trans dapat meningkatkan kolesterol di tubuh dan menyebabkan iritasi, serta peradangan pada kulit. Seram, ya? Lemak berbahaya ini ditemukan di daging merah, cake, roti-rotian, pizza, butter, keju, dan makanan yang digoreng dengan cara deep fried seperti keripik, gorengan, dan donat. 

Cooking LSL

Mulai sekarang, cobalah untuk mengganti daging merah dengan ayam dan ikan salmon. Kamu juga bisa makan walnut dan avokad dan memasak makanan menggunakan minyak zaitun. Kalau bisa, ganti teknik menggoreng dengan memanggang, merebus, atau mengukus.

Baca juga: Facial Cleanser No.1 di Jepang Senka Perfect Whip Bikin Kulitku Bersih & Lembab

Gula

Delish

Makan makanan manis tentunya selalu menyenangkan. Sayangnya, makan gula terlalu banyak bisa membuat produksi minyak jadi berlebihan dan berisiko menimbulkan jerawat. Nggak hanya itu, gula buatan seperti permen, kue, biskuit, selai, dan minuman bersoda bisa bikin kulit meradang. 

Medical News Today

Ganti makanan manis buatan dengan manis alami pada buah-buahan, seperti beri-berian, mangga, atau pisang. Kamu juga boleh makan dark chocolate, lho!

Produk susu

Armstrong Cheese

Produk dari susu sapi alias dairy products seperti susu, butter, dan keju mengandung level hormon yang tinggi. Level hormon ini dapat meningkatkan produksi minyak di kulit dan menyumbat pori-pori. Makanya produk susu adalah salah satu makanan penyebab jerawat. 

Happy Island Vegan

Sebagai alternatif, kamu bisa mengonsumsi susu almond dan keju vegan.

Karbohidrat

Cooking Light

Karbohidrat yang telah diproses seperti nasi putih, roti putih, pasta, dan sereal bisa menaikkan gula darah dalam tubuh. Jika gula darah naik, produksi minyak di kulit pun akan bertambah. 

Medical News Today

Sebaiknya kamu makan roti gandum, nasi merah, oats, dan quinoa sebagai pengganti. Makanan-makanan itu nggak melalui banyak proses, tinggi serat, dan menstablikan gula darahmu.

Garam

Jamaica Plain News

Makan garam atau sodium berlebihan bisa mengurangi air di tubuh dan menyebabkan kulit jadi dehidrasi, sehingga wajah bisa bengkak dan menyebabkan mata sembap. Kulitpun makin berminyak karena kulit berusaha mengatasi dehidrasi akibat garam. 

Pinterest

Makanan asin seperti sambal botolan, makanan kemasan, fast food, dan biskuit sebaiknya diganti menjadi makanan-makanan seperti kacang-kacangan tanpa garam, selai kacang, dan salad dengan perasan lemon.

Baca juga: Beauty Must-Have: Lipstik Velvet SADA by Cathy Sharon dengan Sentuhan Indonesia

Mulai sekarang, perhatikan lebih lagi makanan-makanan yang kamu konsumsi supaya kulit berminyak nggak semakin parah, ya! 

makanan
kulitberminyak
makanan yang sebaiknya dihindari kulit berminyak
alternatif makanan untuk kulit berminyak
Written By
THE SHONET Tasty

 

Think before eat! Rekomendasi dan review seputar kuliner dari para expert bisa kalian dapatkan di sini. Dikurasi oleh Sarah Christiani, dan Karina Kyoko.

All Comments (1)
Arnintya Yuliardi
Produk dairy kesukaan aku lagi
2 months agoReply

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!