Lifestyle

5 Pertanyaan yang Harus Kamu Tanyakan pada Diri Sendiri Sebelum Menikah

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
5 Pertanyaan yang Harus Kamu Tanyakan pada Diri Sendiri Sebelum Menikah

Sebelum kamu melangkah ke jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan, kamu harus menyiapkan segala sesuatu yang penting, kan, Babes? Hal yang kamu siapkan juga banyak mulai dari biaya, tempat tinggal, kebutuhan masa depan dan yang lainnya.

Nah, ternyata sebelum menikah pun kamu harus menanyakan 5 hal ini agar pernikahanmu menjadi lebih siap.

1. Apakah hubunganmu adil?

Bride Wars

Ketika kamu merencanakan pernikahan, kamu mungkin cenderung mendiskusikan mengenai keuangan, tapi tidak memikirkan bagaimana keseimbangan emosional masing-masing pasangan. Jika satu orang dalam hubunganmu selalu memberikan usaha lebih banyak, sering berpendapat, dan fokus pada pemenuhan kebutuhan pasangan lainnya, perlu dipikirkan lagi, apakah hubunganmu sudah adil? "Suatu hal yang tidak seimbang akan menjadi bumerang bagimu. Menghabiskan banyak usahamu untuk membuat pasanganmu bahagia akan menjadi beban ketika pasanganmu tidak membalas hal yang sama padamu," kata Daphne de Marneffe, psikolog klinik dan penulis buku The Rough Patch: Marriage and the Art of Living Together.

2. Bagaimana jika orang tua menanamkan suatu harapan tertentu?

Bride Wars

Meskipun setiap pasangan itu unik, penting untuk memeriksa bagaimana orang tua dan kerabat lainnya berkontribusi dalam kehidupan keluarganya. Amiira Routola, penulis buku How to Keep Your Marriage From Sucking mengatakan bahwa dia dan suaminya Behrendt dengan cepat mengetahui bahwa mereka memiliki pemikiran keluarga yang sangat berbeda. Dalam keluarga Routola, anak-anaklah yang selalu didahulukan. Dalam keluarga Behrendt, pernikahan orang tua adalah yang utama dan diharapkan anak-anak menjadi mandiri. "Kamu tidak hanya secara intuitif tahu apa arti keluarga bagi orang lain, dan kamu tidak dapat mereka tahu apa artinya untukmu," katak Routula menambahkan.

3. Apakah kamu ingin punya anak?

Bride Wars

Jika salah satu pasangan menginginkan anak dan yang lainnya tidak, mungkin ini akan susah dikompromikan. "Jika kamu ingin anak, jangan terus berada di dalam hubungan di mana pihak lain tidak siap memiliki anak," kata Barbara Grossman dan Dr. Michael Grossman, penulis buku The Marriage Map. "Kami menyarankan kamu dengan sopan dan penuh kasih memberi tahu pasanganmu bahwa mereka harus berubah pikiran. Katakan pada mereka bahwa kamu ingin memiliki keturunan. Jika pasanganmu yang sekarang tidak memikirkan hal itu, kamu bisa berkencan dengan orang lain."

4. Apa tujuanmu sama dengan tujuan pasanganmu?

Bride Wars

Pastikan kamu mengerti apa yang kamu inginkan, baik sekarang atau pun 10 tahun ke depan. Rob Scuka, direktur eksekutif National Institue of Relationship Enhancement, mengatakan bahwa penting untuk memiliki tujuan hidup yang besar dan memastika bahwa tujuan tersebut sama dengan tujuan besar pasanganmu. "Jika satu orang menginginkan sesuatu hal yang berbeda dalam hubungan, Kamu bisa berdebat tentang hal itu," katanya. Daripada membuat asumsi yang diam-diam, lebih baik bicarakan pada pasangan sebelum menikah.

5. Apa yang kamu lakukan untuk mempersiapkan pernikahan?

Bride Wars

Rosenthal bertemu banyak pasangan yang siap untuk pernikahan mereka, tapi hanya sedikit yang aktif memikirkan bagaimana membangun pernikahan yang sukses, "Kami berpikir bahwa cinta dan hubungan itu harus intuitif, tapi itu omong kosong," katanya. "Kita perlu mendapatkan alat untuk menjadi pandai dalam hubungan." Rosenthal menyarankan pasangan untuk membuat rencana, apakah itu membaca buku bersama tentang hubungan yang sehat, atau berkonsultasi pada ahli percintaan, dan masih banyak hal yang perlu kamu siapkan untuk pernikahan.

BACA JUGA: Jangan Cuma Modal Cinta, Sebelum Menikah Kamu Perlu Tahu 3 Hal Ini

Source foto: film Bride Wars/Fox 2000 Pictures,Regency Enterprises,New Regency Pictures

Kamu pikir menikah itu gampang? Coba tanyakan 5 hal di atas pada dirimu sendiri ya sebelum menikah!

lifestyle
relationship
hubungan
cinta
pernikahan
menikah
percintaan
sebelummenikah
pertanyaansebelummenikah
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!