Beauty

5 Tahapan Skincare yang Tanpa Kamu Sadari Merusak Kulitmu

By Wilda Khairani  |   about 1 month ago
5 Tahapan Skincare yang Tanpa Kamu Sadari Merusak Kulitmu
instylemag.com.au

Kamu pasti setuju, tujuan menggunakan produk-produk skincare yang kamu lakukan setiap hari itu untuk merawat kulit agar tetap sehat dan mencapai target kulit yang kamu inginkan. Tapi, banyak dari kita yang tanpa sadar melakukan tahapan skincare yang justru bisa merusak kulit. Pastinya kamu nggak mau produk-produk skincare yang mungkin harganya nggak murah itu jadi sia-sia atau bahkan merugikan, kan? Nah, simak 5 tahapan skincare berikut yang tanpa sadar bisa merusak kulitmu!

Baca juga: Beauty Must-Have: Lipstik Velvet SADA by Cathy Sharon dengan Sentuhan Indonesia

Menggosok terlalu kencang area mata

How to Remove Makeup: 7 Tips to Get Every Last Bit Off | Glamour
glamour.com

Saat membersihkan makeup mata, jangan menggosok terlalu kencang dengan kapas karena akan mempercepat tanda penuaan dini muncul. Sebaiknya, basahi kapas dengan pembersih mengandung minyak, diamkan di area mata selama 30 detik sebelum mengusapnya perlahan.

Menggunakan pembersih wajah yang mengandung surfaktan keras 

Surfaktan paling umum ditemukan dalam sabun biasanya adalah sodium lauryl sulfate (SLS) dan sodium laurate. Sayangnya, kandungan ini bisa merusak lapisan kulit (skin barrier), lapisan teratas kulit yang menjaga kulit tetap lembap dan melindungi dari pemicu alergi. Gunakan surfaktan yang lebih lembut seperti sodium laureth sulfate (SLES).

Menggunakan scrub wajah yang kasar

15 Best Exfoliators for Acne Prone Skin: Product Reviews and Guide
weheartthis.com

Mengeksfoliasi kulit punya tujuan untuk mengangkat sel kulit mati agar nggak menyumbat pori dan membuat wajah kusam. Tapi, menggunakan scrub wajah dengan butiran kasar yang terlalu kasar, termasuk bahan alami seperti kopi atau gula, akan menciptakan luka mikroskopis yang membuat kulit lebih rentan terinfeksi dan iritasi. Sebagai gantinya, kamu bisa gunakan exfoliating toner mengandung AHA dan/atau BHA.

Over-exfoliating

Sekali lagi, eksfoliasi kulit memang penting, tapi jangan sampai kamu melakukannya secara berlebihan. Beberapa tanda kamu over-exfoliating adalah kulit gatal, terasa terbakar, dan jerawat semakin parah. Kalau kamu pakai exfoliating toner, perhatikan kadarnya. Kadar persen yang tinggi sebaiknya digunakan 2-3 kali seminggu. Kalau termasuk persentase yang rendah, kamu bisa gunakan setiap hari.

Mengaplikasikan produk terlalu banyak

womenshealthmag.com

Kamu nggak perlu berlebihan saat menggunakan produk. Untuk eye cream, serum, dan obat jerawat, cukup gunakan isi produk sebesar sebutir beras. Untuk pelembap, gunakan isi produk sebesar biji jagung. Untuk pembersih wajah dan masker, gunakan seukuran anggur. Penggunaan produk berlebih hanya akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Baca juga: Rekomendasi Facial Foam yang Bikin Kulitku Glowing dan Sehat!

Nah, Babes, itu dia tahapan skincare yang bisa merusak kulitmu!

beauty
skincare
Written By
Wilda Khairani

I am a content writer at The Shonet. Hope you like my page :)

Kindly visit my blog: https://walkwithwilda.blogspot.com/

 

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!