Become The Shonet Insider!

Lifestyle

5 Tips dari Ahli Agar Bisnis Barumu Bisa Bertahan

By Fera Nur Aini  |   about 2 months ago
5 Tips dari Ahli Agar Bisnis Barumu Bisa Bertahan

Salah satu tantangan terbesar bisnis yang baru dimulai adalah mempertahankannya. Bahkan banyak yang bilang kalau sebuah bisnis hanya akan bertahan selama 3 tahun saja, terutama untuk bisnis-bisnis berbasis kekinian yang cenderung mudah tergilas tren baru.

Andy Yates, mencoba mematahkan itu dengan memberikan 5 tips yang sangat berharga untuk para pelaku bisnis baru seperti kamu, seperti dilansir Dailymail berikut ini:

Tetap Realistis

The Intern
The Intern

Meski bisnismu terbilang sudah cukup meraih keuntungan, tetaplah realistis dan sederhana. Jangan terlalu banyak menghamburkan uang. Gunakan untuk hal yang sangat penting saja. Jangan membayar dirimu sendiri terlalu banyak. Buatlah budget seminimal mungkin. Kamu tidak akan pernah bisa berdiri sendiri, carilah bantuan dari teman, keluarga, atau kolega bisnismu. Memang tidak semua orang bisa memberikan masukan yang tepat untuk bisnismu tapi apa yang orang katakan selalu bisa menjadi pertimbangan dan sudut pandang baru.

Jangan Cepat Puas

The Intern
The Intern

Jangan segera berpangku tangan saat kamu merasa bisnismu sudah jadi. Teruslah lakukan riset pasar, pelanggan, kompetitor dan hal-hal lain yang berkaitan dengan bisnismu. Lakukan berbagai macam tes untuk bisnismu entah itu dalam bentuk produk, jasa, atau sistem.

Passion yang Besar

The Intern
The Intern

Jika kamu hanya ingin kaya dengan cepat dan ingin hidup mudah maka bersiaplah untuk gagal. Bisnis adalah tentang passion, jadi pilihlah bisnis yang kamu sukai agar tidak bosan. Memiliki ambisi dalam dosis yang tepat adalah hal yang baik, jangan biarkan ambisimu terlalu menguasai.

Selalu Beradaptasi

The Intern
The Intern

Adaptasi adalah kunci terakhir dari keberlanjutan sebuah bisnis. Jangan kaku, kamu harus mendengarkan apa kata pelanggan dan pasar, apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka minta. Dan aplikasikan inovasi-inovasi dari sisi yang diperlukan.

Baca Juga: Atur Keuangan Bulananmu dengan Membagi Gaji dalam 7 Hal Ini!

Semoga bisnismu selalu bisa bertahan ya meski selalu muncul saingan-saingan baru!

mengaturkeuangan
tipsbisnis
memulaibisnis
Written By
Fera Nur Aini

Freelance writer (CP: feranura@gmail.com)

 

All Comments (0)

Related Article

The Shonet Lookbook

Insider Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!