Beauty

5 Tips Mengaplikasikan Sunscreen Saat Memakai Makeup

By Ranjani  |   about 2 years ago
5 Tips Mengaplikasikan Sunscreen Saat Memakai Makeup

Sunscreen memang sangat penting buat kulit, karena bisa melindungi dari dampak buruk sinar UV. Kalau sinar UV terkena langsung ke kulit tanpa lapisan pelindung dari sunscreen, kulit bakal jadi gampang keriput, kusam, dan banyak muncul noda. Nggak mau kan?

Tapi kadang kita bingung, gimana sih cara memakai sunscreen di saat yang sama dengan makeup? Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, mari simak ulasannya!

Bisakah Mengaplikasikan Sunscreen Bersama Makeup?

5 Tips Mengaplikasikan Sunscreen Saat Memakai Makeup
Source: prevention.com

Sunscreen tetap berfungsi untuk melindungi kulit saat dipakai bersamaan dengan makeup. Kamu bisa menggunakan pelembap yang mengandung SPF atau mengaplikasikan sunscreen khusus wajah alias facial sunscreen.

Sunscreen khusus wajah biasanya punya formula yang lebih ringan dibanding sunscreen biasa, sehingga nggak bakal bikin makeup terasa tebal. Pilih sunscreen dengan minimal SPF 30 jika kamu sering beraktivitas di dalam ruangan dan pilih sunscreen ber-SPF lebih tinggi kalau kegiatanmu lebih banyak di luar.

Beberapa makeup memang mengandung SPF, tapi sayangnya makeup dengan SPF tuh gampang luntur. Jadi, kulit kembali nggak terlindungi dari sinar UV.

Cara Mengaplikasikan Sunscreen Saat Memakai Makeup

5 Tips Mengaplikasikan Sunscreen Saat Memakai Makeup
Source: southernliving.com

1. Aplikasikan sunscreen

Aplikasikan sunscreen ke seluruh bagian wajah dan leher sambil diberikan pijatan lembut. Fokus ke bagian yang sering terekspos sinar matahari, seperti dahi, pipi, dan rahang. Jangan pelit saat mengaplikasikan sunscreen ya!

2. Aplikasikan primer

Kalau kamu ingin makeup lebih tahan lama, kamu bisa aplikasikan primer setelah sunscreen. Tapi jika kamu mau melewatkan tahap ini juga nggak masalah kok.

3. Aplikasikan foundation

Setelah sunscreen dan primer, sekarang saatnya menggunakan base makeup. Kamu bisa pilih base makeup favoritmu; bb cream, bb cushion, atau foundation. Lebih baik lagi jika base makeup ini mengandung SPF untuk memberikan perlindungan tambahan bagi kulit. Mulai dari langkah ini, kamu bisa aplikasikan makeup seperti biasa, seperti blush, eyeliner, lipstik, dan seterusnya.

4. Gunakan setting spray

Sempurnakan makeup dengan menyemprotkan setting spray yang memiliki SPF di dalamnya. Semprotkan di wajah dan leher untuk mengunci makeup.

5. Gunakan sunscreen bubuk

Sunscreen harus diaplikasikan ulang setiap 2-3 jam sekali untuk memaksimalkan proteksinya. Nah, supaya kamu nggak merusak makeup, kamu bisa mengaplikasikan ulang sunscreen menggunakan powder sunscreen atau spray sunscreen.

Keduanya memang nggak memberikan perlindungan sekuat sunscreen bentuk krim, tapi cukup baik untuk menjaga kulitmu. Bila kamu perlu me-retouch makeup, kamu dapat memakai bedak dengan SPF.

Jangan sampai lupa untuk menggunakan sunscreen setiap kali kamu mau beraktivitas ya, girls!

sunscreen
tipscantik
fyi
tipsmemakaisunscreen
Written By
Ranjani

Still struggling to find the perfect foundation for her combination skin. In the meantime, she likes to eat nasi padang and es teh manis.

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!