Lifestyle

5 Tips Menghadapi Wawancara Kerja untuk Kamu yang Introvert

5 Tips Menghadapi Wawancara Kerja untuk Kamu yang Introvert
Mad Men/Lionsgate Television/AMC/Warner Bross

Kalau kamu merupakan tipe orang yang introvert, ada beberapa tips saat kamu menghadapi wawancara kerja, nih, Babes. 

“Introvert juga berhak sukses!”

Yup, bener banget. Kamu introvert dan sebentar lagi harus menghadapi wawancara kerja yang bagimu cukup menakutkan? Tenang, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar hari wawancaramu nanti jadi pijakan pertama yang akan mengantarkanmu pada kesuksesan.

1. Cari tahu semua hal tentang perusahaan itu

Demi berbicara dengan lancar, seorang introvert membutuhkan bahan yang cukup banyak dalam pikirannya. Untuk itu, meriset calon perusahaan tempatmu bekerja adalah hal yang paling bijak. Semakin banyak informasi yang bisa kamu kumpulkan semakin baik.

2. Tulis kemungkinan pertanyaan dan jawaban

 

Keunggulan introvert biasanya adalah pada tulisan. Itulah mungkin kenapa CV dan surat lamaran mereka banyak dilirik. Tapi untuk berbicara secara langsung butuh proses berpikir yang cukup panjang. Jadi tak ada salahnya menyiapkan dalam bentuk tulisan dulu, Babes!

3. Tekankan kekuatanmu sebagai introvert

Tak perlu menyebutkan kata “introvert” sebagai sebuah kekuatan, tapi sebutkan kualifikasi yang kamu miliki. Seperti misalnya kemampuan menulis yang baik, kreativitas yang tinggi hingga kemandirian kerja yang bisa dipertanggungjawabkan.

4. Lakukan kontak mata

Ini hal yang kamu hindari kan? Meski tidak suka kamu harus tetap melakukannya karena wawancara kerja adalah sesuatu yang intim sehingga kontak mata sangat penting. Pewawancara akan melihat kepercayaan diri dan integritasmu di sana.

5. Jadwalkan waktu sendiri sebelum wawancara

Kamu benar-benar butuh me-time karena berbicara dengan orang lain dalam bentuk wawancara baik melalui telepon maupun langsung adalah “hari besar” untuk introvert. Kamu perlu pikiran yang jernih dan hati yang tenang, membiarkan dirimu sendirian adalah cara terbaik.

Baca Juga: Tema Makeup untuk Kamu yang Akan Wawancara Kerja

Image: Mad Men/Lionsgate Television/AMC/Warner Bross

Jangan lupa untuk selalu memenuhi panggilan wawancara meskipun kamu tidak begitu menginginkan pekerjaannya, ya, Babes! Ini bisa jadi ajang latihan yang baik untuk introvert seperti kamu.

Fera Nur Aini
Fera Nur Aini

THE SHONET MAY 2019 ISSUE

The Shonet Rilis Edisi Perdana The Shonet Monthly Issue! Simak Preview-nya!