Beauty

5 Tips Penggunaan Retinol Buat Kamu yang Baru Mau Menggunakannya

By THE SHONET  |   about 1 month ago
5 Tips Penggunaan Retinol Buat Kamu yang Baru Mau Menggunakannya
Dok.Avoskin

Produk skincare mengandung retinol sudah semakin menjamur saat ini, bahkan dari brand skincare lokal sekalipun. Dengan kandungan yang diklaim dapat mencerahkan wajah, dan membuat kulit kenyal, kandungan retinol pada skincare pun memiliki banyak penggemar dari kalangan beauty enthusiast. Terutama bagi yang ingin fokus merawat kulit untuk menunda munculnya tanda penuaan dini.  Namun, ada beberapa orang yang masih enggan menggunakan retinol karena takut tidak cocok atau menyebabkan breakout.

Sebelum mencoba skincare dengan retinol, ketahui dulu 5 tips penggunaan salah satu kandungan skincare antiaging terbaik ini. Apa saja?

1. Pilih yang Persentasenya Rendah

healthline.com

Dengan mengetahui manfaat skincare mengandung retinol yang menggiurkan, pasti kamu ingin buru-buru merasakan manfaatnya. Nah, tapi perlu diingat semua produk skincare yang kamu gunakan memerlukan waktu untuk bekerja secara maksimal. Untuk penggunaan skincare mengandung retinol sendiri, pastikan kamu memulai dengan menggunakan persentase retinol dalam produknya rendah terlebih dahulu. Alasannya adalah agar kulit kita beradaptasi dengan kandungan retinol terlebih dahulu, sehingga kulit tidak ‘kaget’ dan malah menjadi sensitif.

Baca Juga : REVIEW: Sabun Muka Senka Perfect Whip vs NEW Senka Perfect Whip Acne Care.

2. Jangan Langsung Menggunakan Setiap Hari

Dok.Avoskin

Bicara soal adaptasi, buat kamu yang baru menggunakan skincare dengan kandungan retinol, sebaiknya kamu tidak menggunakannya setiap hari. Gunakan skincare mengandung retinol sebanyak 3 kali seminggu untuk melihat apakah kulit kamu bisa menerima skincare tersebut dengan baik. Selain itu, wajib diingat bahwa penggunaan retinol sebaiknya hanya digunakan di malam hari untuk menghindari kulit mengalami kemerahan atau gejala kulit sensitif lainnya.

Saya sendiri mulai menggunakan skincare dengan kandungan retinol 2 tahun lalu dan memulai dengan cara penggunaan hanya digunakan seminggu dua kali. Tapi sekarang ini saya sudah menggunakan Avoskin Miraculous Retinol Toner yang mengandung 1% actosome retinol, 0.03% kandungan retinol aktif dan 1% niacinamide. Toner ini saya gunakan seminggu 4 kali di malam hari. Saya meningkatkan intensitas pemakaiannya skincare mengandung retinol pada kulit saya karena saya merasa bahwa toner mengandung retinol dari Avoskin ini memiliki kandungan retinol yang cukup baik dan juga ringan sehingga meminimalisir risiko efek negatif dari penggunaan skincare mengandung retinol. Dan sebenarnya, sudah terbukti selama penggunaan toner dari Avoskin yang mengandung retinol ini saya tidak pernah merasakan kulit kering atau terasa perih.

3. Kombinasikan Skincare dengan Kandungan Menenangkan

Do You Really Need a Skin Toner?
byrdie.com

Bagian ini paling penting, tentu kamu sudah pernah mendengar ada beberapa kasus yang dialami pengguna skincare retinol yang malah menyebabkan kulit kemerahan atau saat digunakan, merasakan adanya tingling sensation. Untuk menghindari hal ini, pastikan kamu mengkombinasikan produk skincare mengandung retinol dengan produk skincare lain yang dapat menenangkan kulit. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari reaksi yang kurang nyaman bagi kulit saat menggunakan skincare mengandung retinol pertama kali. Sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan hydrating toner terlebih dahulu dengan kandungan yang menenangkan seperti green tea extract, mugwort, centella asiatica dan masih banyak lagi.

4. Jangan Dikombinasikan dengan Skincare Exfoliating

byrdie.com

Selain kamu perlu menggunakan skincare dengan kandungan yang menenangkan saat menggunakan skincare mengandung retinol, kamu juga harus menghindari pemakaian skincare exfoliating di waktu bersamaan. Alasannya, skincare yang mengandung retinol tentu memiliki peeling agent yang bisa membuat sel-sel kulit lebih cepat beregenerasi di mana cara kerjanya hampir mirip dengan skincare exfoliating. Menggunakan dua produk ini secara bersamaan dapat membuat kulit menjadi over exfoliating yang mengarahkan kulit kepada keadaan kulit yang lebih sensitif.

5. Never Skip Sunscreen!

byrdie.com

Cara kerja retinol sendiri sebenarnya adalah merangsang regenerasi kulit untuk mendapatkan tampilan kulit yang lebih sehat dan juga kenyal. Namun dengan cara kerja seperti ini, risiko kulit menjadi lebih sensitif pada matahari cukup besar. Oleh karena itu, jika malam hari kamu menggunakan retinol, jangan sampai kamu skip penggunaan sunscreen di pagi harinya. Skip penggunaan sunscreen pada saat proses penggunaan retinol dapat membuat kulit menjadi kusam lho! And FYI, sebaiknya memang kita menggunakan sunscreen setiap hari agar penampilan kulit tetap baik.

Baca Juga : Tips Mengatasi Kulit Wajah Kering dengan Produk Double Cleansing dari Senka!

Kini kamu sudah tau apa saja hal yang perlu diperhatikan kalau kamu baru pertama kali menggunakan retinol. Nah, selain 5 tips tadi, saya juga punya rekomendasi produk skincare yang bagus untuk digunakan oleh kamu yang baru mau mencoba retinol. Avoskin Miraculous Retinol Series adalah rangkaian produk skincare mengandung retinol yang terdiri dari 2 produk yaitu toner dan ampoule. Menggunakan kandungan Actosome Retinol, rangkaian produk skincare terbaru dari Avoskin ini direkomendasikan bagi para skincare enthusiast yang baru saja mau mencoba menggunakan skincare mengandung retinol! Untuk saya sendiri, ketika menggunakan Avoskin Miraculous Retinol Toner, saya tidak mengalami rasa perih atau kulit menjadi kering di awal pemakaian. Selain itu, noda-noda bekas jerawat saya pun mulai memudar. Menarik banget kan? Buat kamu yang penasaran dengan rangkaian produk terbaru dari Avoskin ini, kamu bisa cek di website Avoskin ya untuk melihat rangkaian produk ini dan juga manfaatnya!

avoskin
tipspemakaianskincare
Written By
THE SHONET

Here's some Fashion, Beauty, and Inspirations for you, Girls!

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!