Lifestyle

6 Hal Penyebab Rontoknya Rambutmu yang Tidak Kamu Duga

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
6 Hal Penyebab Rontoknya Rambutmu yang Tidak Kamu Duga

Ketika kamu berpikir tentang rambut rontok, kamu mungkin memikirkan ayah atau kakekmu, tapi ternyata banyak wanita yang menderita kerontokan rambut! Menurut American Acamedy of Dermatology, 40 persen wanita menderita kerontokan rambut "terlihat" sebelum mereka berusia 40 tahun.

Di AS saja, 80 juta pria dan wanita menderita kerontokan rambut karena faktor keturunan. Kerontokan rambut normal itu 50-100 rambut sehari dan itu tidak perlu khawatir. Tapi kalau sudah lebih dari itu, kamu bisa mengunjungi dokter untuk menghentikan kerontokan rambut. Namun, pergi ke dokter untuk memberi petunjuk kenapa rambutmu banyak rontok, berikut adalah beberapa hal tak terduga yang dapat menyebabkan kerontokan rambutmu menurut ahli.

1. Rutinitas perawatan rambutmu

The Devil Wears Prada

Meskipun kita tidak sering memikirkannya, perawatan rambut pasti dapat menyebabkan wanita kehilangan rambutnya. "Dari gaya rambut, produk rambut, pengecatan rambut, dapat menyebabkan kerusakan rambut," kata Dr. Jen Caudle, dokter keluarga dan profesor di Rowan University School of Osteopathic Medicine. "Alat-alat perawatan rambut juga seperti pengering rambut, dan terutama catokan. Jika panasnya terlalu tinggi, itu bisa menyebabkan rambut rontok." Jika kamu memperhatikan kerontokan rambut yang biasa, pikirkan bagaimana kamu menata rambutmu, produk apa yang kamu gunakan, dan alat-alat apa saja yang kamu gunakan secara teratur pada rambutmu.

2. Sering menyisir rambut

The Devil Wears Prada

Percaya atau tidak, jika kamu menyisir rambut terlalu sering kata Dr. Caudle, itu dapat menghilangkan lebih dari 50-100 helai rambut per hari. Jadi, jangan percaya dengan dongeng tua yang menyarankan bahwa menyisir rambut 100 kali sehari dapat membuatnya tebal, padahal hal itu dapat membuat rambutmu semakin tipis.

3. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin

The Devil Wears Prada

Untuk semua hasil yang didapat dari vitamin, bukan berarti tidak ada efek sampingnya. Juga ada beberapa orang yang tidak cocok pada beberapa vitamin. Misalnya, terlalu banyak vitamin A dan D, serta protein yang berlebihan bisa menyebabkan kerontokan rambut. Penting untukmu melakukan diet sehat dengan jumlah nutrisi dan vitamin yang tepat agar rambutmu tetap sehat.

4. Beberapa peristiwa traumatis

The Devil Wears Prada

Seperti yang dikatakan Dr. Caudle, peristiwa traumatis yang dapat menyebabkan stres juga dapat menyebabkan rambut rontok. Stres dapat benar-benar menyebabkan kerusakan pada semua bagian tubuh, termasuk folikel rambut. Meskipun kamu tidak akan kehilangan gumpalan atau sesuatu yang sama dramatisnya, kamu akan melihat penipisan pada rambutmu. Setidaknya kendalikan stres agar rambutmu tidak banyak rontok.

5. Karena resep obat

The Devil Wears Prada

"Banyak orang yang tidak mengetahui hal ini, tetapi obat kontrasepsi dapat menyebabkan rambutmu rontok," kata Dr. Caudle. "Seperti halnya obat pengencer darah atau antidepresan." Itu sebabnya penting untuk bicara dengan doktermu tentang efek samping dari obat yang mereka berikan. Tidak semua obat memberikan efek samping negatif yang sama, tapi jika kamu adalah seseorang yang memang berambut tipis, maka kamu harus mewaspadai hal-hal ini.

6. Penyakit medis yang berat

The Devil Wears Prada

Meskipun tak perlu dikatakan bahwa kanker terutama orang yang menderita kanker sedang dirawat dengan kemoterapi dapat menyebabkan kerontokan rambut, tapi itu bukan satu-satunya penyebab. Menurut Dr. Caudle, kondisi seperti diabetes, anemia, tiroid yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan rambut rontok. Namun, setidaknya dalam kasus tiroid, rambut dapat tumbuh kembali setelah masalah terkendali.

BACA JUGA: 5 Resolusi Tahun Baru 2019 untuk Para Cewek Single Agar Semangat Menjalani Hidup

Source foto: film The Devil Wears Prada/Fox 2000 Pictures, Dune Entertainment, Major Studio Partners

Nah, itulah 6 hal yang tidak terduga yang dapat menyebabkan rambutmu rontok, kamu pernah mengalami salah satunya?

lifestyle
karier
hidup
kesehatan
rambutrontok
penyebabkerontokanrambut
kerontokanrambut
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!