Lifestyle

6 Tanda Kantuk di Siang Harimu Sebenarnya Merupakan Tanda Kecemasan

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
6 Tanda Kantuk di Siang Harimu Sebenarnya Merupakan Tanda Kecemasan

Kamu sering merasa ngantuk di siang hari? Jangan-jangan, sebenarnya itu tanda kecemasan, Babes!

Kelelahan sepertinya tidak memiliki penyebab yang dikatakan membingungkan. Memang menyenangkan mengaitkan kantukmu dengan sesuatu yang fisik, tapi terkadang sumbernya mungkin benar-benar mental. Kecemasan adalah salah satu masalah yang dapat menyebabkan kelelahan, dan jika kamu sering lelah di siang hari, kamu mungkin menunjukkan beberapa tanda bahwa kantuk di siang harimu adalah kecemasan. Semua orang mengalami kecemasan secara berbeda, dan bagi sebagian orang, kondisi mental mereka dapat menyebabkan perasaan lelah.

 "Kecemasan kronis sering menghasilkan perasaan kantuk yang berkelanjutan, bahkan setelah tidur malam yang nyenyak," kata psikolog klinis Dr. Carla Manly. Ketika seorang merasa cemas sepanjang waktu, respons stres tubuh diaktifkan, melepaskan zat kimia saraf tertentu di dalam tubuh seperti adrenalin dan kortisol. Maka dari itu, kamu harus mengenali 6 tanda kantukmu ini.

1. Kamu ingin menghindari pikiran tertentu

Room

Ketika kamu mengkhawatirkan tugas sehari-harimu, kamu dapat tergoda untuk menghilangkan atau mematikan tugas tersebut. "Tidur mungkin merupakan cara untuk menghindari perasaan khawatir dan cemas," kata psikolog klinis Ellen Braaten, Ph.D., co-director dari The Clay Center for Young Health Minds di Massachusetts General Hospital. "Coba pikirkan apakah kamu khawatir dan stres atau apakah kamu hanya lelah. Jika khawatir adalah sesuatu yang kamu geluti, itu mungkin menyebabkanmu bermasalah dengan tidur," dan mungkin sudah waktunya mencari bantuan dari seorang profesional.

2. Kamu mengalami gejala lain yang tidak bisa dijelaskan

Room

Kecemasan dapat menyebabkan gejala fisik yang dapat membuat kita merasa sakit, bahkan ketika kita tidak sakit. "Apakah kamu mengalami sakit perut, sakit kepala, atau mual yang tidak memiliki penyebab fisik?" tanya Dr. Braaten. "Ini bisa jadi tanda kecemasan yang dapat berkontribusi meningkatkan tidur."

3. Kamu masih merasa loyo setelah cukup tidur

Room

Jika kamu merasa seolah-olah kamu merasa lelah, bahkan setelah tidur tujuh atau delapan jam yang disarankan, hal itu mungkin ada hubungannya dengan kecemasan. "Mereka yang menderita gangguan kecemasan sering menemukan bahwa mereka bangun dengan perasaan lelah," kata Dr. Manly. "Ini karena beban yang ditimbulkan stres pada sumber daya tubuh memengaruhi kemampuan tubuh untuk memulihkan dan mengisi ulang."

4. Kamu memiliki keinginan untuk segera ke tempat tidur bahkan saat sedang bersama teman-temanmu

Room

Merasakan dorongan untuk segera ke tempat tidur, bahkan saat kamu sedang berinteraksi dengan rekan kerja atau teman-temanmu, bisa menjadi itu tanda kecemasan. "Kecemasan dapat menciptakan keinginan untuk mundur ke tempat yang terasa aman dan kurang stres," kata Dr. Manly. "Perasaan kantuk dapat menjadi sinyal dari tubuh dan pikiran bahwa waktu istirahat yang panjang diperlukan untuk memulihkan. Namun, istirahat tersebut tidak efektif karena individu secara tidak sadar mengulangi pikiran dan perilaku cemas hari demi hari."

5. Pikiran untuk bersosialisasi membuatmu lelah

Room

Pikiran tentang peristiwa atau situasi yang menyebabkanmu cemas, seperti acara atau pesta di kantormu dapat membuat kamu lelah. "Ketika seseorang berpikir tentang situasi yang memicu kecemasan, tubuh benar-benar dapat merespon dengan respon melawan atau lari," kata Dr. Manly. "Dengan demikian, keletihan bisa dihasilkan dari sekadar memikirkan peristiwa stes yang akan datang,"

6. Pikiranmu tidak tajam

Room

Ketika kamu merasa cemas secara terus-menerus, hal ini akan memengaruhi proses berpikirmu. "Ketajaman mental dipengaruhi oleh kecemasan kronis," kata Dr. Manly. "Otak hanya tidak berfungsi dengan jelas ketika tubuh sedang stres dan lelah. Selain itu, orang-orang yang cemas kronis kadang-kadang mengeluarkan rasa kantungnya hanya untuk mendapatkan istirahat dari pikiran dan perasaan cemasnya."

BACA JUGA: 3 Kesalahan Karir Terbesar yang Dilakukan Millennials

Source foto: film Room/Element Pictures,Film 4,FilmNation Entertainment

Nah, itulah 6 tanda kantuk di siang harimu sebenarnya merupakan tanda kecemasan, kamu mengalami hal seperti itu juga nggak?

lifestyle
tidur
karier
career
cemas
kantukdisiangharipenyebabkecemasan
kecemasan
kantuk
kantukdisianghari
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!