Lifestyle

7 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Indra Nooyi Agar Semangatmu Terbakar Kembali

By THE SHONET Empowerment  |   about 2 years ago
7 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Indra Nooyi Agar Semangatmu Terbakar Kembali

Menduduki posisi tertinggi di perusahaan raksasa membuat perempuan ini dikenal oleh banyak orang di dunia dan banyak sekali orang yang terinspirasi padanya. Alumnus Yale University ini adalah wanita biasa dari keluarga sederhana di India. Namun nilai-nilai baik yang ia kuatkan membawanya hingga kesuksesannya kini. Berikut yang perlu kamu ketahui tentang Nooyi agar semangatmu terbakar kembali.

1. Nooyi Muda adalah seorang anak band rock yang rebel.

Indra Nooyi

Seperti anak muda pada umumnya, wanita bijaksana seperti Indra Nooyi ini juga pernah menjadi anak band rock yang rebel lho. Hal ini menunjukan jika kamu belum tahu passion mu di usia muda itu tidak pa, justru saat muda kamu harus mencoba berbagai hal untuk menemukan dirimu sendiri. Namun jika kamu sudah tahu apa yang igin kamu lakukan itu lebih baik. 

2. Indra Nooyi sempat dilarang untuk pergi sekolah ke Amerika walaupun dia dapat beasiswa, karena dia berumur 22 tahun dan belum menikah.

Indra nooyi graduates

Budaya India memang dekat sekali dengan pernikahan di usia muda terutama untuk perempuan.  Sehingga jika di umur 22 tahun Nooyi belum menikah dianggap tertinggal disana. Walaupun sempat dilarang, ia tetap berhasil pergi Ke Amerika untuk bersekolah di Yale University.

3.  Pakai Sari saat interview kerja karena tidak bisa membeli pakaian kerja. 

Nooyi with sari

Nooyi sempat diposisi dimana ia sangat kekurangan uang. Pakaian rapihnya yang ia punya hanya baju tradisional dari India yaitu sari sehingga saat ia dipanggil untuk interview bekerja ia memakai Sari dengan lengkap. Ia tidak pernah malu akan hal tersebut, justru dia bangga.

4.  Tidak langsung jadi CEO, ia merangkak jadi karyawan terlebih dulu.

Indra Nooyi

Nooyi bukan founder atau pengusaha dari PepsiCo, ia mengawali karir menjadi karyawan terlebih dahulu saat tahun 1994, ia ditempatkan di divisi perencanaan strategi. Melihat kinerjanya yang baik, Pepsi pun mengangkatnya menjadi CFO lalu menjadi President dan akhirnya menjadi CEO.

5. Inovasi-inovasi Nooyi berawal dari melihat kebiasaan teamnya sendiri.

Indra Nooyi

Nooyi memang memiliki skill yang baik dibidang perencanaan strategi. Ia melihat kebiasaan teman-teman di kantornya untuk memahami keinginan konsumen. Setiap diadakan rapat, ia mengamati para karyawan semakin sekarang lebih banyak yang memilih minuman yang lebih rendah kalori buakn pepsi yang dia jual. Maka dari itu Nooyi adalah CEO perempuan yang mendorong diproduksinya makanan sehat seperti oatmeal.

6. Menjadi Ibu yang baik bukan berarti harus selalu disamping sang anak setiap saat.

Indra Nooyi

Saat di sekolah anak dari Indra Nooyi mengadakan kumpul ibu-ibu setiap hari rabu pagi jam 9 , Nooyi pastinya tidak dapat hadir karena itu hari dan jam kerja. Awalnya ia merasa bersalah pada anaknya lalu dia bertanya pada anaknya "Apakah menurutmu ibu berhenti bekerja saja agar bisa menemani mu dan mengikuti kumpul ibu-ibu?" Nooyi mengira anaknya akan setuju namun anaknya justru melarang karena sang anak tahu betapa keras ibunya bekerja untuk mencapai impian. 

7. Pensiun menjadi CEO PepsiCo adalah awal dari hidup dirinya. 

Indra Nooyi

Baca juga artikel lainnya dari Nabila Shafira

Ditahun 2018 ini Indra Nooyi melepas jabatan CEOnya pada orang lain, namun ia tetap menjadi tim penasehat untuk perusahaan tersebut. Hal ini menjadi awal hidupnya karena ia kini memiliki waktu yang banyak untuk melakukan hal yang selama ini tidak sempat untuk dilakukan. 

women
pepsi
empowerment
ceo
Written By
THE SHONET Empowerment

Your voice matters! Inspirasi seputar isu terkini dari politik hingga sosial dari sudut pandang perempuan.

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!