Lifestyle

7 Kesalahan dalam Hubungan yang Seharusnya Nggak Dilakukan Lebih dari Sekali

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
7 Kesalahan dalam Hubungan yang Seharusnya Nggak Dilakukan Lebih dari Sekali

Setiap orang pasti melakukan kesalahan, apalagi dalam sebuah hubungan. Selama kamu saling mendukung satu sama lain, kesalahan tersebut tidak terlalu berpengaruh. Tapi, bila kesalahan tersebut dilakukan berulang dan meminta maaf terus-terusan hanya akan membuat kata maaf tidak ada lagi artinya.

“Berbuat kesalahan dalam setiap hubungan itu wajar, itu terjadi karena ketidaktahuan dan akan belajar dari ketidaktahuan tersebut. Namun, jika pasanganmu membuat kesalahan yang sama berulang kali, itu menjadi tanda bahwa kamu telah mengencani orang yang salah dan lebih baik kamu segera mengakhiri hubunganmu dengannya,” kata Jonathan Bennett, salah satu ahli dalam hubungan dan kencan di Double Trust Dating.

Dia juga menyebutkan bahwa 7 kesalahan inilah yang seharusnya tidak dilakukan lebih dari sekali dalam hubungan.

1. Meminta saran pada mantanmu

Paper Towns

Memang tidak apa-apa sih berteman dengan mantan, selama kamu dan pasangan saling mengetahui hal tersebut. Tapi, jika kamu melihat atau mendengar pasanganmu meminta saran atau dukungan pada mantannya, bisa jadi itu masalah. “Ketika kita mulai mencari dukungan dari luar hubungan kita, itu adalah tanda bahwa kita tidak bahagia dengan pasangan kita sekarang,” kata psikoterapis Jennifer L. Silvershein, LCSW. Menurut Silvershein, kamu dan pasangan harusnya membicarakan tentang permasalahan ini. Dengan mengatakan hal tersebut, kamu dan pasangan dapat mengatur batasan tentang apa saja yang boleh dilakukan bersama mantan, dan tidak terlalu melibatkan mantan dalam hubungan kamu.

2. Tidak memberi tahu rahasia besar

Paper Towns

Tidak apa-apa jika perlu waktu untuk membicarakan rahasiamu pada pasangan, tapi jika kamu dan pasangan tetap tidak saling memberikan rahasia terbesarmu, kelemahan, kelebihan, itu akan menjadi masalah nantinya. “Meskipun kamu tidak mengatakan pada pasanganmu tentang dirimu yang sebenarnya, penting untukmu membagikan masalahmu,” kata Bennett. “Kamu mungkin bisa menjaga rahasiamu sesekali. Namun, jika kamu setuju untuk saling terbuka dan transparan pada pasangan, menutupi sebuah rahasia besar akan menjadi sebuah racun untuk hubunganmu,” tambahnya. Jika kamu ingin hubunganmu berlanjut, janganlah ada dusta di antara kalian.

3. Melupakan tanggal-tanggal penting

Paper Towns

Masih bisa dimaafkan jika pasanganmu melupakan hari jadi kamu dan dia yang pertama, atau secara tidak sengaja dia melupakan tanggal janjianmu. Tidak semua orang memiliki ingatan yang baik dan terkadang kesibukan menjadi penyebabnya. Namun, jika hal-hal seperti melupakan tanggal penting terus terjadi, itu bisa jadi dia tidak terlalu memiliki dalam hubungan ini. “Semua orang bisa lupa dan kamu memiliki ingatan dan kesempatan,” ujar Bennett. “Jika mereka sering melupakannya berarti kebahagiaanmu bukanlah prioritas baginya.

4. Minta untuk Break

Paper Towns

Untuk membuat hubungan kembali seperti semula, kadang beberapa pasangan memilih untuk break dan menghabiskan waktu masing-masing. Dan itu sebenarnya tidak apa-apa. “Tapi, jika kamu break atau putus terlalu sering dalam hubunganmu, bisa jadi itu tanda hubunganmu tidak sehat,” kata Bennett. “Jika kamu tetap memilih break, lebih baik kamu beneran putus dan move on!”

5. Selalu menjalin hubungan backstreet

Paper Towns

Hubungan backstreet atau diam-diam tidak diketahui orang-orang adalah wajar jika usia hubunganmu masih sangat baru. Sebagai contoh, “Saat kamu dan pasangan pergi ke tempat teman-temannya dan bertemu mereka, pasanganmu mungkin akan memperkenalkan kamu sebagai 'temannya',” Amica Graber, seorang ahli hubungan yang memeriksa latar belakang di situs Truth Finder berkata. Awalnya memang tidak apa-apa bila tidak dipublikasikan tapi seiring berjalannya waktu, kenapa kamu dan dia selalu jalan diam-diam seolah-olah kamu dan dia tidak berpacaran? “Jika seseorang dalam hubunganmu ingin menjaga kerahasiaan dalam hubunganmu, pasti ada yang salah.” Kata Gaber.

6. Terlalu sering mengejek pasangan

Paper Towns

Dalam banyaj kasus, tidak salah memang sesekali mengolok satu sama lain, atau meledek pasanganmu. Selama kamu dan dia baik-baik saja, jelas itu bukanlah sebuah masalah. Namun, perhatikan, apakah kamu sering menjadi sasaran leluconnya. “Jika pasanganmu selalu membercandakanmu dan menggoda dengan kata-kata yang menyakitkan, penting untukmu mengatakan padanya bahwa kamu tidak menyukai kata-kata tersebut dan jangan mengatakan itu lagi,” kata Graber. “Jika pasanganmu terus mengejekmu padahal kamu sudah memberi tahu, kamu harus tinggalkan mereka.”

7. Melewati batas yang sudah ditentukan

Paper Towns

Sebagai seorang pasangan, tentu kamu dan dia punya batasan-batasan yang tidak boleh kalian langgar. Namun, jika pasangan atau dirimu melewati batasan-batasan itu beberapa kali, kamu pasti kesal. Kata Graber, “Pasangan barumu mungkin akan menguji batasanmu pada beberapa titik, dan itu kesempatanmu untuk menetapkan batasan aturan dasar.” Saat-saat seperti ini kamu dan pasangan harus membicarakan tentang batasan apa saja yang seharusnya tidak boleh dilewati. “Namun, jika pasanganmu sering melewati batasan yang sudah kalian tetapkan, itu pertanda mereka sangat tidak baik untukmu.”

BACA JUGA: Waspadai 5 Tanda yang Bisa Mengancam Hubunganmu dengan Pasangan

Source foto: film Paper Towns/Fox 2000 Pictures,Temple Hill Entertainment

Membuat kesalahan itu memang tidak apa-apa, Babes tapi kalau sering berulang masa kamu masih mau menjalin hubungan dengan orang yang susah dibilangin?

pasangan
lifestyle
relationship
hubungan
kesalahandalamhubungan
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!