Lifestyle

Deretan Kopi Tradisional dengan Cita Rasa Khas dari Berbagai Negara

By THE SHONET Tasty  |   about 2 months ago
Deretan Kopi Tradisional dengan Cita Rasa Khas dari Berbagai Negara
Times of India

Nggak hanya kopi kekinian, kopi tradisional juga masih melekat di lidah banyak orang, khususnya para penikmat kopi. Indonesia dikenal dengan berbagai kopi tradisional yang selalu menjadi favorit masyarakat, salah satunya adalah kopi tubruk. Kalau di negara-negara lain, kira-kira kopi tradisionalnya seperti apa ya, Babes? Untuk kamu yang mau tau, kopi tradisional dari beberapa negara yang bisa kamu temukan di bawah ini memiliki cita rasa yang khas, lho! 

1. KaffeostFinlandia

the joli pantry

Apakah kamu tertarik untuk mencoba kopi yang berbeda dari biasanya? Finlandia punya kopi tradisional bernama kaffeost yang diminum dengan potongan keju. Kejunyapun nggak biasa, keju yang disebut leipajuusto ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa keju yang nggak terlalu mendominasi.

6 fashion items yang cocok untuk dikenakan saat nongkrong di coffee shop: 

2. Cafe de ollaMeksiko

Sparkplug Coffee

Arti dari cafe de olla adalah cangkir kopi. Bisa tebak, nama kopi tradisional asal Meksiko ini diambil dari cara penyajiannya, yaitu dalam cangkir tembikar. Katanya, cangkir ini bisa memberi aroma khas pada minuman yang nggak bisa digantikan dengan cangkir lain. Percaya nggak, Babes? 

Cafe de olla terbuat dari biji kopi yang diseduh bersama kayu manis dan gula khas Meksiko bernama piloncillo. Kopi yang satu ini cocok untuk menghangatkan tubuh dan menambah stamina.

Baca juga: Usir Bosan! Let's Play with Sabun Muka Senka Perfect Whip During Quarantine

3. Kaapi - India

Rushina Munshaw Ghildiyal

Kaapi adalah minuman kopi asal India yang dihidangkan dengan cara unik dalam dua cawan yang disebut dabarah, yang berguna untuk mencampurkan kopi, susu, dan gula. Kaapi dituang secara bergantian dari satu cawan ke cawan lain secara terus menerus, hingga semua bahan-bahannya berbusa dan tercampur rata. Proses pembuatannya serupa dengan teh tarik ya, Babes.

4. Cafe BombonSpanyol

Nestle Cocina

Berawal dari kota Valencia, kepopuleran cafe bombon menyebar ke seluruh bagian dari Spanyol, bahkan beberapa negara di Amerika Latin. Cara pembuatan cafe bombon berbeda dari kopi lain karena cara penyeduhannya. 

Agar semakin nikmat, cafe bombon dilengkapi dengan milk foam di atasnya. Kopi ini direkomendasikan untuk kamu yang menyukai cita rasa kopi yang manis.

5. Ca phe trungVietnam

Long and Short Coffee Roastery

Pada zaman Perang Dunia kedua, Vietnam sempat mengalami krisis susu sapi yang membuat orang-orang di sana nggak bisa meminum campuran susu dengan kopi. Sebagai alternatifnya, mereka mengocok kuning telur dengan susu kental manis sampai berbuih, lalu mencampurkannya dengan kopi. 

Ca phe trung biasanya dihidangkan dalam cawa berisi air panas untuk menjaga suhu minuman tetap hangat. Nggak hanya disukai masyarakat setempat, ca phe trung juga menjaga daya tarik kuliner wisatawan asing.

6. Cafe CubanoKuba

Food & Wine Magazine

Cara pembuatan cafe cubano bisa dilakukan dengan cara diseduh menggunakan mesin espresso. Gula demerara bisa ditambahkan saat penyeduhan agar mendapatkan cita rasa manis serperti karamel. Kopi yang telah dituang ke cangkir, diaduk secara terus menerus sampai membentuk busa. 

Walaupun didominasi dengan rasa manis dalam tekstur yang berbusa, kopi asal Kuba ini memiliki rasa yang nggak kalah nendang dibandingkan kopi-kopi lain.

Baca juga: Beauty Must-Have: Lipstik Velvet SADA by Cathy Sharon dengan Sentuhan Indonesia

Kopi tradisional dari negara mana yang paling bikin kamu kepo dan ingin coba, Babes?

minuman
kopi
kopiunik
kopitradisional
kopi dari berbagai dunia
Written By
THE SHONET Tasty

 

Think before eat! Rekomendasi dan review seputar kuliner dari para expert bisa kalian dapatkan di sini. Dikurasi oleh Sarah Christiani, dan Karina Kyoko.

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!