Beauty

Ini Panduan Mengetahui Masa Kadaluarsa Skincare, Jangan Sampai Terlewat!

By Wilda Khairani  |   2 months ago
Ini Panduan Mengetahui Masa Kadaluarsa Skincare, Jangan Sampai Terlewat!
theindianexpress.com

Babes, kamu tahu nggak ternyata kamu nggak bisa mengacu sepenuhnya pada tanggal kadaluarsa atau expired yang tertera pada kemasan skincare. Faktanya, beda produk, beda pula lama masa pakainya atau tanggal kadaluarsa. Jangan sampai terlewat karena produk yang sudah kadaluarsa sudah dipenuhi bakteri yang akan berdampak buruk pada kulit!

 

Baca juga: Beauty Must-Have: Lipstik Velvet SADA by Cathy Sharon dengan Sentuhan Indonesia

 

Sabun wajah

Bakteri paling suka berada di lingkungan lembap. Makanya, kamu lebih baik nggak menggunakan sabun wajah lagi 6-8 bulan setelah dibuka, meskipun masih tersisa. Tapi, sabun wajah yang mengandung asam seperti glycolic atau salicylic acid bisa bertahan lebih lama karena asam adalah musuh bakteri. Untuk cleansing oil dan cleansing balm, pertanda kadaluarsa bisa dilihat dari perubahan tekstur dan aroma. Cleanser jenis ini bisa bertahan lama karena bukan lingkungan ideal untuk bakteri.

 

Vitamin C

Vitamin C adalah kandungan yang terkenal untuk mencerahkan wajah dan memudarkan noda hitam. Skincare, biasanya serum, yang mengandung vitamin C harus dikemas dalam botol hitam yang rapat dan terekspos sesedikit mungkin terhadap oksigen. Vitamin C yang masih baik berwarna bening. Saat sudah mulai berubah warna menjadi lebih pekat, saatnya membeli baru karena artinya kandungan vitamin C-nya sudah teroksidasi dan nggak berefek lagi.

 

Pelembap dan eye cream

Kedua produk yang biasanya berbentuk lotion atau krim ini bisa bertahan sampai satu tahun setelah dibuka. Tapi, berbeda dengan kemasan jar. Oksigen lebih mudah masuk dan bakteri mudah bertumbuh sehingga lebih baik berhenti menggunakan setelah 6 bulan.

 

Sunscreen

Sunscreen juga hampir serupa dengan pelembap, yaitu bisa bertahan satu tahun. Kamu pun juga bisa mengikuti tanggal kadaluarsa yang tertera, biasanya 2 tahun setelah pembelian. Sunscreen adalah salah satu produk yang paling sedikit kita gunakan sehingga kalau sudah mau satu tahun tapi masih bersisa banyak, itu bisa jadi peringatan kamu nggak memakai sunscreen secara cukup.

 

Baca juga: Dapatkan Kulit Glowing ala Perempuan Jepang Selama #DirumahAja

 

Nah, Babes, itu dia cara tahu tanggal kadaluarsa setiap produk skincare, jangan sampai terlewat ya!

skincare
Written By
Wilda Khairani

I am a content writer at The Shonet. Hope you like my page :)

Kindly visit my blog: https://walkwithwilda.blogspot.com/

 

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!