Beauty

Abaikan, Ini 5 Mitos Seputar Kulit Berminyak yang Terbukti Nggak Benar

By Wilda Khairani  |   about 2 months ago
Abaikan, Ini 5 Mitos Seputar Kulit Berminyak yang Terbukti Nggak Benar
refinery29.com

Babes, apa kamu termasuk pemilik kulit berminyak? Merawat kulit berminyak memang gampang-gampang susah. Gampang karena kita nggak perlu menggunakan banyak produk skincare untuk mendapatkan hidrasi yang dibutuhkan, tapi susah karena kulit kita mudah berjerawat. Nah, di luar sana juga banyak mitos seputar kulit berminyak yang mungkin masih membuatmu bingung. Yuk, mulai abaikan beberapa mitos kulit berminyak di bawah ini karena sudah terbukti nggak benar!

Baca juga: Kesalahan Dalam Mencuci Muka dan Memilih Facial Wash #SenkaHadirUntukMemperbaiki

Mitos: Makanan berlemak menyebabkan kulit berminyak

Can't Sleep? Avoid These 17 Worst Foods | Eat This Not That
eatthis.com

Apa kamu pernah dilarang makan gorengan supaya kulit nggak berminyak? Tenang saja, Babes. Penelitian terbaru sudah menunjukkan minyak pada makananmu nggak ada hubungannya dengan minyak pada wajah. Beberapa orang memang secara alami punya jenis kulit ini. Penyebab kulit berminyak adalah kelenjar minyak yang aktif. Meskipun menghindari makanan ini baik untuk kesehatan dan mencegah penyakit serius lainnya, kulit berminyakmu kemungkinan besar akan tetap ada.

Mitos: Makanan nggak berpengaruh ke kulit berminyak

Meskipun mengurangi gorengan atau makanan berminyak lainnya nggak terbukti bisa menghilangkan sebum pada wajah, pola makanmu tetap berpengaruh. Gula adalah salah satunya. Konsumsi gula dan produk olahan susu berlebih bisa menambah produksi minyak dan juga jerawat.

Mitos: Kulit berminyak nggak bisa pakai face oil

person holding amber glass bottle

Mungkin kamu pernah iri dengan orang-orang yang bisa ikut tren glass-skin dulu menggunakan face oil. Jangan takut pakai face oil, Babes. Penggunaan pelembap dan face oil justru bisa "menipu" kulitmu sudah cukup terhidrasi sehingga nggak perlu memproduksi sebum berlebih lagi. Kamu bisa pakai face oil asalkan pilih dengan tepat, yaitu yang punya rating comedogenic paling rendah (bahkan nol) dan yang mengandung linoleic acid tinggi. Kulit berjerawat punya level linoleic acid yang rendah.

Mitos: Sunscreen bikin kulit semakin berminyak

Kamu mungkin masih percaya dengan mitos ini karena kulit semakin berminyak dan mudah berjerawat saat pakai sunscreen. Tapi, bukan berarti kamu bisa melewatkannya karena sunscreen berguna melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari seperti kanker kulit. Solusinya, pilih sunscreen bertekstur gel dan berbahan dasar air.

Mitos: Nggak ada yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit berminyak

The Super-Cool, Next-Gen Face Treatments Celebrities Are Getting ...
eonline.com

Meskipun keadaan kulit ini biasanya genetik, masih ada cara untuk mengendalikannya, Babes. Kamu bisa gunakan produk skincare dengan salicylic acid dan niacinamide. Kalau sudah terlalu mengganggu, lebih baik konsultasikan ke dokter kulit untuk dapatkan pengobatan yang tepat. 

Baca juga: Beauty Must-Have: Lipstik Velvet SADA by Cathy Sharon dengan Sentuhan Indonesia

Nah, Babes, itu dia mitos kulit berminyak yang sudah terbukti nggak benar!

skincare
kulitberminyak
Written By
Wilda Khairani

I am a content writer at The Shonet. Hope you like my page :)

Kindly visit my blog: https://walkwithwilda.blogspot.com/

 

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!