BEAUTY   |   3 DECEMBER 2018

Alasan Mengapa Skin care Lebih Penting daripada Makeup

Alasan Mengapa Skin care Lebih Penting daripada Makeup
instylebeads.com

Bagi perempuan, Makeup adalah hal yang esensial. Makeup dapat menonjolkan fitur terbaik dari wajah kita dan menutupi beberapa masalah kulit. Lain halnya dengan skin care, banyak orang yang tidak begitu peduli karena merepotkan. 

Padahal skin care banyak manfaat yang lebih penting daripada makeup. kenapa begitu? Yuk kita baca 4 alasan dibawah ini!

1. Skin care routine membuat kamu lebih mengenal dirimu sendiri

 

Merawat kulit memang tidak mudah. seringkali kita mengalami ketidakcocokan pada produk tertentu. Ada yang bisa membuat breakout, iritasi, kering, maupun produk yang dampaknya tidak berefek apa-apa. Tahapan perawatannya juga merepotkan. 

Namun semua itu adalah proses pembelajaran dalam mengenali dirimu sendiri. Seiring kamu mengedukasi diri mengenai kesehatan kulit, kamu akan semakin paham jenis kulitmu seperti apa. Apakah berminyak, kering, atau sensitif; bahan-bahan apa yang cocok dengan kulitmu dan bahan-bahan apa yang memicu masalah baru; dan sebagainya.

Jangan malas membaca, berkonsultasi pada yang ahli, dan cermat membaca kandungan produk yang tertera di kemasan. Yang penting adalah menjaga kondisi kulitmu dari dalam dengan secukupnya minum air putih dan mengonsumsi sayuran serta buah-buahan.

2. Kulit yang sehat akan membuat make up apapun tampak maksimal

Pada akhirnya, dasar terbaik untuk kosmetik adalah kulit yang sehat. Terlepas dari apapun kulit kita, kulit wajah yang sehat akan membuatmu tampak flawless secara natural. Warna-warni kosmetik pun jadi lebih pigmented ketika disapukan. 

Kulit wajahmu yang sehat akan membuatmu menghemat waktu saat berdandan karena tak banyak problem fisik yang harus ditutupi. Kamu pun tak meski berkali-kali touch up karena kuatir efek makeup-nya menghilang. Di kondisi darurat yang tak memungkinkan untuk berdandan sama sekali, kamu bahkan dapat bepergian dengan percaya diri.

3. Makeup hanya menutupi masalah sesaat, Skin care akan menyelesaikannya

Banyak dari kita yang menyukai hasil instan dari pemakaian make up. Hanya dengan berdandan sebentar, lingkar gelap dibawah mata bisa memudar oleh concealer; bekas jerawat tersamarkan oleh foundation yang tebal; kulit kusam tampak bersinar karena highlight, dan seterusnya.

Namun bukankah efek ajaib itu hanya bertahan selama beberapa jam? Segera sesudah kamu menghapus make up, wajahmu kembali seperti semula, termasuk sejumlah masalah yang mengiringinya. bukankah lebih baik jika kita langsung memperbaiki kondisi kulit tersebut?

Skin care routine mungkin tidak memberi hasil secepat penggunaan make up, tetapi jika dilakukan dengan benar dan intensif, kita bisa menyelesaikan sumber masalah-masalah di kulit, atau setidaknya menguranginya.

4. Skin care yang benar akan mengurangi jumlah make up yang kamu perlukan

Jika kamu sudah paham dengan kulitmu, kamu akan lebih teliti saat membeli suatu produk kosmetik. Untuk kulit berminyak misalnya, kamu jadi tahu kalau kamu tidak boleh membeli produk yang berbahan dasar oil, melainkan mesti berbahan dasar air. Begitupun untuk kulit kering dan sensitif, ada aturan yang berbeda pula. 

Kamu jadi sadar bahwa tidak semua tren make up terbaru harus diikuti. Kulit setiap orang berbeda-beda, apa yang cocok dengan orang lain belum tentu cocok di kulit kamu. Kamu tidak lagi mudah terbujuk iklan-iklan dan hanya menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Beriringan dengan membaiknya kondisi kulit, kamu juga akan meninggalkan beberapa produk make up yang fungsinya tak diperlukan lagi. Contohnya, semenjak kamu berhenti begadang dan rutin mengoleskan eye cream, lingkar gelap di bawah mata pun jauh berkurang, tentu kamu tak perlu lagi membeli concealer baru.

Jadi, lebih pilih mana? Make up atau Skin care?

Melly Safitri
Melly Safitri

BEAUTY   |   3 DECEMBER 2018