Fashion

Apa itu 'Ethical Fashion'?

By Nicke Ariestianti Dungga  |   almost 2 years ago
Apa itu 'Ethical Fashion'?

Apakah the shonet babes sebelumnya pernah mendengar istilah Ethical Fashion?

Bagi yang belum pernah mendengar istilah tersebut, Ethical Fashion adalah sebuah konsep atau gerakan fashion yang memperhatikan hak-hak dan kesejahteraan pekerjanya, juga sekaligus melindungi lingkungan dengan memperhatikan proses produksinya.

Ethical fashion hadir untuk melawan Fast Fashion yang dianggap merusak lingkungan dan mengabaikan kesejahteraan para pekerjanya. Perputaran koleksi baju yang sangat cepat agar mengikuti trend, harga jual yang murah sehingga bisa dibeli semua kalangan, itu semua membuat kita sebagai konsumen terus membeli produk fast fashion tanpa perlu berfikir. 

Namun dibalik itu semua, terdapat penekanan biaya produksi oleh pabrik yang cukup drastis, sehingga membuat para buruh pabrik mendapatkan upah yang tidak layak dan tidak sebanding dengan kondisi pekerjaan mereka yang menguras waktu, tenaga, keringat, dan bahkan darah.

Ditambah lagi dengan hasil limbah tekstil yang dihasilkan dari bahan kimia dalam jumlah yang besar. Dampak dari limbah tekstil ini bisa menimbulkan banyak penyakit bagi penduduk yang tinggal di sekitar pabrik.

Lalu apa sih yang bisa kita lakukan untuk memulai Ethical Fashion? Berikut hal-hal yang bisa kita praktikan :

1. Membeli pakaian preloved / vintage / secondhand

fashion.allwomenstalk.com

Mendengar preloved atau second items membuat kita berfikir lagi pastinya. Namun jangan khawatir shonet babes, sekarang banyak bermunculan aplikasi dan website dimana kita bisa membeli barang second dengan kualitas yang bagus ; Tinkerlust.com, Carousell, etc

Untuk bergaya tidak harus selalu mahal bukan? ;-)

2. Memodifikasi Pakaian Yang Sudah Ada

abeautifulmess.com

Yakin deh, pasti banyak sekali baju di lemari pakaian kita yang jarang atau bahkan tidak pernah kita pakai sama sekali. Daripada baju tersebut menganggur, kita bisa mulai berfikir kreatif sekaligus mengasah kemampuan kita dengan merombaknya menjadi sesuatu yang akan kita pakai atau butuhkan.

Bisa mulai dengan mencari inspirasi dari internet, kemudian mempraktikannya di rumah, voila!

3. Smart Shopping!

pinterest.com

Kita bisa mulai belajar menyeleksi kebutuhan dengan membeli fashion item yang timeless dan tidak hanya sekali pakai. Daripada membeli baju dengan warna atau potongan yang hanya In pada saat itu, lebih baik kita invest uang kita untuk membeli item yang berwarna netral (hitam, putih, beige, abu-abu) dan bisa kita padukan dengan berbagai item lainnya, untuk berbagai occasion.

Let's make fashion industry into a better industry!

fashion
ecofashion
fastfashion
fashionindustry
sustainablefashion
ethicalfashion
slowfashion
environment
garmentindustry
Written By
Nicke Ariestianti Dungga

Wanita yang akrab disapa Nicke ini sudah menaruh hati pada fashion saat masih berstatus pelajar. Antusiasme pada dunia fashion, menjadikan Nicke seorang fashion stylist hingga saat ini. Dimulai dengan melakukan test shoot untuk mengumpulkan portofolio, hingga beberapa artis Indonesia seperti Natasha Rizky, Nycta Gina, Nina Zatulini, Poppy Bunga, Citra Kirana dan Ratna Galih kerap menggunakan jasa Nicke sebagai penata gaya pribadinya. Quotes to live by: Stylist is the star of making people look like a star.

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!