Beauty

Apa Itu Tinted Moisturizer dan Apa Bedanya dengan Foundation?

By Ranjani  |   a month ago
Apa Itu Tinted Moisturizer dan Apa Bedanya dengan Foundation?

Babes, kamu mungkin sadar bahwa semakin trennya pemakaian kosmetik membuat pihak produsen mengeluarkan ragam produk riasan wajah yang memberikan banyak manfaat? Salah satunya, tinted moisturizer!

Tetapi, sedikit yang tahu perbedaan antara tinted moisturizer dengan saudara jauhnya, foundation, yang kerap digunakan untuk memperbaiki warna kulit dan mengurangi ketidaksempurnaan pada wajah.

Lalu, apa itu tinted moisturizer dan apa bedanya dengan foundation? Yuk, ketahui dua produk kosmetik ini supaya kamu tahu apa yang benar-benar dibutuhkan wajahmu.

APA ITU TINTED MOISTURIZER?

Skincare

Menurut Shannon Romanowski, kontributor situs Self, pelembab berwarna umumnya mengandung lebih banyak humektan, yang berarti membantu menjaga kelembapan pada kulit.

"Tinted moisturizer biasanya terbaik untuk wanita dengan kulit kering dan wanita yang tidak membutuhkan coverage yang cukup banyak," jelas Romanowski.

Tinted moisturizer juga berpigmen, yang berarti produk pelembap sempurna jika kamu hanya membutuhkan koreksi wajah yang ringan.

Tapi, meskipun tinted moisturizer memiliki warna, pelembab jenis ini biasanya tidak akan memberi coverage yang penuh.

Formula penghidrasi pada tinted moisturizer juga dapat mencakup hal lain, seperti tabir surya atau antioksidan, untuk membantu menjaga kulit tampak muda dan segar.

APA BEDANYA DENGAN FOUNDATION?

Skinstore 

Foundation, di sisi lain, umumnya memiliki daya melembapkan kulit yang lebih lemah daripada tinted moisturizer. Tetapi memberikan warna yang jauh lebih banyak.

"Foundation menutupi kulit dan memberikan hasil yang sempurna," jelas direktur kecantikan O Magazine, Valerie Monroe, mengutip 100 Percent Pure.

Foundation juga menjadi pilihan yang menarik bagi para editor fesyen, karena selain menjadi dasar riasan wajah yang luar biasa, juga menutupi setiap ketidaksempurnaan pada wajah.

Foundation punya tekstur yang lebih berat, tetapi mudah dipadukan dengan produk riasan wajah lainnya, ini juga menjadi alasan mengapa penata rias menyukainya.

BAHAN TINTED MOISTURIZER DAN FOUNDATION

Source: barelytherebeauty.com

Mengutip Self, kedua produk ini menggunakan pelarut (air) dan keduanya mengandung campuran humektan (bahan kimia yang mengikat air ke kulit), dan emolien (bahan kimia berminyak yang menghaluskan kulit dan menciptakan penghalang kelembapan).

Kedua produk ini merupakan tipe emulsi (mengandung minyak dan air), keduanya menggunakan surfaktan untuk menjaga air dan bahan yang larut dalam minyak tercampur menjadi satu.

Kedua produk ini juga mengandung bahan pengawet agar bebas mikroba, dan bahan untuk mengontrol ketebalan produk dan kadar pH.

Tentu saja, karena keduanya dirancang untuk memberi kulit sedikit warna, tinted moisturizer dan foundation mengandung bahan pigmen seperti besi oksida, titanium dioksida dan mika.

TINTED MOISTURIZER VS FOUNDATION, MANA YANG LEBIH BAIK?

Source: pexels.com

Tinted moisturizer biasanya paling baik digunakan untuk wanita dengan kulit kering dan wanita yang tidak membutuhkan banyak coverage pada riasan wajahnya.

Sementara foundation biasanya bekerja paling baik untuk wanita dengan kulit berminyak, dan mereka yang butuh coverage lebih baik pada penampilan wajahnya.

Baca Juga: Ini 3 Cara Mudah Merawat Kulit Kering dan Sensitif, Nggak Ribet Kok!

Tetapi, kamu mungkin menemukan bahwa ada foundation dari satu merek yang memberikan coverage yang sama dengan tinted moisturizer dari merek lain!

Karenanya, kamu perlu melakukan eksperimen dengan kedua produk ini untuk melihat apa yang dirasa paling cocok untuk wajah.

foundation
fyi
tintedmoisturizer
3 Likes
Written By
Ranjani

Still struggling to find the perfect foundation for her combination skin. In the meantime, she likes to eat nasi padang and es teh manis.

All Comments (3)
Intan Pitalokaa month ago
Nice info
Imayosi Br Sianturia month ago
Thanks Infonya
Load More Comments

Related Article