Lifestyle

Apa Penyebab dan Bagaimana Mengatasinya, Ini 5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui Tentang Stretch Mark

By Karra Okta  |   almost 2 years ago
Apa Penyebab dan Bagaimana Mengatasinya, Ini 5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui Tentang Stretch Mark

Stretch mark adalah momok menakutkan bagi para para cewek kan, Babes? Guratan-guratan putih yang muncul di tubuh seringkali membuat kamu tak percaya diri.

Namun, masih banyak orang yang tidak tahu betul mengenai stretch mark. Padahal, stretch mark bisa saja menghampirimu. OMG, ngeri! 

Biar makin paham, ini fakta-fakta yang harus kamu ketahui mengenai stretch mark:

1. Penyebab stretch mark

How to Be Single/New Line Cinema, MGM, Flower Films, Wrigley Pictures, RatPac-Dune Entertainment

Tahukah kamu apa yang menyebabkan stretch mark? Ternyata hormon-hormon di tubuhmu yang bertugas menciptakan serat elastin dan kolagen di lapisan tengah kulitlah jawabannya. Ketika terjadi fluktuasi di hormon, elastisitas kulitmu menurun dan rentan terjadi stretch mark.

Tak hanya itu, faktor genetik juga bisa memicu stretch mark. Kalau kamu punya kecendrungan genetik terkena stretch mark, maka tidak bisa dihindari walaupun kondisi hormonmu baik-baik saja.

2. Kategori stretch mark

Source: ikonamody.pl

Ketika stretch mark baru muncul, warnanya akan menjadi pink, merah, ataupun keunguan, atau yang disebut dengan striae rubra.

Lama-lama stretch mark akan berubah warna menjadi putih atau keabuan Girls, yang dikenal dengan striae alba. Ketika stretch mark mencapai striae alba, tidak banyak yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkannya.

3. Stretch mark tak hanya mengenai orang bertubuh gemuk

How to Be Single/New Line Cinema, MGM, Flower Films, Wrigley Pictures, RatPac-Dune Entertainment

Banyak anggapan kalau stretch mark hanya dialami oleh orang-orang yang bertubuh gemuk maupun obesitas. Padahal tidak lho! Jika kamu punya berat badan yang ideal maupun kurus pun bisa terkena stretch mark. Entah dikarenakan fluktuasi hormon, ataupun adanya riwayat genetik yang menyebabkan stretch mark muncul.

4. Rutin olahraga bisa menghalangi terjadinya stretch mark

olahraga
Source: Unsplash

Kamu tentunya sudah tahu dong, kalau dengan rutin berolahraga akan membuat tubuh sehat? Tak hanya itu, ternyata dengan berolahraga juga bisa mencegah stretch mark.

Namun, hindari olahraga berat seperti angkat berat ya Girls, karena ketika otot berkembang cepat, juga bisa menyebabkan stretch mark.

5. Minum banyak air juga bisa mencegah terkena stretch mark

How to Be Single/New Line Cinema, MGM, Flower Films, Wrigley Pictures, RatPac-Dune Entertainment

Kalau kamu tak mau terkena stretch mark, hal mudah yang bisa dilakukan adalah rutin meminum banyak air. Dengan meminum banyak air, kulit kamu pun akan terhidrasi dan mencegah terjadinya stretch mark.

Sekarang kamu sudah tahu kan lebih jauh mengenai stretch mark? Segera cegah ya jangan sampai kulitmu mengalaminya!

masalahkulit
fyi
faktatentangstretchmark
stretchmark
Written By
Karra Okta

Penulis yang menyukai dunia lifestyle dan showbiz. Karra menghabiskan waktu luangnya dengan menonton film di bioskop atau bersantai sambil streaming serial kesukaannya.

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!