Beauty

Apa Sih Penyebab Kulit Kering dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

By Mestika Safrini Nasution  |   over 2 years ago
Apa Sih Penyebab Kulit Kering dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kebanyakan cewek nggak menyadari faktor penyebab kulit wajah menjadi terasa kering. Sehingga tetap menggunakan perawatan kulit wajah yang ternyata justru membuat kulit wajah jadi semakin kering dan kusam. Sebenarnya, apa saja faktor penyebab kulit kering?

Kulit kering disebabkan oleh banyak faktor, seperti penggunaan produk skincare secara berlebihan, kurangnya asupan makanan bergizi, sayuran dan buah-buahan serta jarang minum air putih. Nggak cuma itu saja, faktor genetik juga bisa menjadi penyebab kulit kering. Nah, berikut ini cara tepat mengatasi dan merawat kulit kering yang wajib masuk ke dalam daftar rutinitas kecantikanmu.

1. Gunakan Pelembap Wajah

Michelle Monique | Photography

Salah satu perawatan kulit wajah yang wajib dilakukan pemilik kulit kering adalah rutin menggunakan pelembap wajah. Lakukan setiap habis mandi pagi dan sore hari setelah beraktivitas agar kulit wajah tetap terasa lebih lembut dan segar.

2. Cuci Wajah Setiap Dua Kali Sehari

Michelle Monique | Photography

Selain rutin menggunakan pelembap, kamu juga perlu membersihkan wajah setiap dua kali sehari. Gunakan sabun pembersih wajah yang nggak hanya membersihkan tapi juga melembapkan kulit wajah. Seperti Cetaphil Gentle Skin Cleanser, yang menurut survey dari 346 anggota Home Tester Club (HTC) Indonesia, 97% perempuan Indonesia setuju bahwa Cetaphil Gentle Skin Cleanser mampu membersihkan sekaligus menjaga kelembapan alami kulit. Jadi, kulitmu yang tadinya kering akan terasa lebih bersih, halus dan lembap.

3. Minum Banyak Air Putih

pexels-photo-928854
pexels-photo-928854

Nggak cuma perawatan dari luar saja yang perlu kamu lakukan, tapi juga dari dalam. Rutin minum banyak air putih sebanyak 8 gelas atau 1,5 liter per hari dapat membuat kulit terhidrasi dan terasa lebih lembap.

4. Konsumsi Sayur dan Buah

Inspired Taste

Jaga asupan makananmu setiap hari dengan rajin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin E dan C. Sayuran dan buah-buahan juga mampu menjaga nutrisi kulit sehingga kulit wajah akan terasa lebih kenyal.

5. Rutin Olahraga

Pinterest/VSX

Olahraga nggak hanya bikin tubuh lebih sehat, tapi juga menjaga elastisitas kulit wajah kamu, lho! Jadi, rutinlah berolahraga agar kulit terus berkeringat dan mengeluarkan sel-sel kulit mati. Sehingga kulit wajah yang kering akan terasa lebih sehat.

cetaphil
Cetaphil

beauty
cetaphil
tips
kulitwajah
perawatankulitwajah
Written By
Mestika Safrini Nasution

Mestika aktif di dunia print media sejak lulus bangku kuliah. Tahun 2010 adalah awal karir ia sebagai Fashion Stylist di majalah Cita Cinta, lalu di tahun 2011 ia pindah ke majalah Gadis sebagai Senior Editor Fashion & Beauty hingga tahun 2016. Sebelum memutuskan menjadi freelance, ia juga sempat menjadi Editor Lifestyle di Liputan6.com

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!