Lifestyle

Apakah Kamu Sudah Mencintai Dirimu Sendiri? Cek 3 Cara Ini!

By Zahra Aminati  |   about 2 years ago
Apakah Kamu Sudah Mencintai Dirimu Sendiri? Cek 3 Cara Ini!

Apakah kamu sudah mencintai dirimu sendiri? Bila kamu belum mencintai dirimu sendiri, kamu belum bisa untuk mencintai orang lain. Alasannya mudah, karena cinta adalah sesuatu yang untuk memberi.

Ketika kamu sudah mencintai dirimu sendiri, kamu akan membuat lingkungan yang positif untuk dirimu sendiri, dan ketika ada seseorang yang datang dalam hidupmu yang positif ini, mereka akan merasa dicintai. Untuk membuktikan kamu sudah mencintai dirimu sendiri, kamu dapat mengeceknya dengan tiga cara ini.

1. Peduli dengan kesehatanmu

Sudahkah kamu memedulikan kesehatan pada tubuhmu? Tubuhmu adalah hal yang menghasilkan bagaimana dirimu di mata orang-orang. Mencintai dirimu berarti kamu harus peduli pada kesehatanmu secara baik. Kamu tidak bisa berkata kamu sudah cukup mencintai dirimu tapi kamu masih sering sakit-sakitan. Mencintai dirimu sendiri cukup dengan mempertahankan tubuh tetap sehat dan bersih. Dengan memerhatikan kesehatan dan kebersihan tubuh tentu orang-orang akan berpikir bahwa kamu adalah orang yang peduli pada diri sendiri.

2. Jadilah dirimu sendiri

Kamu sering membuat orang lain bahagia dengan dirimu tapi kamu sebenarnya yang kamu katakan pada mereka bukanlah kepribadianmu. Kamu melakukan hal tersebut agar kamu diterima oleh lingkunganmu, tapi janganlah seperti itu. Kamu harus menjadi dirimu sendiri sebagai bentuk cinta kamu pada diri sendiri. Kamu tidak perlu menjadi orang lain untuk dicintai orang yang kamu sukai. Katakan seperti apa dirimu sebenarnya dan katakan apa yang kamu inginkan. Ketika orang lain mencintai dirimu yang sebenarnya, berarti kamu sudah berhasil menjadi dirimu sendiri dan bangga.

3. Tidak pernah takut untuk sendirian

Ketika kamu takut sendirian, kamu seringkali menyetujui hal-hal yang seharusnya tidak kamu sukai, atau kamu sering berpura-pura tersenyum agar kamu tidak ditinggalkan oleh temanmu. Karena ketakutan itulah yang membuatmu tidak menjadi dirimu sendiri. Kamu begitu bergantung pada orang sekitarmu.

Bagaimana kamu mau dicintai orang bila kamu sendiri belum bisa mengontrol ketakutanmu tentang kesendirian? Saat kamu sendirian sebenarnya kamu bisa melihat banyak perspektif dalam dirimu dan belajar begitu banyak. Menjalani hidup sendiri akan membuatmu membangun sikap positif dalam dirimu. Ketika sendiri, kamu pun bisa mengintrospeksi dirimu apakah kamu sudah benar melakukan hal tersebut atau masih banyak kesalahan yang kamu perbuat. Kesendirian mengajarkan dirimu untuk mengapresiasi diri sendiri.

Source foto: The Devil Wears Prada/Fox 2000 Pictures

Baca juga: 5 Film yang Dapat Memotivasi Kamu dalam Berkarier

Tiga hal itulah yang seharusnya kamu miliki sebelum kamu mencintai orang lain. Semakin kamu mencintai dirimu sendiri, semakin pantas pula kamu untuk dicintai. Apakah kamu sudah mencintai dirimu sendiri? 

dirisendiri
selflove
mencintaidirisendiri
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!