Lifestyle

Apakah Menghabiskan Banyak Waktu dengan Pasangan Itu Berdampak Buruk Pada Hubungan?

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
Apakah Menghabiskan Banyak Waktu dengan Pasangan Itu Berdampak Buruk Pada Hubungan?

Ketika kamu sedang menjalani hubungan, sangat mudah untukmu selalu menghabiskan waktu dengan pasanganmu, entah itu menghabiskan waktu di tempat mereka sepanjang hari atau selalu pergi berdua setelah pulang kerja. Memang sih hubungan yang sering bertemu itu menyenangkan dan sangat dinanti-nanti dan tidak salah, tapi kamu harus memahami antara menghabiskan waktu bersama dengan menghabiskan semua waktumu bersama dia.

Source foto: film Definitely Maybe/Universal Pictures,StudioCanal,Working Title Films

Sangat penting untuk memahami bahwa setiap pasangan itu berbeda. "Pertama, sangat penting untuk mencatat bahwa sering menghabiskan waktu bersama akan dapat mengubah hubunganmu dari waktu ke waktu dengan pasangan," kata Kali Rogers, CEO dan pemiliki Blush Online Life Coaching.

"Beberapa orang lebih senang menjadi ekstrovert daripada yang lain, beberapa juga cepat berubah, dan beberapa lagi tidak tahu caranya membatasi diri. Jadi, ketika dalam sebuah hubungan, melihat pasangan setiap hari sangat khas dan tidak apa-apa, dan beberapa merasa cepat bosan."

Sangat mungkin buat pasangan yang sering bersama nggak merasa bosan.

Source foto: film Definitely Maybe/Universal Pictures,StudioCanal,Working Title Films

Namun, sangat mungkin untuk pasangan yang sering menghabiskan waktu bersama tidak merasakan hal seperti kebosanan. "Jika dua pasangan memiliki batas-batas yang memadai, tahan dengan kebersamaan, dan saling ketergantungan, sering menghabiskan waktu bersama bukalah sebuah masalah," kata Rogers. "Banyak sekali pasngan yang bekerja bersama, tinggal bersama, dan akhirnya membangun keluarga bersama, dan semena-mena mengatakan bahwa hal tersebut (sering bertemu) adalah tanda hubungan yang tidak sehat adalah salah.

Kamu bisa mengukurnya dengan kualitas pertemuan saat bertemu dengannya.

Source foto: film Definitely Maybe/Universal Pictures,StudioCanal,Working Title Films

Kunci dari menentukan apakah menghabiskan waktu bersama pasangan adalah pertanda hubungan yang buruk adalah dengan mengukur kualitas pertemuan dengan pasangan, apakah pertemuan tersebut dihabiskan hanya untuk berdebat atau bagaimana perasaan mereka jika tidak bersama kita? Jika pasangan merasa tersesat, tidak stabil, atau tertekan ketika jauh dari pasangan, itu adalah tanda ketergantungan pada pasangan."

Cobalah melihat reaksi pasangan saat tidak bersama.

Source foto: film Definitely Maybe/Universal Pictures,StudioCanal,Working Title Films

Jadi, untuk mengetahui apakah sering menghabiskan waktu bersama itu buruk adalah dengan cara menghabiskan waktu dengan tidak bersama. Pada saat itu kamu bisa melihat, apakah pasanganmu clingy atau memang dia adalah seseorang yang mandiri.

Sayangnya, kalau kamu dan pasangan sama-sama ketergantungan, itu bisa menimbulkan masalah yang berbeda. "Alasan waktu itu kadang-kadang berkontribusi menimbulkan toxic pda hubunganmu karena saling ketergantungan," kata dia. "Sering bertemu dengan pasangan membuat seseorang menjadi lebih sering meminta pendapat atau dukungan pada pasangan. Ini akan berbahaya karena kalau kamu saling ketergantungan, bisa jadi kalian ribut ketika sedang berjauhan."

BACA JUGA:  3 Hal Ini Bisa Membuat Hubungan Kamu dengan Pasangan Semakin Mesra

Source foto: film Definitely Maybe/Universal Pictures,StudioCanal,Working Title Films

Jadi, sering menghabiskan waktu dengan pasangan itu belum tentu buruk tapi kalau keseringan juga bisa berdampak buruk. Karena yang berlebihan itu nggak baik, lho Babes!

pasangan
lifestyle
relationship
hubungan
menghabiskanwaktu
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!