Lifestyle

Atur Keuangan Bulananmu dengan Membagi Gaji dalam 7 Hal Ini!

By Fera Nur Aini  |   3 months ago
Atur Keuangan Bulananmu dengan Membagi Gaji dalam 7 Hal Ini!

Baru gajian tapi dompet sudah tipis dan nominal di kartu debit pun sudah sedikit? Kamu nggak sendiri, babes! Ini adalah penyakit semua orang. Bagaimana solusinya? Tentu kamu harus bisa mengatur keuanganmu dengan baik, membuat anggaran rumah tangga yang efektif dan efisien. Dan ini tidak mudah. Daripada memaksakan diri mencoba tips anggaran dari orang lain, lebih baik kita buat rumus sendiri, terutama soal persentasenya. Sementara untuk pembagiannya, gaji wajib kita bagi 7 tiap bulannya.

Biaya Hidup

Good Girls/Netflix

Alokasikan 40% gajimu untuk biaya hidup kamu, mulai dari makan sampai transportasi. Kalau kamu tak punya hutang atau cicilan yang wajib dibayar, biaya hidup ini boleh naik sampai 60% gaji, ya.

Cicilan

Ingat, cicilan hanya boleh 20-30% dari gaji kamu, babes! Kalau cicilan kamu sudah lebih tinggi dari itu, ini artinya keuangan kamu nggak sehat dan hanya tutup tambal lubang untuk pengeluaran lainnya.

Gaya Hidup

Good Girls/Netflix

Ada kalanya kamu pasti ingin ikut eksis hangout bareng teman-teman kamu, atau mencoba resto baru yang lagi hits. Nah sisihkan 10% gaji kamu tiap bulannya untuk gaya hidup sudah cukup ya.

Dana Darurat

10% gaji kamu lainnya harus dialokasikan ke dana darurat. Meski saat ini belum terpakai, tapi dana darurat ini penting banget ada, karena nggak ada yang tahu apa yang terjadi nanti kalau kamu butuh uang tiba-tiba.

Investasi Masa Depan

Good Girls/Netflix

Selain dana darurat kamu wajib punya juga investasi untuk masa depan sebanyak 10% gaji tiap bulannya. Ini boleh dipakai untuk kamu menikah, atau rencana masa depan kamu lainnya.

Sosial

Jangan lupakan tabungan sosial, bisa itu untuk zakat, sedekah atau sekadar ngasih orangtua kamu. Biasakan untuk menyisihkan setidaknya 5% untuk ini ya.

Nabung Pembelian Besar

Ada tas mahal atau jam tangan yang kamu idamkan? Boleh kok dibeli asal tabungan kamu sudah cukup. Untuk memilikinya, kamu bisa nabung dari 5% gaji kamu.

Baca Juga: 5 Cara Terbaik Kalau Kamu Ingin Meminta Kenaikan Gaji!

Kalau sudah dibagi 7 seperti ini, keuanganmu akan terlihat lebih rapi dan jelas keluar-masuknya. Jadi nggak boros lagi. Selamat mencoba babes!

gaji
anggaran
budgeting
Written By
Fera Nur Aini

Ia memilih untuk meninggalkan kehidupan kantor dan menjalani keseharian sebagai penulis lepas. Fera memiliki keahlian menullis tentang karier, asmara, hiburan, pernikahan, juga lifestyle di berbagai media digital. Di waktu senggang kini Ia gunakan untuk menyelesaikan novelnya.

All Comments (0)

Related Article

The Shonet LookbookEmpowerment

Della Dartyan