Lifestyle

Belajar dari Kegagalan Bisnis: Kamu Boleh Menyerah!

By Fera Nur Aini  |   9 months ago
Belajar dari Kegagalan Bisnis: Kamu Boleh Menyerah!

Kamu merasa bahwa ide bisnismu sudah sangat brilian dan layak mencapai kesuksesan? Tapi semua itu ternyata hanya sekedar impian setelah kamu berhadapan dengan kegagalan. Tak bisa dipungkiri, kegagalan memang menyakitkan dan tak mudah melihatnya dari segi yang lebih positif. Namun, orang sehebat kamu belum saatnya berhenti. Saat menghadapi kegagalan paling tidak lakukanlah hal-hal ini.

1. Jangan gagal untuk gagal!


Apa maksudnya? Gagal adalah bagian dari proses hidup yang kita jalani, tak bisa kita hindari tak bisa pula kita tutupi. Entah itu dalam hal bisnis ataupun lainnya. Ketika gagal, sadarlah bahwa kamu gagal, jangan menolak kegagalan itu. Menolak kegagalan bisa membawa kamu ke masalah baru, misalnya bertindak negatif dengan melakukan kecurangan atau semacamnya. Terimalah bahwa kamu gagal dan pahami kegagalanmu. Jika kamu berhasil memaknai kegagalan ini tahapan berikutnya akan lebih mudah dijalani.

2. Syukuri dulu kegagalanmu, baru belajar setelah itu.

Kenapa harus disyukuri jika kegagalan adalah sesuatu yang menyakitkan? Karena rasa syukur akan menghadirkan pikiran positif yang membuat kamu bisa memandang sesuatu dengan lebih baik. Tanpa adanya pikiran positif kamu hanya akan mengeluh dan meratap saat kegagalan menghampirimu. Akhirnya kegagalan itu benar-benar akan menguasaimu dan membuatmu terpuruk. Setelah mampu bersyukur, barulah ambil pelajaran dari kegagalanmu. Buatlah catatan dari hasil analisa yanh kamu lakukan pada bisnismu.

3. Ketahui kapan kamu harus menyerah.

Kamu boleh menyerah, ini yang sering ditolak oleh sebagian pebisnis. Mereka merasa enggan dan gengsi ketika ide mereka dinyatakan gagal dan keadaan memaksa mereka menyerah. Memang benar bahwa setiap kesuksesan berawal dari kegagalan, terutama di dunia bisnis. Tapi ketahuilah bahwa memang ada ide-ide bisnis yang harus kita tanggalkan. Kita hanya akan buang-buang waktu untuk membangunnya. Gunakan hasil analisa dan juga instingmu untuk membuat keputusan kapan kamu harus menyerah.

Baca Juga: Inspiratif, Ini 7 Wanita Sukses Ini Berbagi Cerita Tentang Mengatasi Kegagalan Besar Kariernya

Image: Revenge/ABC Television/Temple Hill Entertainment

Semangat ya Babes, nggak boleh putus asa karena kamu lebih kuat dari kegagalan yang datang!

 

lifestyle
career
bisnis
kegagalan
Written By
Fera Nur Aini

Freelance writer (CP: feranura@gmail.com)

 

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!