Lifestyle

Belum Jodoh, Ini 6 Tanda Bahwa Hubunganmu yang Sekarang Nggak Akan Sampai ke Pernikahan

By Zahra Aminati  |   a month ago
Belum Jodoh, Ini 6 Tanda Bahwa Hubunganmu yang Sekarang Nggak Akan Sampai ke Pernikahan

Ketika kamu berada dalam hubungan yang serius, wajar untuk bertanya akan ke manakah hubunganmu ini, dan bertanya pada diri sendiri apakah pasanganmu adalah "the one" yang bisa berlanjut ke pernikahan. Jawabannya pasti bisa ya, terutama jika kamu benar-benar merasa bahwa kamu berdua adalah tim yang dapat melewati semua tantangan.

Namun, apakah fakta bahwa kamu berada dalam hubungan yang nyaman dan umumnya positif merupakan jaminan bahwa hubunganmu akan menuju ke pernikahan? Jika tidak, apakah ada cara untuk mengetahuinya? Nah, bagi kamu yang ingin tahu, ini 6 tanda bahwa hubunganmu yang sekarang nggak akan sampai membuatmu ke pernikahan.

1. Kamu tidak melihat dirimu sendiri sebagai pasangan dalam segala hal

The Last Song

"Pernikahan bukan hanya hubungan, tetapi kemitraan," kata Celia Schweyer, seorang ahli hubungan di DatingScout.com. Agar hubungan pacaranmu berubah menjadi pernikahan, penting bagi kamu untuk berada di hubungan yang sama pemikiran dan berbagi nilai yang sama, tambahnya. "Jika dalam hubunganmu, kamu suka memiliki pandangan dan nilai yang bertentangan, dan kamu tidak dapat berkompromi, bagaimana jika nanti menikah?"

2. Kamu tidak menyetujui keputusan tentang perubahan dalam kehidupan

The Last Song

Ada satu perbedaan besar antara hubungan yang hebat dan pernikahan, dan intinya sering kali adalah seumur hidup. Ini berarti bahwa, dalam hubungan pernikahan, kedua belah pihak harus berada di halaman yang sama tentang hal-hal besar dalam hidup, kata Schweyer. "Ada banyak keputusan yang perlu kamu selaraskan dengan pasanganmu untuk memiliki kehidupan pernikahan yang harmonis, mungkin tentang anak-anak, iman, tujuan hidup, keuangan, dll," jelasnya. "Gambaran-gambaran ini perlu disejajarkan dan kamu harus membuat kompromi yang sulit ini sebelum dan sesusahnya. Jika prestasi itu tampaknya tidak mungkin bagimu berdua, kamu mungkin harus mengevaluasi kembali hubunganmu,"

3. Pasanganmu tidak memasukkan kamu dalam rencana masa depan mereka

The Last Song

Ketika pasanganmu berbicara tentang masa depan, apakah kamu bagian dari visinya? Atau lebih tentang apa yang mereka rencanakan? Jika yang terakhir, Crystal Rice, pekerja sosial lulusan berlisensi dan konsultan terapi, mengatakan bahwa itu pertanda bahwa hubungan ini tidak mengarah ke pernikahan. "Ini bisa terlihat dari cara mereka mengatakan 'aku' bukannya 'kita', yang akan memberi kamu gambaran," kata Rice. "Jika pasanganmu memikirkan kalian berdua dalam masa depannya, dan terus-menerus membuat rencana tanpa masukkanmu, kamu hanya berada dalam hubungan 'saat ini', bukan hubungan 'pernikahan'."

4. Hubunganmu hanya untuk senang-senang

The Last Song

Bahkan dalam hubungan yang hebat, biasanya ada saatnya di mana kamu berdua perlu melakukan percakapan yang sulit untuk menyelesaikan masalah. "Jika kamu berdua menghindar dari hal-hal dalam hubungan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan seperti memiliki perselisihan yang sehat atau berkompromi untuk permasalahanmu mengenai dinamika keluarga besar, keuangan, dll," Charese L. Josie, seorang pekerja di klinik sosial berlisensi, memperingatkan ini adalah situasi yang tidak dapat dipertahankan selama ini. Jangka panjang yang berarti itu juga hubungan, meskipun hanya untuk bersenang-senang, namun itu tidak akan dibangun untuk bertahan lama.

5. Ada drama keluarga dalam hubunganmu

The Last Song

Seberapa baik kamu dan pasanganmu rukun dengan keluarga masing-masing? Josie memperingatkan dinamika beracu dengan keluarga pasangan bisa menjadi tanda bahwa hubungan ini tidak akan mengarah ke pernikahan. "Jika satu orang mengalami gejolak dengan orang tua, saudara kandung, keluarga besar, dan teman pasangannya, ini biasanya berarti hubungan itu tidak akan bertahan lama karena tidak memiliki support system," jelasnya.

6. Dia nggak mau menikah

The Last Song

Kapan pun pembicaraan pernikahan muncul, apakah pasanganmu menyatakan bahwa mereka tidak pernah ingin menikah? Rice mengatakan kamu harus menganggap ini serius. "Kedengarannya sangat mendasar, tetapi kamu akan terkejut melihat jumlah orang yang berjalan ke kantor saya terkejut dan kesal karena pasangan mereka, yang memulai sejak awal mereka tidak pernah ingin menikah, tidak mengubah pikiran mereka bahkan setelah semua kali ini bersama," dia memperingatkan. "Jika pasanganmu mengatakan pernikahan bukanlah tujuan mereka, jangan diam-dia berfantasi bahwa mungkin kamu akan membuat mereka berubah. Hormati pilihan mereka dan tentukan apakah itu sesuatu yang kamu sukai, dan inilah bagian tersulitnya: Bersungguh-sungguh."

BACA JUGA: 5 Alasan Mengejutkan Mengapa Menjadi Single adalah Hal yang Sangat Baik

Source foto: film The Last Song/Touchstone Pictures, Offspring Entertainment

Itulah 6 tanda bahwa hubunganmu yang sekarang nggak akan mengarah ke pernikahan, jadi nggak bisa dipaksain Babes!

lifestyle
relationship
hubungan
cinta
pernikahan
hubungancinta
belumjodoh
3 Likes
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Article