Lifestyle

Berhenti Membenci Dirimu, Lakukan 5 Cara Ini Agar Kamu Menyayangi Dirimu Yuk!

By Zahra Aminati  |   about 2 years ago
Berhenti Membenci Dirimu, Lakukan 5 Cara Ini Agar Kamu Menyayangi Dirimu Yuk!

Dunia yang kita tinggal ini penuh dengan kebencian dan kamu terkadang ikutan membenci dirimu. Ada beberapa hal yang membuat dirimu merasa bahwa kamu kurang banyak hal. Hal tersebutlah yang membuat dirimu menjadi benci dirimu sendiri dan malah menyebabkan dirimu dalam hal-hal yang bersifat negatif. Kamu pun sebal karena dirimu menimbulkan banyak masalah.

Tapi harusnya kamu itu menyayangi dirimu. Bukan membencinya. Kesalahanmu itu terjadi karena kamu yang kurang mengerti siapa dirimu. Oleh karena itu, berhentilah membenci dirimu dan mulailah mencintai dirimu dengan 5 cara di bawah ini!

1. Kamu harus mengetahui bagian dirimu yang tidak kamu sukai

The Help

Kamu pasti membenci sesuatu dan ada alasannya. Jika kamu berpikiran kamu sudah begitu sempurna, kamu tentu tidak akan merasakan emosi negatif ini. Cari tahulah apa bagian dalam dirimu yang tidak kamu sukai. Apakah kamu membenci bentuk tubuhmu? Apakah kamu berada di tempat kerja yang tidak kamu inginkan? Banyak orang yang memanfaatkan dirimu? Pasti ada sesuatu, jadi pertama cari tahu apa yang memicu kamu membenci dirimu.

2. Kamu harus tahu kamu bisa mengubah kekurangan itu

The Help

Semua orang itu pasti punya kekurangan. Kamu juga bisa mengubah kekurangan itu. Ya, mungkin dalam bentuk fisik tidak berubah, tapi secara mental, kamu sudah mengurangi pemikiran yang negatif itu. Ini berarti kamu harus menerima kekuranganmu dan menyayangi itu. Dengan kekuranganmu itu, kamu harus membuat sesuatu yang unik dan positif.

3. Stop berpikir berlebihan

The Help

Kamu begitu memikirkan sesuatu yang membuatmu membenci dirimu. Misal, kamu sedang diet dan kamu memakan tiga buah donat. Tapi kamu terlalu kepikiran karena donat akan membuatmu bertambah berat badan. Ya, itu sudah terjadi dan yang harus kamu lakukan adalah membiarkan itu. Lihatlah, ketika kamu membenci dirimu, kamu pasti secara tidak sadar berpikir sesuatu yang negatif yang sudah kamu perbuat. Kalau sudah terjadi, ya sudahlah. Jangan terlalu dipikirkan. Semua orang pernah membuat kesalahan dan untuk menyayangi dirimu, kamu harus menerima segala kekurangan dan mulai memperbaikinya bila perlu.

4. Kamu harus tahu semua orang punya sisi membenci dirinya sendiri

The Help

Tidak ada seorang pun di dunia ini tidak membenci diri mereka sendiri. Jadi, yang harus kamu lakukan adalah melakukan sesuatu lebih dari apa yang orang-orang harapkan pada kamu. Hapuslah pemikiran bahwa kamu harus melakukan hal tertentu dengan sesuai standar orang-orang. Pada akhirnya, siapa yang peduli padamu? Lakukan sesuatu karena kamu ingin bukan karena kamu disuruh.

5. Memaafkan

The Help

Ini berarti kamu harus memaafkan dirimu sendiri dan orang-orang di sekitarmu. Kamu harus benar-benar berusahan untuk memaafkan diri sendiri dan orang lain. Memang sih kalau diucapkan lebih mudah daripada dilakukan karena mungkin kamu sedikit merasa kesal dengan dirimu sendiri dan dengan orang lain yang membuatmu kesal. Tapi, sekali lagi, semua orang pernah salah dan kamu hanya perlu menerima kesalahan tersebut dan memaafkannya. Jadilah orang yang berjiwa ksatria.

Baca Juga: 5 Cara Simpel yang Bisa Bikin Kamu Semakin Menikmati Usia 20-an

Source foto: film The Help/DreamWorks, Reliance Entertainment, Participant Media

Membenci diri sendiri memang sering kita lakukan, tapi bila kita selalu membenci diri sendiri siapa yang akan mencintai dirimu?

lifestyle
dirisendiri
menyayangidirisendiri
cintadirisediri
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!