Lifestyle

Berkarir, Berkeluarga, Berpendidikan, yang Mana Harus di Dahulukan?

By THE SHONET Empowerment  |   about 2 years ago
Berkarir, Berkeluarga, Berpendidikan, yang Mana Harus di Dahulukan?

By Nabila Shafira

Untuk sebagian besar perempuan, terkadang pasti masih suka bingung saat memilih tujuan hidup, prioritas mana yang harus kamu dahulukan? Berkarir, berpendidikan atau berkeluarga? Alanda Kariza seorang penulis novel berjudul Sophismata dan Dreamcatcher ini bisa menjalani ketiganya dalam bersamaan. Hmm bagaimana ya ia melakukannya?

Memiliki prestasi, pengalaman, dan karya luar biasa di usia remaja, membuat Alanda mantap menjalani kehidupan dewasa yang penuh tuntutan. Setelah Ia lulus S1 dan berkarir, Ia tidak segan untuk menikah diumur 24 tahun. Namun menikah sama sekali tidak mematahkan mimpi dan ambisi Alanda untuk belajar dan berkarya. Setelah ia menikah, Ia tetap bisa melakukan hal yang ia sangat sukai yaitu menulis. Selain itu, Ia mendapat sebuah beasiswa S2  bergengsi yaitu beasiswa Chevening yang diberikan oleh pemerintah Inggris. 

Instagram Alanda Kariza

Beruntung, suami Alanda pun mendapatkan pekerjaan di London sehingga mereka tidak perlu LDR dan justru mendapat kesempatan tinggal di luar negri pada tahun-tahun awal pernikahan.  Bukan hal mudah pastinya bagi Alanda untuk menempuh pendidikan di negeri orang dan juga mengurus rumah tangga. Alanda mengaku hal ini sudah didiskusikan oleh sang suami sehingga suaminya pun ikut mendukung dan mengerti jika Alanda lebih sering belajar dan mengerjakan tugas-tugas kuliah, walaupun Alanda sering timbul rasa bersalah saat ia sedang belajar dan melihat suami ikut membantu pekerjaan rumah. 

Alanda merasa time management adalah kunci untuk menjalani multiple role dalam kehidupannya sebagai seorang Istri, mahasiswa dan penulis. Ia sangat berhati-hati untuk menentukan prioritas pekerjaan apa dan kapan harus dikerjakan. Misalnya saat suami pergi bekerja di weekdays, ia melakukan semua hal terkait dirinya seperti menulis, belajar, mengerjakan tugas-tugas hingga selesai, sehingga di weekend ia bisa menghabiskan waktunya bersama dengan suami, dan berjalan-jalan santai keliling kota. Wah serunya!

Instagram Alanda Kariza

Kini Alanda sudah lulus dari pendidikan S2nya dan kembali ke Indonesia bersama suami serta sedang mengandung buah hati. Ia juga baru saja menerbitkan buku poetry berjudul Metropolis Melancholy yang sudah duduk di rak bestseller.

Kamu tidak perlu khawatir lagi untuk menentukan apa yang harus kamu lakukan dahulu, menikah? Berkarir? Berpendidikan? Alanda bisa mengerjakannya secara bersamaan, kamu juga pasti bisa. Atur waktu mu dengan baik, bicarakan dengan pasangan mu mengenai mimpi-mipimu dan jangan pernah putus asa. 

wanita
karir
keluarga
empowerment
pendidikan
Written By
THE SHONET Empowerment

Your voice matters! Inspirasi seputar isu terkini dari politik hingga sosial dari sudut pandang perempuan.

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!