Lifestyle

Biar Nggak Bosan, Ini 5 Tips Membuat Percakapanmu dengan Pasangan Serasa Baru Lagi

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
Biar Nggak Bosan, Ini 5 Tips Membuat Percakapanmu dengan Pasangan Serasa Baru Lagi

Ketika kamu dan pasangan sudah menikah pasti kamu mengalami masa-masa bosan. Karena kamu dan dia juga sudah berada di atap yang sama, jadi tidak ada rindu yang menemani.

Namun, rasa bosan pasti akan tetap menemani entah itu datang sekarang atau dari waktu dekat. Untuk membantumu membangun percakapan yang hidup dengan pasanganmu, akan ada ahli yang akan memberikan tips mengenai ini. Yuk, cek 5 tips di bawah ini!

1. Ubahlah kebiasaan

Critical Eleven

Berangkat dan pulang kerja setiap hari sudah menjadi kegiatan yang alami dan dari sana kamu pasti akan membicarakan hal yang sama dengan pasanganmu hari demi hari. Untuk mengatasi hal tersebut, Dr. Adam C. Earnheardt, ketua departemen komunikasi di Youngstown State University menunjukkan bahwa pasangan yang menambahkan variasi dalam rutinitas mereka setelah kerja akan membuat percakapan mereka menjadi bervariasi juga. Cobalah duduk di tempat baru dan ajak pasanganmu ke sana atau ajak mereka menikmati segelas teh atau kopi setelah mereka melalui hari yang berat.

2. Gunakan pertanyaan terbuka

Critical Eleven

Hindari percakapan yang berakhir dengan jawaban “ya” atau “tidak” untuk menjaga agar percakapanmu mengalir. Conselor Heidi McBain merekomendasikan beberapa pertanyaan terbuka seperti, “Apa yang kamu lakukan di tempat kerja hari ini? Kamu makan siang di mana? Bagaimana meeting-mu dengan klien? dll”.

3. Berikan kabar baik dan kabar buruk

Critical Eleven

Berikan gambaran tentangmu pada hari itu dengan nilai tinggi dan rendah, kemudian suruh pasanganmu melakukan hal yang sama. Conselor pasangan dan direktur Pusat Terapi Baltimor, Raffi Bilek, mencatat bahwa mengemas percakapanmu dengan cara seperti ini akan membuat percakapanmu lebih menarik daripada menjelaskan dari awal sampai akhir bagaimana harimu.

4. Taruh ponselmu ketika sedang berbicara bersama pasangan

Critical Eleven

Ini yang harus kamu pedulikan ketika kamu ingin benar-benar terhubung dengan orang penting dalam hidupmu yang sedang menceritakan kisah harinya itu. Terapis keluarga dan pernikahan yang telah berlisensi, Melissa Dumaz menekankan pentingnya menjauhkan ponsel ketika sedang berbicara dengan pasangan. Ada cukup banyak gangguan potensial saat bermain ponsel saat sedang berbicara dengan seseorang. Selain tidak fokus mendengarkan, kamu juga nanti dianggap tidak memperhatikan pasanganmu yang sedang bercerita.

5. Tunjukkan bawah kamu mendengarkan

Critical Eleven

Tanyakan tentang pertemuan khusus yang dihadiri pasanganmu atau proyek tertentu yang sedang mereka kerjakan. Pasanganmu tentu akan merasa penting karena kamu sudah mau mendengarkan dan memperhatikan cerita mereka. “Pertanyaan khusus seperti ini cenderung mengarah ke percakapan yang lebih baik sehingga pasanganmu merasa dihormati,” kata penulis dan pelatih komunikasi Alexandra Franzen.

Baca Juga: Semakin Disayang Suami dengan Menggunakan 10 Dress Cantik Ini!

Source foto: film Critical Eleven/Kharisma Starvision Plus PT,Legacy Pictures

Lima tips itulah akan tetap membuat hubunganmu menjadi segar seperti saat masih pacaran! Yuk, dicoba biar tidak bosan dengan pasangan sehidup sematimu!

pasangan
lifestyle
relationship
percakapan
percakapanpasangan
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!