Lifestyle

Biar Nggak Keteteran, Ini 5 Cara Mudah untuk Menyelesaikan Pekerjaan dalam Seminggu

By Zahra Aminati  |   about 2 years ago
Biar Nggak Keteteran, Ini 5 Cara Mudah untuk Menyelesaikan Pekerjaan dalam Seminggu

Siapa sih yang nggak mau menyelesaikan sesuatu dengan mudah dalam seminggu? Kadang, kamu nggak menyelesaikan semuanya dan malah membuat akhir pekanmu sibuk dengan pekerjaan yang tidak kelar di hari kerja. Wah, kalau kayak gitu kamu kapan istirahatnya dong?

Nah, kalau kayak gitu, kamu harus melakukan sesuatu nih untuk memudahkan kamu menyelesaikan semua pekerjaanmu. Tenang, di bawah ini ada 5 cara mudah untuk menyelesaikan pekerjaan dalam seminggu!

1. Atur waktumu lebih baik

Legally Blonde

Harus dilakukan: hari Senin

Untuk memudahkan kamu melakukan pekerjaan, yang harus kamu lakukan perama kali adalah merencanakannya. Kamu harus duduk dan mengatur semuanya dengan baik. Tuliskan apa yang harus kamu lakukan minggu ini. Lihatlah ke kalender dan rencanakan tugasmu. Bagaimana pun juga sepintar apa pun kamu dapat bekerja multitasking, tentu kamu tidak akan bisa melakukan semuanya dalam seharian penuh. Kamu harus memprioritaskan yang paling penting dan lakukan yang prioritaas paling utama. Dengan begini, kamu tentu akan memiliki sisa waktu untuk bersantai.

2. Gunakan otak sebelah kananmu

Legally Blonde

Harus dilakukan: hari Selasa

Otak sebelah kananmu akan membantumu mengeluarkan kreativitasmu. Jadi, jika kamu menginginkan dirimu yang lebih kreatif,  kamu harus tahu ada trik yang bisa kamu lakukan. Caranya, pindahkan pulpen ke tangan kananmu (ikuti meskipun kamu biasa menggunakan tangan kiri) dan tulis “Apa kabarmu?”. Nah, coba jawab pertanyaan tersebut dengan menggunakan tangan kirimu dan lanjutkan percakapan tersebut. Sisi kanan, yang mengatur tangan kirimu akan mengatakan sesuatu yang tidak kamu ketahui. Cara ini dapat menilai kebutuhan mental dan fisikmu, bahkan akan menawarkanmu solusi. Nah, sekarang otak bagian kananmu sudah hidup, kamu bisa melakukan hal-hal kreatif yang sudah kamu taruh di to-do list.

3. Gunakan otak sebelah kirimu

Legally Blonde

Harus dilakukan: hari Rabu

Otak sebelah kirimu sangat cocok digunakan untuk pemikiran logika dan biasanya untuk membicarakan hal seperti matematika dan ilmu pengetahuan. Jadi, kita kamu ingin mengatur keuanganmu, lakukanlah hati ini! Sebelumnya, gunakan otak kirimu untuk bermain puzzle, scramble, dan soal matematika. Jika kamu tidak melatihnya, maka nanti otakmu akan lelah, jadi lakukan itu untuk pemanasan. Nah, ketika kedua sisi otakmu sudah bekerja minggu ini, menurut penelitian, kamu sudah memberikan olahraga untuk otakmu dan kamu dapat bekerja lebih baik dan berpikir lebih efisien! Wow!

4. Lacak peningkatanmu

Legally Blonde

Harus dilakukan: hari Kamis

Hari ini kamu akan memamerkan hasil peningkatanmu dan dan rencanamu pada meeting, ingat ini adalah cara terbaik untuk berkomunikasi. Hari Kamis adalah hari terbaik untuk melacak sejauh mana kamu sudah melakukan semua kegiatanmu dari hari Senin dan bagaimana kamu akan menghabiskan akhir pekan. Kamu akan melihat apa yang seharusnya diprioritaskan dan apa yang harus kamu tingkatkan. Catat semua progresmu dalam buku jurnalmu agar kamu mengetahui apa yang selanjutnya kamu lakukan.

5. Planning

Legally Blonde

Harus dilakukan: hari Jumat

Sudah disebutkan bahwa kamu harus merencanakan sesuatu. Dan hari Jumat adalah hari terbaik untuk melakukannya, terutama jika kamu ingin menghabiskan waktu bersantai pada akhir pekan. Pada hari ini, kamu akan melihat apa saja yang sudah kamu lakukan dan sudah kamu capai, karena semuanya masih hangat di pikiranmu, segera tuliskan rencana apa saja yang akan kamu lakukan di minggu berikutnya.

Baca JUga: 3 Tanda Karier yang Tak Sesuai Harapan Justru Jadi Awal Kesuksesan

Source foto: film Legally Blonde/Metro-Goldwyn-Mayer (MGM), Marc Platt Productions

Tuh, mudah bukan untuk melakukan lima hal tersebut setiap harinya? Dengan melakukan ini, kamu akan dengan mudah menyelesaikan semua pekerjaanmu selama seminggu.

lifestyle
karier
pekerjaan
caramudah
pekerjaanseminggu
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!