Lifestyle

Biar Percaya Diri, Ini 6 Cara Mudah untuk Meningkatkan Keyakinan Diri di Tempat Kerja

Biar Percaya Diri, Ini 6 Cara Mudah untuk Meningkatkan Keyakinan Diri di Tempat Kerja

Kamu sering menganggap dirimu tidak percaya diri di tempat kerja? Kalau iya, kamu harus mulai meningkatkan keyakinanmu di tempat kerja. Ketika kehidupan profesinonalmu melibatkan tugas dan cobaan yang menegangkan seperti meminta kenaikan gaji pada bosmu, membagikan ide-idemu dalam rapat, atau membicarakan konflik dalam kantor yang harus diselesaikan, tentunya kamu harus memiliki kepercayaan dan keyakinan diri yang kuat. Untuk membangun reputasi positif dan membangun karier yang berkembang untuk dirimu sendiri, keyakinan diri itu sangat perlu.

Agar kamu lebih percaya diri, ini 6 cara mudah untuk meningkatkan keyakinan diri di tempat kerja.

1. Kenali (dan hilangkan) self-talk negatifmu

Morning Glory

Semua orang pasti memiliki suara kecil yang jahat, dan kamu pasti sadar itu. Dia muncul pada waktu yang tidak tepat untuk membisikkan pernyataan sinis padamu untuk tidak melakukan apa pun selain membuat dirimu merasa benar-benar tidak berharga. Itu terjadi pada kita semua, tidak sering tapi kadang-kadang, dan sebenarnya hati nurani kita memberi tahu kita bahwa hal tersebut tidak cocok. Namun, terkadang self-talk negatif itu juga tidak baik bila muncul terlalu sering, seperti mengatakan bahwa kamu tidak mampu untuk mengerjakannya. Untuk menghilangkan itu, kamu harus yakin dengan apa yang kamu pilih dan kerjakan.

2. Terima kritik yang membangun

Morning Glory

Berbicara tentang menjadi konstruktif, kita semua tahu bahwa umpan balik bisa sulit didengar dan ditanggapi. Ini adalah pengingat brutal bahwa kamu tidak sempurna (tidak ada bahkan orang yang sempurna) dan gagasan itu itu dapat dengan cepat merusak kepercayaan diri yang berhasil kamu kumpulkan. Mengubah caramu berpikir tentang kritik yang membangun tidak hanya akan membantumu terus meningkat, tetapi itu juga akan mencegah input dan menghancurkan persepsimu tentang diri sendiri. Jika seseorang bersedia untuk menarik banyak perhatian terhadap apa yang kamu lakukan, itu berarti kamu adalah orang yang berharga bagi mereka. Itu adalah dorongan kepercayan diri yang bagus bagimu.

3. Rayakan kemenanganmu

Morning Glory

Seperti apa rata-rata kerjamu? Apakah kamu menjalankan daftar tugas sambil mengecek semua kerjaanmu yang lain? Tetapi, apakah kamu pernah meluangkan waktu untuk merayakan hal-hal yang sudah kamu lakukan atau capai? Apakah kamu terlalu khawatir dengan apa yang kamu harus lakukan selanjutnya? Merayakan diri kita sendiri terasa aneh, tetapi menyediakan waktu sedikit untuk merayakan pencapaianmu berfungsi sebagai pengingat yang kuat bahwa kamu benar-benar mencapai beberapa hal luar biasa dalam peranmu, bahkan jika masih ada banyak tugas yang tersisa di daftar kerjamu.

4. Bangun hubungan baik dengan atasanmu

Morning Glory

Kamu harus bisa membangun hubungan baik dengan bosmu. Membangun hubungan yang baik dengan bosmu akan memberimu jaminan tambahan bahwa kamu memiliki penasihat yang berharga. Kamu memiliki seseorang yang menyadari apa yang sedang kamu kerjakan, berinvestasi dalam pertumbuhanmu, dan bersedia untuk memperjuangkanmu ketika diperlukan. Ketika tiba saatnya kamu mengambil pekerjaan di luar zona nyamanmu atau menangani konflik yang sulit, pada akhirnya tidak ada yang meningkatkan kepercayaan dirimu selain mengetahui bahwa atasanmu telah mendukungmu.

5. Kembali ke sesuatu yang kamu tahu kamu kuasai

Morning Glory

Saat kamu merasa sangat rendah dan kalah, cobalah ingat kekuatan apa yang kamu miliki. Apa yang kamu lakukan untuk sampai di saat ini. Meskipun kamu tidak ingin seluruh kariermu semilir dan penuh pekerjaan yang dapat kamu lakukan dengan mata tertutup, kadang-kadang kembali ke tugas-tugas itu adalah batu ujian yang baik untuk mengingatkanmu bahwa kamu benar-benar memiliki keterampilan dan pengetahuan yang berharga, bukan segalanya baru dan menakutkan bagimu.

6. Bicaralah tentang keraguan dan kekhawatiranmu

Morning Glory

Secara pribadi, ketika kamu merasa tidak enak tentang dirimu dan kemampuanmu sendiri, kamu pasti cenderung ingin menjaga dirimu sendiri. Kamu tidak berani membagikan ceritamu pada siapa pun. Namun, ternyata berbicara tentang bagaimana perasaanmu dan berbagi keraguan yang saat ini kamu alami akan membantumu. Tidak hanya membantu mengeluarkan pikiran-pikiran beracun itu dari otakmu, tetapi juga berarti bahwa orang-orang yang kamu bagikan ceritamu akan menjadi penyemangatmu. Berbagi tentang keraguan dan kekhawatiranmu bukan berarti kamu membebani orang lain untuk kepentinganmu. Namun, bersikap terbuka tentang keraguanmu dapat membantumu mundur dan mendapatkan perspektif lain yang dibutuhkan.

BACA JUGA: Tetap Produktif Saat Kerja Dari Rumah dengan 7 Cara Ini!

Source foto: film Morning Glory/Bad Robot, Goldcrest Pictures

Nah, itulah 6 cara mudah untuk meningkatkan keyakinan dirimu di tempat kerja, inilah saatnya tunjukkan dirimu!

THE SHONET Empowerment
THE SHONET Empowerment

THE SHONET JULY 2019 - SELF LOVE

The Shonet Rilis Edisi July The Shonet Monthly Issue! Simak Preview-nya!