Lifestyle

Bingung Saat Mau Minta Maaf? Nggak Usah Gengsi dan Lakukan 5 Hal Ini!

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
Bingung Saat Mau Minta Maaf? Nggak Usah Gengsi dan Lakukan 5 Hal Ini!

Saat kita berbuat salah, terkadang kita gengsi dan bingung saat mau meminta maaf dan mempertanggung jawabkan kesalahan kita. Gimana ya caranya agar bisa minta maaf dengan cara yang tepat?

Nick Hobson, direktur sains untuk Psychology Compass dan ilmuwan perilaku yang meneliti fungsi emosional mengatakan ada 5 komponen yang membuat minta maaf menjadi lebih efektif. Apa saja? 

1. Lakukan secara langsung

Pitch Perfect 3

Semakin berkembangnya teknologi, meminta maaf pun sering kali dilakukan lewat aplikasi pesan. Untuk alasan ini, Hobson merekomendasikan untuk meminta maaf pada seseorang secara langsung daripada lewat email, sms, bahkan telepon. “Ketulusan seseorang dalam meminta maaf akan terlihat jelas bila bertemu langsung, “ katanya. “Kadang kalau lewat sms atau email terdapat kata-kata yang suka salah dibaca dan malah akan membuat pertengkaran menjadi lebih buruk. Permintaan maaf secara langsung mungkin akan terasa mengintimidasi, tapi akhirnya permintaan maafmu diterima.

2. Benar-benar bermaksud

Pitch Perfect 3

Tentu saja, setiap permintaan maaf harus dibuktikan dalam kata-kata dan tindakan. Permintaan maaf palsu sangatlah terlihat. Hobson mengatakan, permintaan maaf terlihat palsu dari bahasa tubuh, intonasi suara, dll. Kamu harus mengingat hal ini: sebanyak apa pun meminta maaf tapi tidak sungguh-sungguh akan berdampak pada setiap hubunganmu dan menghilangkan kepercayaan orang-orang padamu.

3. Bertanggung jawab

Pitch Perfect 3

Kebanyakan orang ketika meminta maaf seperti tidak menyesal. “Permintaan maaf harusnya juga mencakup tanggung jawab dan penyesalan pribadi,” jelas Hobson, “Banyak orang yang meminta maaf malah bertanya di mana salah mereka.” Hal ini akan membuatmu terlihat seperti orang yang tidak tulus meminta maaf dan akan menyakiti orang yang sudah kamu sakiti sebelumnya.

4. Perhatikan konteksnya

Pitch Perfect 3

Ini adalah bagian permintaan maaf ketika kamu harus menjelaskan pemahamanmu tentang kesalahan apa yang telah kamu perbuat. Namun, kadang langkah ini akan meninggalkan kesalahan besar. Hal ini akan terdengar seperti kamu mencoba untuk membenarkan dan memaafkan perilakumu itu. Perhatikan konteksnya, kamu meminta maaf karena telah melakukan kesalahan, bukan karena kamu ingin terlihat benar. “Setelah menjelaskan apa yang terjadi, orang yang meminta maaf harus memperhatikan kata-kata bahwa mereka benar-benar salah, egois, jahat, dll” kata Hobson.

5. Bersiaplah untuk setiap keputusan

Pitch Perfect 3

Tidak semua permintaan maaf itu langsung diterima. Semua orang diminta maaf akan berpikiran apakah mereka tulus atau tidak. “Seseorang yang merasa dirugikan oleh orang yang berbuat salah akan melihat ketulusan yang mereka lakukan, agar hal tersebut tidak dilakukan lagi,” tegas Hobson. “Taktik utamanya, mintalah maaf dan setelah minta maaf kamu harus memperlakukan orang yang telah kamu mintai maafnya dengan baik.” Biarkan mereka merasa bahwa dirinya dihargai dan diperhatikan oelhmu setelah kamu melakukan kesalahan yang membuat kepercayaannya menurut terhadapmu. Cara ini juga untuk membangun hubunganmu dengannya.

Baca Juga: Jangan Ucapkan Kata - kata Ini Saat Kamu Sedang Bertengkar dengan Si Dia!

Source foto: film Pitch Perfect 3/Brownstone Entertainment (II),Gold Circle Films,Perfect World Pictures

Untuk yang mau minta maaf, perhatikan 5 hal di atas ya agar permintaan maafmu lebih efektif dan mudah-mudahan diterima. 

lifestyle
relationship
hidup
maaf
permintaanmaaf
maafefektif
mintamaaf
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!