Lifestyle

Bosan dengan Kerjaanmu Sekarang? Ada 6 Tips untuk Menemukan Pekerjaan Baru!

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
Bosan dengan Kerjaanmu Sekarang? Ada 6 Tips untuk Menemukan Pekerjaan Baru!

Meskipun kamu memiliki kualifikasi yang tinggi, mencari kerja itu bukanlah hal mudah, kan? Kamu memerlukan CV yang bagus, dan rekomendasi yang baik untuk membuat perusahaan mau menerimamu, atau mengundangmu wawancara! Semakin sulit ketika harus bekerja sambil mencari pekerjaan baru. Karena kamu harus membagi waktumu untuk bekerja dan juga untuk mencari pekerjaan baru yang kamu inginkan. Namun, jangan sedih. Ada tips yang bisa kamu ikuti untuk mencari pekerjaan baru walaupun sambil bekerja. Check these below!

1. Cari tahu apa yang kamu cari

The Best Moment to Quit Your Job

Sangat mudah mengerti bahwa kamu mencari pekerjaan baru karena kamu memang ingin meninggalkan pekerjaan sekarang, tapi sangat sulit menemukan apa sih yang sebenarnya kamu cari di posisi barumu itu? “Sangat penting bagimu untuk mengetahui kenapa kamu meninggalkan posisimu yang sekarang,” kata Blair Decembrele, seorang career expert di LinkedIn. “Kamu mencari kesempatan berkembang lebih, untuk mencari lingkungan baru, atau mau menciptakan lapangan kerja baru?” tambah Decembrele. Ingat pertanyaan di atas untuk membuatmu fokus dalam pecarianmu.

2. Perbaharui profil LinkedIn-mu

The Best Moment to Quit Your Job

Sesibuk apa pun kamu bekerja, tapi sempatkanlah untuk memperbarui profil LinkedInmu. Ini akan memudahkan perekrut kerja mendapatkan informasi mengenai dirimu. Desembrele menyarankan untuk menambahkan sebuah gambar untuk menunjukkan kemampuanmu (jika kamu memang melamar di bidang Desain Grafis) dan juga tambahkan kegiatan yang kamu lakukan di luar kantor seperi menjadi sukarelawan atau mengerjakan proyek bersama temanmu. Ganti juga foto profilmu dengan sudut pandang yang menarik. Dijamin pasti banyak yang akan lihat akun LinkedIn-mu.

3. Manfaatkan network-mu

The Best Moment to Quit Your Job

Hampir tiga perempat para pekerja profesional dipekerjakan di sebuah perusahaan karena mereka memiliki koneksi di sana, menurut Decembrele. Jadi, jangan abaikan network yang telah kamu bangun selama ini. Bertemanlah dengan orang-orang yang memiliki koneksi yang hebat, dan di sana kamu bisa mencari peluang dari mereka. Melamar kerja di perusahaan yang terdapat orang dalamnya, pasti akan membuatmu lebih mudah diterima karena mereka pasti bisa merekomendasikanmu.

4. Jangkaulah para perekrut kerja

The Best Moment to Quit Your Job

Perekrut kerja itu banyak tapi kamu harus fokus mencari bidang yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Tanyakan pada rekan yang kamu percaya jika mereka punya rekomendasi pekerjaan yang baik, atau aktifkan LinkedIn's Open Candidates untuk memberitahukan bahwa kamu siap untuk direkrut. Fitur ini memberikan sinyal pada pada perusahaan yang ingin kamu daftarkan, tapi tidak terlihat dari perusahaan yang saat ini sedang kamu tempati.

5. Terapkan kebiasaan mencari kerja

The Best Moment to Quit Your Job

Bila kamu sedang ingin mencari pekerjaan, kamu harus menyiapkan waktu untuk membuka portal job yang akan kamu daftarkan. Decembrele merekomendasikan kamu harus memberikan waktu untuk fokus mencari pekerjaan barumu. Mulailah dengan 20 menit dalam sehari untuk mencari pekerjaan di portal job. Kemudian manfaatkan waktu senggangmu untuk mencari pekerjaan barumu. Jika kamu menerapkan hal ini, kamu pasti akan cepat dapat kerja yang baru.

6. Tetap profesional di kantormu yang sekarang

The Best Moment to Quit Your Job

“Tidak peduli di mana kamu mencari kerja, sangat penting bagimu untuk berlaku profesional di tempat kerjamu sekarang,” kata Decembrele. “Orang-orang di kantormu saat ini dapat membantumu memberikan rekomendasi jika dibutuhkan di tempat baru yang kamu lamar.” Makanya sangat penting berlaku profesional di tempatmu sekarang karena dapat menjadi poin plus untukmu di perusahaan yang baru.

Baca Juga: Hubungan Kamu dan Atasan Kamu Mulai Tidak Sehat? Kenali Tanda-Tandanya!

Source foto: drama Korea The Best Moment to Quit Your Job/Life Times Asia

Nah, apakah kamu sedang mencari kerja walaupun sekarang lagi bekerja? Yuk, ikuti cara di atas! Semoga kamu cepat dapat pekerjaan di tempat baru, ya!

lifestyle
kerja
karier
carikerja
pekerjaanbaru
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!