Lifestyle

Cari Tahu, Ini 5 Alasan Mengapa Perekrut Nggak Menghubungimu Lagi Setelah Wawancara!

Cari Tahu, Ini 5 Alasan Mengapa Perekrut Nggak Menghubungimu Lagi Setelah Wawancara!

Ketika kamu tidak menerima balasan dari perekrut setelah mengirimkan CV dan surat lamaran, itu sudah menjadi hal yang biasa aja, Babes! Tetapi ketika kita sudah datang wawancara tapi tidak dihubungi lagi setelah wawancara, mungkin ada yang salah.

Menunggu respons hasil wawancara itu membuat stres dan mudah untuk membiarkan pikiranmu menjadi liar ketika memikirkan alasan-alasan yang belum dihubungi pewawancara. Di bawah ini ada 5 alasan mengapa pewawancara tidak menghubungimu lagi!

1. Kontak yang kamu berikan salah atau hilang

Up in the Air

Ketika kamu membuat surat pengantar, tentu kamu harus menyertakan informasi kontakmu, meskipun kamu sudah memasukkannya ke dalam resumemu. Persiapkan kemungkinan juga untuk menuliskan informasi kontak yang jelas agar mereka bisa menghubungimu. Pastikan juga untuk memeriksa tiga kali email dan nomor telepon yang kamu berikan, ada beberapa hal yang lebih ceroboh daripada memberikan informasi kontak yang salah.

2. Kamu nggak mem-follow up

Up in the Air

Jangan berharap pewawancara mengambil langkah pertama setelah kamu mewawancarai. Follow up setelah wawancara kerja bukanlah hal opsional, itu wajib jika kamu menginginkan posisi itu. Memulai komunikasi setelah wawancaramu, bahkan jika itu hanya email untuk mengucapkan terima kasih dan kamu antusias dengan kesempatan itu, memisahkanmu dari kandidat lain yang tidak memikirkan tindak lanjutnya.

3. Gaji yang mereka tawarkan tidak sesuai dengan gaji yang kamu inginkan

Up in the Air

Alasan para perekrut tidak menghubungimu lagi setelah wawancara adalah ketika kamu menyebutkan gaji yang tinggi tapi tidak sesuai dengan kemampuanmu sehingga membuat mereka berpikir mereka bisa mendapatkan karyawan lain yang tentunya dengan gaji yang lebih sesuai dengan kemampuan perusahaan tersebut. Jadi, kamu harus mempertimbangkan dengan benar ya gaji yang kamu harapkan dengan kemampuan yang kamu miliki.

4. Lamaran tersebut sudah terisi

Up in the Air

Nggak ada yang lebih menyesakkan ketika posisi yang kamu inginkan ternyata sudah terisi orang tersebut. Hal itu membuat para perekrut tidak akan menghubungimu lagi karena untuk apa karena posisinya sudah terisi juga dengan orang lain. Jadi jangan terlalu banyak berharap, ya!

5. Posisi yang kamu lamar sudah tidak tersedia

Up in the Air

Kita nggak akan tahu apa yang terjadi dalam perusahaan tersebut. Mungkin saja perusahaan tersebut telah menata ulang departemen mereka dan menghilangkan posisi yang kemarin kamu lamar. Perubahan semacam ini menyebabkan para perekrut teralihkan perhatiannya dan mereka tidak akan mengumumkan padamu tentang hasil wawancaramu.

BACA JUGA: Bersiap untuk Nego Gaji? Jangan Ucapkan 3 Hal Ini!

Source foto: film Up in the Air/Paramount Pictures, Cold Spring Pictures, DreamWorks

Begitulah kira-kira mengapa para perekrut tidak menghubungimu lagi setelah proses wawancara kerja, jangan baper dulu ya!

Zahra Aminati
Zahra Aminati

THE SHONET JULY 2019 - SELF LOVE

The Shonet Rilis Edisi July The Shonet Monthly Issue! Simak Preview-nya!