Lifestyle

Cegah Kanker dengan 4 Pola Makan yang Mudah Ditiru Ini, Yuk!

By THE SHONET Tasty  |   about 2 months ago
Cegah Kanker dengan 4 Pola Makan yang Mudah Ditiru Ini, Yuk!
Hinsta Performance

Hanya dengan mendengar kata "kanker", pasti banyak hal mengerikan yang langsung muncul di pikiran. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kanker bisa dicegah dengan cara mudah, yaitu dengan menerapkan pola makan yang sehat dan tepat. Penyakit mematikan ini memakan banyak korban setiap tahunnya. Karena itu, mulai cegah kanker dengan 4 pola makan yang mudah ditiru di bawah ini, yuk!

Kurangi konsumsi daging merah dan daging olahan

Good Housekeeping

Daging merah bisa meningkatkan risiko kanker. Daging merah yang dimaksud bukan hanya daging sapi, namun juga daging babi, domba, dan kambing.

Sedangkan untuk daging olahan, difermentasi, digarami, diasapi, atau diawetkan sebaiknya dikurangi. Contoh daging olahan adalah bacon, salami, dan sosis.

Walaupun daging merah memiliki nutrisi penting untuk tubuh, seperti protein, zat besi, vitamin B12, dan zinc, mengurangi konsumsi daging merah dan daging olahan dapat membantu mencegah kanker. Alternatif makanan lain yang bisa kamu konsumsi adalah ikan, ayam, dan kacang-kacangan.

Baca juga: Beauty Must-Have: Lipstik Velvet SADA by Cathy Sharon dengan Sentuhan Indonesia

Hindari fast food dan makanan tinggi gula

Eat This, Not That

Pola makan untuk mencegah kanker selanjutnya adalah menghindari fast food atau makanan cepat saji dan makanan (dan minuman) tinggi gula. Selain kanker, jenis makanan ini dapat membuat seseorang kelebihan berat badan, bahkan obesitas.

Untuk kamu yang belum tau, obesitas dapat berujung kanker kantong empedu dan endometrium. So, hindari makanan-makanan seperti keripik kentang dan pizza olahan, serta minuman kemasan manis, ya!

Perkaya asupan serat

Good Housekeeping

Makanan yang kaya akan serat mampu mencegah kanker, kanker kolorektal secara spesifik. Sedangkan kanker lainnya disarankan untuk mengonsumsi banyak buah dan sayur nonpati. Selain berbagai penyakit kanker, asupan serat yang tinggi dapat mencegah penyakit lainnya. Buah dan sayur nonpati yang bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi adalah jeruk, buah beri, brokoli, dan kembang kol.

Deretan skincare dengan kandungan buah:

Jangan andalkan suplemen

Klikdokter

Last but not least, jangan andalkan suplemen, Babes. Dari berbagai suplemen yang bisa didapatkan, sebenarnya kamu nggak perlu membeli suplemen pencegah kanker. Alasannya adalah karena nggak ada bukti yang benar-benar membebaskanmu dari kanker. Suplemen yang sebaiknya dikonsumsi adalah yang merupakan asupan nutrisi langsung dari sumber makanan, misalnya suplemen folat untuk ibu hamil. 

Baca juga: Kesalahan Dalam Mencuci Muka dan Memilih Facial Wash #SenkaHadirUntukMemperbaiki

Ubah pola makanmu menjadi yang lebih sehat dan tepat, yuk! Ingat, Babes, lebih baik mencegah daripada mengobati.

makanan
polamakan
kanker
pola makan untuk cegah kanker
cegah kanker
Written By
THE SHONET Tasty

 

Think before eat! Rekomendasi dan review seputar kuliner dari para expert bisa kalian dapatkan di sini. Dikurasi oleh Sarah Christiani, dan Karina Kyoko.

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!