Lifestyle

Cinta Pertama Ternyata Berdampak pada Cinta Berikutnya, Lho! Kok Bisa? Baca Dulu di Sini!

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
Cinta Pertama Ternyata Berdampak pada Cinta Berikutnya, Lho! Kok Bisa? Baca Dulu di Sini!

Jatuh cinta memang indah, apalagi cinta pertama! Banyak yang sulit lupa pada cinta pertama, lho Babes! Biasanya, cinta pertama itu susah dilupakan dan biasanya cinta pertama itu selalu akan berpengaruh untuk percintaanmu selanjutnya.

Wah, bagaimana bisa? Coba cek penjelasan di bawah ini, Babes!

1. Harapan yang sama seperti waktu saat cinta pertama

Like Crazy

Menurut Dr. Gayle Brewer, pengajar psikologi sosial di University of Central Lancashire, kamu tidak akan pernah bisa benar-benar berpindah dari cinta pertama, kamu mungkin akan menjadikan cinta pertamamu patokan untuk percintaanmu selanjutnya. Sebagai contoh, ketika kamu waktu itu bertemu dengan orang yang sangat berarti untukmu dan sangat berkesan untukmu, kamu juga akan merasakan yang sama ketika kamu jatuh cinta untuk yang kesekian kalinya. Di hubungan yang lebih dewasa, ini tidak realistis karena kamu harus menyadari bahwa kamu juga berkembang, dan ekspektasimu berubah. Namun, pengalaman cinta pertama selalu jadi harapan untuk lebih baik dari cinta pertamamu.

2. Perilaku berulang

Like Crazy

Menurut psikologi klinik Dr. Michelle Golland, ada waktu di daman seseorang mereplikasi hubungan yang penuh gairah dengan cinta pertamanya dan membandingkannya dengan cinta saat ini. Sebagai contoh, jika kamu dan cinta pertamamu sering bertengkar dan berbaikan, dan kamu akan berjuang untuk membuat hubunganmu lebih baik dari cinta pertamamu. Yang perlu kamu ketahui tentang hubungan orang dewasa adalah bukan hanya kebahagiaan, kamu juga membutuhkan keamanan dan keselamatan, terus bertengkar dan berbaikan dapat menyebabkan ketidakstabilan dalam hubunganmu. Kamu sering melakukan ini karena ini adalah pengalaman cinta pertamu. Tapi, hal yang berulang-ulang seperti ini akan membuat hubunganmu yang sekarang tidak bertahan seperti cinta pertamamu.

3. Pelajari yang kamu inginkan

Like Crazy

Bayangkan kamu pergi ke suatu tempat dan kamu membenci pengalaman di sana. Jadi, ketika seorang bertanya pendapatmu, kamu pasti sangat tahu apa yang harus dikatakan, kan? Itulah yang sama seperti cinta pertama. Ketika kamu gagal di cinta pertama, kamu akan mencari tahu bagaimana untuk move on  dari hal tersebut. Cinta pertama akan memberimu pelajaran untuk hubunganmu selanjutnya. Mungkin ketika saat cinta pertama, kamu akan merasa bahwa dirimu sangat salah besar dengan apa yang kamu pilih. Namun, ternyata cinta pertamamu membuat dirimu tahu bahwa dalam cinta tidak hanya kebahagiaan tapi juga kesedihan.

4. Belajar untuk menghindari sesuatu

Like Crazy

Logika yang sama dengan poin ketiga, belajar dari cinta pertamamu, dan hindari hal-hal yang bisa merusak hubunganmu selanjutnya. Untuk contoh, jika mantanmu tidak peduli dengan yang namanya menabung atau dia memiliki temperamen yang buruk, kamu harus memastikan bahwa pasanganmu yang selanjutnya tidak seperti ini. Jika kamu baru-baru ini mengalami cinta pertama, lebih baik untuk menghindari untuk menjalin hubungan dengan siapa pun dan introspeksi diri.

Baca Juga: Cinta Pertama Memang Susah Dilupakan, Ini 5 Alasannya

Source foto: film Like Crazy/Paramount Vantage,Indian Paintbrush,Super Crispy Entertainment

Begitulah, cinta pertama itu memang sangat membekas dan bisa mempengaruhi hubungan percintaanmu berikutnya! Makanya, kamu harus sangat dewasa menyikapi ini.

lifestyle
relationship
cintapertama
firstlove
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!