Beauty

Coba 4 Tips Praktis Merawat Kulit Wajah yang Sensitif

By Mestika Safrini Nasution  |   about 2 years ago
Coba 4 Tips Praktis Merawat Kulit Wajah yang Sensitif

Merawat kulit sensitif memang nggak boleh sembarangan, lho! Kamu harus memastikan perawatan kulit yang kamu lakukan itu aman dan nyaman untuk kulit sensitif. Untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan terbebas dari semua permasalahan kulit, coba lakukan empat tips praktis merawat kulit wajah sensitif berikut ini.

1. Pilih kosmetik atau skincare khusus kulit sensitif

freshmommyblog.com

Saat memilih produk makeup atau skincare, pastikan memilih produk yang memiliki label non-comedogenic dan hypoallergenic. Nggak hanya itu, pastikan juga memilih produk yang memiliki kandungan air bukan alkohol. Seperti Cetaphil Gentle Skin Cleanser yang aman untuk kulit sensitif.

Gentle Skin Cleanser

Berdasarkan survey dari 364 anggota Home Tester Club (HTC) Indonesia pada Januari 2018, 98% perempuan Indonesia setuju bahwa Cetaphil Gentle Skin Cleanser baik untuk kulit bahkan untuk kulit yang sensitif. Produk skincare ini pun mengandung formula lembut yang aman dan nyaman digunakan pada kulit wajah yang sensitif.

2. Jangan terlalu sering mencuci wajah

Pinterest

Jika kamu terlalu sering mencuci wajahmu, kulit wajah akan kehilangan kelembapan alaminya. Sehingga kulit wajahmu akan terasa semakin kering. Kondisi inilah yang akan membuat kulit wajah terasa kaku, gatal, sangat kencang hingga timbul kemerahan. Jadi, sebaiknya cuci wajahmu setiap dua kali dalam sehari, pagi hari sebelum beraktivitas serta malam hari sebelum tidur.

3. Selalu gunakan sunscreen

pinterest

Kamu juga harus selalu melindungi kulit wajahmu dengan menggunakan pelembap wajah dan sunscreen yang mengandung SPF. Apalagi jika kamu lebih sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung, kulit wajah akan lebih mudah berjerawat, timbul flek hitam, serta kehilangan elastisitasnya. Bagi kulit yang sensitif, terpapar sinar matahari juga dapat membuat kulit menjadi kemerahan dan terasa terbakar.

4. Perawatan kulit wajah dari dalam

pexels-photo-314780

Kulit sensitif juga perlu dirawat dari dalam, lho! Rajinlah mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung antioksidan. Debu, polusi dan radikal bebas sangat berpengaruh buruk untuk kulit wajah. Jadi, rutinlah mengonsumsi buah-buahan seperti anggur, stroberi, dan jeruk serta sayur-sayuran hijau yang dapat melindungi kulitmu dari dalam. Nggak ketinggalan, kamu juga perlu menjaga kulit wajahmu yang sensitif tetap lembap dengan rutin minum air putih setiap hari.

beauty
kecantikan
tips
kulitwajah
kulitsensitif
perawatanwajah
Written By
Mestika Safrini Nasution

Mestika aktif di dunia print media sejak lulus bangku kuliah. Tahun 2010 adalah awal karir ia sebagai Fashion Stylist di majalah Cita Cinta, lalu di tahun 2011 ia pindah ke majalah Gadis sebagai Senior Editor Fashion & Beauty hingga tahun 2016. Sebelum memutuskan menjadi freelance, ia juga sempat menjadi Editor Lifestyle di Liputan6.com

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!