Lifestyle

Datang ke Weihnachmarkt di Kota Kecil Saat Natal, Kenapa Enggak?

By Tania Natalin  |   almost 2 years ago
Datang ke Weihnachmarkt di Kota Kecil Saat Natal, Kenapa Enggak?

Ketika Desember yang lekat dengan momen Hari Natal datang, orang-orang tidak hanya menyiapkan kado untuk orang tersayang saja, Babes! Di Jerman, semua orang seperti menunggu perhelatan yang satu ini, namanya Weihnachtmarkt.

Mungkin secara harafiah artinya adalah pasar Natal, karena Weinacht adalah Natal dan Markt adalah market atau pasar. Pasar ini cuma ada di bulan Desember saja, dengan lokasi yang biasanya terletak di pusat kota atau yang biasa disebut Zentrum.

Tania Natalin

Masing-masing kota punya Zentrum-nya sendiri-sendiri. Weihnachtmarkt di kota-kota besar di Jerman seperti Berlin, Hamburg, atau Köln sudah pasti didatangi ribuan orang setiap harinya. Berbagai gerai dan hiasan tentu dibuat semarak. Namun bagaimana dengan Weinachtmarkt di kota kecil?

Kebetulan saya berkesempatan mengunjungi Weinachmarkt di 2 kota kecil di Jerman, yaitu Quedlinburg dan Wernigerode. Keduanya berjarak kurang lebih 40 menit hingga 1 jam jika ditempuh dengan mobil atau bus. Keduanya juga bagian dari daerah Saxony-Anhalt. 

Zentrum kedua kota ini tentu lebih kecil dari kota-kota besar. Tapi bukan berarti membosankan lho. Jika Weinachmarkt di kota besar begitu padat hingga jalan kaki saja pun sesak, Weinachmarkt di kedua kota ini agak lebih lengang. Di Quedlinburg, misalnya, banyak orang datang membawa hewan peliharaan.

 

Bahkan tak jarang hewan tersebut bisa ikut bersantai hingga menjadi daya tarik tiap orang yang lewat. Karena di kota kecil, kamu juga bisa melihat banyak orang yang saling mengenal satu sama lain dan mengobrol dengan hangat saat tak sengaja bertemu. Mereka minum dan makan bersama di meja-meja bulat kecil yang disediakan.

Meja-meja tersebut tanpa kursi, semua pengunjung berdiri menikmati makanan di tempat ini. Setelah selesai makan, mereka juga akan membersihkan meja, membuang sampah ke tempatnya, dan mengembalikan gelas kaca bekas mereka minum. Patut dicontoh!

 

Gak heran, Weinachmarkt di sini walau ramai tetap bersih dan tertib. Walau udara dingin menggigit dan berangin, para pengunjung masih bisa merasakan kehangatan satu sama lain.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati drama, nyanyian, atau pertunjukan musik di dalam Weinachtmarkt. Semakin gak mau pulang, kan? Apalagi, semakin malam, tempat ini semakin ramai.

Deretan gerai makanan lezat dan wajib untuk dicoba tentunya adalah Gluhwein dan Bratwurst. Gluhwein yang berwarna merah bisa dipesan dengan atau tanpa alkohol. Bratwurst pun dinikmati dalam keadaan panas. 

Sedangkan Weinachtmarkt di Wernigerode sendiri ada gerai yang menjual Bratwurst berukuran setengah meter. Gak heran banyak banget orang yang pengen coba. Banyak juga gerai kue-kue manis hingga buah segar yang dicelup cokelat leleh. Duh, semuanya kok menggoda, ya?

 

Pastinya Weinachmarkt adalah tempat yang harus kamu datangi ketika Desember datang! Jangan ragu juga untuk mendatangi Weinachtmarkt di kota kecil, ya! Schönes Weinachten, Selamat Natal dan liburan!

liburan
natal
pasarnatal
weihnachmarkt
jerman
Written By
Tania Natalin

Tania saat ini bekerja di sebuah portal berita digital ternama di Jakarta dan spesialisasinya berupa konten viral, konten kreatif, serta berita lifestyle. Apa yang kamu lihat tentang tulisannya, hanya 5% tentangnya. Makanan enak adalah hal utama dalam hidup Tania dan lebih memilih menghabiskan waktu dengan melamun atau pergi ke museum.

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!